PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI DESA PEGAYAMAN KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Kamaliah .
  • Drs. Ketut Pudjawan,M.Pd .
  • Drs. I Nyoman Jampel,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Koperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV di Desa Pegayaman Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD/MI kelas IV Desa Pegayaman Kecamatan Sukusada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 4 kelas dengan jumlah 114 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian inimenggunakan tekhnik Simple random sampling dengan mendapatkan MI Miftahul Ulum Pegayaman sebagai kelas eksperimen dan SD No 3 Pegayaman sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar matematika di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Data tentang hasil belajar matematika dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional (thitung = 2,626> ttabel = 2,002). Ini berartimodel pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 di Desa Pegayaman.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) , Karakter, Hasil Belajar.

This Research aim to know difference result of learning mathematics between learnt student group by using model study of Koperatif Tipe Student Team Achievement Divisions ( STAD) with learnt student group with conventional study at class student of IV in Pegayaman Village of Sukasada Sub-Province of Buleleng school year 2013 / 2014. This research is research of sham experiment ( experiment quasi) research device the used is post-test only control group design. Population in this research is class student of IV SD / MI Pegayaman Village Of Sukusada Sub-Province of Buleleng school year 2013 / 2014 counted 4 class with amount 114 student. In take of sampel in this research use Simple sampling random tekhnik by getting MI Miptahul Ulum Pegayaman as experiment class and of SD No 3 Pegayaman as control class. Data the collected is result of learning mathematics in experiment class and in control class. Data about result of learning mathematics to be collected with using test method. Data analysed with test t. Result of research indicate that there are difference which is signifikan result of learning learnt student mathematics by using model study of Koperatif Tife Students Teams Achievement Divisions ( STAD) with learnt student by using conventional study ( thitung = 2,626 > ttabel = 2,002). This means model study of Kooperatif Tipe Student Team Achievemet Divisions ( STAD) have an effect on signifikan to result learn mathematics at class student of IV Elementary School Number 3 in Pegayaman Village.
keyword : Model Study Of Type of Student Team Achievement Divisions ( STAD) , Character, Result of Learning

Published

2014-08-05

How to Cite

., K., ., D. K. P., & ., D. I. N. J. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI DESA PEGAYAMAN KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3847

Issue

Section

Articles