PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR TRI PRAMANA DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 KECAMATAN TAMPAKSIRING

Authors

  • I Made Wahyu Mariastha .
  • Drs. Dewa Nyoman Sudana,M.Pd. .
  • I Gede Margunayasa, S.Pd., M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model siklus belajar Tri Pramana dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Gugus I Kecamatan Tampaksiring tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 3, 4, 6, 7 Manukaya. Data hasil belajar IPA dan gaya kognitif dikumpulkan dengan instrumen tes objektif dan GEFT. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji ANAVA dua jalur untuk hipotesis 1,2 dan 3. Kemudian dilanjutkan dengan uji t-scheffe untuk hipotesis 4 dan 5. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti siklus belajar Tri Pramana dan pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 4,53, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki gaya kognitif ¬field-independent dan gaya kognitif ¬field-dependent dengan nilai Fhitung sebesar 4,30, (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai Fhitung sebesar 17,40, (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model siklus belajar Tri Pramana dan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki gaya kognitif field-independent dengan nilai thitung sebesar 6,320, dan (5) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti siklus belajar Tri Pramana dengan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent dengan nilai thitung sebesar 2,050. Jadi, siklus belajar Tri Pramana dan gaya kognitif berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.
Kata Kunci : gaya kognitif, hasil belajar IPA, siklus belajar tri pramana

This study aims to determine the effect of Tri Pramana learning cycle model and cognitive style toward the science learning results. This study is categorized as a quasi-experiment with 2x2 factorial design. The population of this study was class 5th Cluster I of Tampaksiring District in the academic year 2013/2014. The sample of this study is the students of grade V in SDN 3, 4, 6, 7 Manukaya. The data of science learning results and cognitive styles were collected by an objective test instruments and GEFT. The data collected were analyzed by using two ways ANOVA test for the first, second and third hypothesis. Then, it was followed by t-scheffe test for fourth and fifth hypotheses. The results show that: (1) there is a difference in science learning results between students who take Tri Pramana learning cycle and conventional learning with the value of F is 4,53, (2) there is a difference in science learning results between students who have field-independent cognitive style and field-dependent cognitive style with the value of F is 4,30, (3) there is an effect of interaction between the learning model and cognitive style on the students’ science learning results with the value of is 17,40, (4) there is a difference in science learning results between students who take Tri Pramana learning cycle model and conventional learning on the students who have field-independent cognitive style with the value of t is 6,320, and (5) there is a difference in science learning results between students who take Tri Pramana learning cycle with conventional learning on students who have a field-dependent cognitive style with the value of t is 2,050. Thus, the Tri Pramana learning cycle and cognitive style affect the students’ science learning results.
keyword : cognitive style, science learning results, tri pramana learning cycle

Published

2014-08-05

How to Cite

., I. M. W. M., ., D. D. N. S., & ., I. G. M. S. M. (2014). PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR TRI PRAMANA DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS 1 KECAMATAN TAMPAKSIRING. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3801

Issue

Section

Articles