PENGARUH STRATEGI REACT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V

I Dewa Putu Yudiprasetya ., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni,MS ., Ni Wayan Rati, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi REACT dengan penggunaan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh interaksi antara penggunaan strategi REACT dan motivasi belajar tehadap hasil belajar matematika, (3) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi REACT dengan penggunaan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (4) perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi REACT dengan penggunaan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus IX Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 210 orang. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD No. 1 Astina yang berjumlah 34 orang dan siswa kelas VB SD No. 1 Banjar Jawa yang berjumlah 32 orang. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda dan motivasi belajar dikumpulkan dengan instrumen kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT dengan pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi sebesar 0,002, (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi REACTdan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,041, (3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT dengan pembelajaran konvensional pada siswa motivasi tinggi dengan nilai Fhitung sebesar 19,64, dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT dengan pembelajaran konvensional pada siswa motivasi rendah dengan nilai Fhitung sebesar 5,29. Jadi, strategi REACTdan motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci : strategi REACT, hasil belajar matematika, motivasi belajar

This study aimed to determine: (1) the differences of mathematics learning outcomes between students who learned using REACT strategy and students who learned conventionally, (2) the interaction effect between students who learnedREACT strategy and motivation toward mathematics learning outcomes, (3)differences of mathematics learning outcomes between students who learned with REACT strategy and conventionally on students' high motivation, (4) differences of mathematics learning outcomes between students who learned with REACT strategy and conventionally on students’ low motivation. This research is a quasi experimental study with a 2x2 factorial design. The population of this research is all students in class V on IX Buleleng district in academic year 2013/2014, amounting to 210 people. The sample of this study are the students of class V SD No. 1 Astina, amounting to 34 people and the students of class VB SD No. 1 Banjar Jawa amounting to 32 people. The data of mathematics learning outcomes were collected by multiple choice test instruments and the data of students' motivation were collected by questionnaires. The data collected were analyzed using descriptive statistics and ANOVA analysis of two paths. The results showed that: (1) there are differences of mathematics learning outcomes between students who learned with REACT strategy with conventional learning with a significance value of 0.002, (2) there is an interaction effect between REACT strategy and motivation toward mathematics learning outcomes of students with a significance value of 0.041, (3) there are differences in mathematics learning outcomes between students who learned with REACT strategy with conventional learning on students'high motivation with a value of F of 19.64, and (4) there are differences in mathematics learning outcomes between students who learned with REACT strategy with conventional learning onstudents’ low motivation with a value of F of 5.29. So, REACT strategy and motivation to learn mathematics influence on student learning outcomes.
keyword : REACT strategy, mathematic learning outcomes, motivation to learn

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

 Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.