HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS II LAKSAMANA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

I Gusti Ayu Wulan Kartika Dewi ., Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd ., Ni Wayan Rati, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui kesignifikanan hubungan sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA, (2) mengetahui kesignifikanan hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPA, dan (3) mengetahui kesignifikanan hubungan sikap ilmiah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V Gugus II Laksamana Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah kelas V di Gugus II Laksamana Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 75 orang. Sampel penelitian ini yaitu ini adalah siswa kelas V SD No. 1 Dangintukadaya, siswa kelas V SD No. 3 Dangintukadaya, dan SD No. 4 Batuagung. Data sikap ilmiah dan motivasi berprestasi siswa dikumpulkan dengan instrumen berbentuk kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan sikap ilmiah dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus II Laksamana Kabupaten Jembrana yang ditunjukkan melalui persamaan garis regresi y ̂= 71,177 + 0,059X1 dengan persentase sebesar 14%, terdapat hubungan yang signifikan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus II Laksamana Kabupaten Jembrana yang ditunjukkan melalui persamaan garis regresi y ̂= 79,297 + 0,024X2 dengan persentase 18,7%. Dan terdapat hubungan yang signifikan sikap ilmiah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD di Gugus II Laksamana Kabupaten Jembrana yang ditunjukkan melalui persamaan garis regresi y ̂ = 1,041 + 0,380X1 + 0,453X2 dengan persentase sebesar 97,59%.
Kata Kunci : ilmiah, motivasi berprestasi, hasil belajar IPA

This study aims to , ( 1 ) determine its significance relationship with the scientific attitude of science learning outcomes , ( 2 ) determine its significance relationship of achievement motivation to learn science results , and ( 3 ) determine its significance and relationship of scientific attitude and achievement motivation together with the learning outcomes IPA in class V Cluster II Admiral Jembrana school year 2013/2014.Jenis this study is an ex post facto research . The study population was a class V in Cluster II Admiral Jembrana academic year 2013/2014 , amounting to 75 people . The sample of this study is that the fifth grade students of elementary school No. . 1 Dangintukadaya , No. elementary fifth grade students . 3 Dangintukadaya , and SD No. . 4 Batuagung . The data of scientific attitudes and achievement motivation of students gathered in the form of a questionnaire instrument . The data collected were analyzed using analysis deskriptif.Hasil this study found that there is a significant relationship with the scientific attitude of science learning outcomes in elementary school fifth grade students in Cluster II Admiral Jembrana indicated by the regression line equation X1 = 71.177 + 0.059 with a percentage of 14 % , there is a significant relationship with achievement motivation in science learning outcomes fifth grade elementary school students in Cluster II Admiral Jembrana indicated by the regression line equation X2 = 79.297 + 0.024 with a percentage of 18.7 % . And there is a significant relationship scientific attitude and achievement motivation together with the results of science learning in fifth grade elementary school students in Cluster II Admiral Jembrana indicated by the regression line equation = 1.041 + 0.380 X1 + 0.453 X2 with a percentage of 97.59 %.
keyword : scientific attitude, achievement motivation, learning outcomes.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.