Penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN. 26 Dangin Puri Denpasar

Authors

  • Ni Luh Wiari Astuti .
  • Dra. Siti Zulaikha, M.Pd. .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3833

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan motivasi belajar IPS melalui penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada siswa kelas III SDN. 26 Dangin Puri Denpasar (2) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint pada siswa kelas III SDN. 26 Dangin Puri Denpasar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN. 26 Dangin Puri Denpasar tahun pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan persentase nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I 70,6% berada pada kriteria cukup, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80,17% tergolong pada criteria tinggi. Persentase nilai rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 66,37% berada pada kriteria cukup. Setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I persentase rata-rata hasil belajar menjadi 73,67% berada pada kriteria cukup. Setelah diadakan perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,17% berada pada kriteria tinggi. Ketuntasan belajar pada pra siklus mencapai 57% berada pada kriteria rendah. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I mencapai 73,33% berada pada kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 86,67% yang berada pada kriteria tinggi. Simpulan dari penelitian ini, penerapan model Quantum Teaching berbantuan media pembelajaran berbasis Powerpoint dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN. 26 Dangin Puri.
Kata Kunci : quantum teaching, media pembelajaran berbasis powerpoint, motivasi belajar dan hasil belajar

The purpose of this research (1) to increase of IPS motivation study through the implementation of the model of quantum teaching assisted powerpoint instructional media on third grade student of SDN. 26 Dangin Puri Denpasar, (2) to increase of learning result of IPS through the implementation of model of quantum teaching assisted powerpint instructional media on third grade student of SDN. 26 Dangin Puri Denpasar, Design of this study is classroom action research conducted in two cycles. The subject is the third grade students of SDN. 26 Dangin Puri Denpasar in academic year 2013/2014. The research data on students motivation was collected using questioner and student learning result data collected using the test. The data is analyzed by descriptive quantitative. The results of this research is showed the percentage of the average value of student motivation in the first cycle was 70,6% in sufficient criteria, increase in second cycle to be 80,17% at the high critera. The percentage of the average value of learning result in the pre-cycle is 66,37% at sufficient criteria. After the implementation of the action in the first cycle the average percentage of learning result be 73,67% at sufficient criteria. After is held the repair on the second cycle increased to 82,17% at the high criteria. The learning completeness in pre-cycles is 57% at the low criteria. After is held the improvement of learning process in first cycle the percentage to be 73,33% in sufficient criteria and it is increasing in the second cycles to be 86,67% at the high criteria. The conclusion of this research, implementation of model of quantum teaching assisted powerpoint instructional media can increase the motivation and learning resultof IPS of the third grade students in SDN. 26 Dangin Puri Denpasar.
keyword : quantum teaching, powerpoint-based instructional media, motivation of learning and learning result

Published

2014-08-05

How to Cite

., N. L. W. A., ., D. S. Z. M., & ., D. I. K. A. (2014). Penerapan Model Quantum Teaching Berbantuan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN. 26 Dangin Puri Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3833

Issue

Section

Articles