PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Ni Luh Nunik Ardhayani .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3837

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran berorientasi aktifitas dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas V Semester 2 Gugus Sayan Ubud Kabupaten Gianyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu menggunakan desain penelitian “Nonequievalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V yang ada di Gugus Sayan Ubud dengan jumlah 151. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Random Sampling yang dirandom adalah kelas yang terdapat di Gugus Sayan Ubud yaitu SD N 3 Sayan sebagai kelompok kontrol sebanyak 31 orang siswa dan SD N 4 Sayan sebagai kelompok eksperimen sebanyak 34 orang siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah uji-t. Analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hal tersebut dapat ditunjukkan bahwa thitung = 7,897 > ttabel ( =0,05, 63) = 2,000 dengan nilai rata-rata hasil belajar IPS kelompok eksperimen X = 83,32 > X = 77,42. kelompok kontrol sebesar 77,42. Dengan demikian, dapat disimpulkan strategi pembelajaran berorientasi aktivias siswa berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V semester 2 Gugus Sayan Ubud Kabupaten Gianyar tahun ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : strategi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa, hasil belajar

This study aims to determine significant differences in learning outcomes between students who take the social studies teaching strategy oriented activities with the students who follow the conventional learning in fifth grade 2 Semesters Gugus Sayan Ubud Gianyar Academic Year 2013/2014. This study is a quasi-experimental research design "Nonequievalent Control Group Design". The population in this study is that the entire fifth grade students at Gugus Sayan Ubud with number 151. For sampling conducted by random sampling technique were randomized classes contained in Gugus Sayan Ubud that is SD N 3 Sayan as much as the control group of 31 students and SD N 4 Sayan as an experimental group of 34 students. Analysis of the data used to test the hypothesis of this study is the t-test. Analysis of the data showed that there were significant differences in learning outcomes of students who take social studies teaching strategy oriented student activities with the students who follow the conventional learning. It can be shown that tcount = 7.897> ttable (= 0.05, 63) = 2.000 with an average value oflearning outcomes IPS experimental group was X = 83,32 > X = 77,42 the control group .Thus, we can conclude aktivias oriented learning strategies affect student learning outcomes of IPS at fifth grade 2 semesters Gugus Sayan Ubud Gianyar academic year 2013/2014.
keyword : aktivias student-oriented learning strategies, learning outcome

Published

2014-08-05

How to Cite

., N. L. N. A., ., D. N. W. S. M., & ., D. S. P. M. (2014). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3837

Issue

Section

Articles