Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Komang Suardi Wiradarma Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ndara Tanggu Renda Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212

Keywords:

minat belajar, hasil belajar daring

Abstract

Kesulitan guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran daring menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPA. Selama adanya pandemi COVID-19 pembelajaran di Indonesia dilakukan secara daring pada setiap jenjang pendidikan termasuk pada jenjang sekolah dasar. Sehingga diperlukan minat belajar siswa yang tinggi untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar daring IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Jumlah populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa. Teknik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar dan hasil belajar saling mempengaruhi. Terjadi korelasi positif yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel (0,302 >0,254). Jadi, terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar daring IPA siswa kelas III SD secara terpisah dan simultan. Semakin tinggi minat belajar siswa maka hasil belajar IPA siswa akan semakin meningkat. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru serta peran aktif orangtua untuk menumbuhkan minat belajar siswa yang akan bermuara terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

References

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agus Abhi Purwoko, Burhanuddin, Yayuk Andayani, Saprizal Hadisaputra, Lian Yulianti, Zelisa Nudia Fitri, D. P. (2021). Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding SAINTEK Universitas Mataram, 3(0), 94–102. https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingsaintek/article/view/271.

Anggraini, Hartuti, P., & Sholihah, A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.10-18 https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.10-18.

Atmojo, A. E. P., & Nugroho, A. (2020). EFL classes must go online! Teaching activities and challenges during COVID-19 pandemic in Indonesia. Register Journal, 13(1), 49–76. https://doi.org/10.18326/rgt.v13i1.49-76 .

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859.

Baber, H. (2021). Modelling the acceptance of e-learning during the pandemic of COVID-19-A study of South Korea. The International Journal of Management Education, 19(2), 100503. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2021.100503.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Colasante, M., & Douglas, K. (2016). Prepare-participate-connect: Active learning with video annotation. Australasian Journal of Educational Technology, 32(4), 68–91. https://doi.org/10.14742/ajet.2123.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Febriliani, L. (2018). Hubungan Minat Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(2), 10–18. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24049.

Fransisca, I., & Mintohari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas Vi SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11), 1916–1927. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/24661/22575.

Handayani. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/5347.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F., Burhan, E., & Agustin, H. (2020). Corona virus disease 2019. Jurnal Respirologi Indonesia, 40(2), 119–129. https://doi.org/10.36497/jri.v40i2.101.

Haryaka, U., H. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Minat dan Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 737–774. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29261.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018.

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24273.

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ipa Pada Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29261.

Kolta, M. F., & Ghonimy, M. B. I. (2020). COVID-19 variant radiological findings with high lightening other coronavirus family (SARS and MERS) findings: radiological impact and findings spectrum of corona virus (COVID-19) with comparison to SARS and MERS. Egyptian Journal of Radiology and Nuclear Medicine, 51(1). https://doi.org/10.1186/s43055-020-00262-7.

Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.25273/jems.v1i2.143.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Mahmud, S. N. D., Nasri, N. M., Samsudin, M. A., & Halim, L. (2018). Science teacher education in Malaysia: challenges and way forward Siti. Asia-Pacific Science Education ORIGINAL, 4(8), 153–155. https://doi.org/10.1186/s41029-018-0026-3.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640.

Mayang Ayu Sunami, & Aslam. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1–9. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129.

Meo, L., We’u, G., & BS, Y. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.97.

Mulyani, E. R., Masrul, & Astuti. (2021). Analisis Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 261–266.

Mulyanti, B., Purnama, W., & Pawinanto, R. E. (2020). Distance learning in vocational high schools during the covid-19 pandemic in West Java province, Indonesia. Indonesian Journal of Science and Technology, 5(2), 271–282. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2.24640.

Ningsih, N. L. P. R., Darsana, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Korelasi Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 202–209. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21097.

Novika Auliyana, S., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 54–58. https://doi.org/10.15294/upej.v6i3.19270.

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669.

Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. JURNAL IKA, 8(2), 304–314. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830.

Prasetyo, A. A., & Nabillah, T. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685/1908.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11. https://doi.org/10.21009/jpd.061.02.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.

Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24.

Rosiana, L. D. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(2), 19–26. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i2.24432.

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/321.

Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.

Sari, F. K., Rakimahwati, R., & Fitria, Y. (2019). Hubungan Minat dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Kelas VI SDN 25 Jati Tanah Tinggi. Journal of Elementary Education, 3(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.18.

Sidiq, D. A. N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020). Hubungan Minat Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selamapembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(3), 243–250. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.31.

Steven RTerrell Ph D. (2014). Introduction to the special section of the Internet in Higher Education: The American Educational Research Association’s Online Teaching and Learning Special Interest Group. The Internet and Higher Education, 21, 59. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2014.01.001.

Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853.

Wulandari, A. P., & Renda, N. T. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Mimbar Ilmu, 25(2), 90. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26068.

Wulandari, S., Marhadi, H., & Antosa, Z. (2017). Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus III Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Joyful Learning Journal, 6(3), 1–11. https://doi.org/10.15294/jlj.v6i3.15207.

Ya-hsunTsai, Lin, C., Hong, J., & Kai-hsin Tai. (2018). The effects of metacognition on online learning interest and continuance to learn with MOOCs. Computers & Education, 121, 18–29. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.011.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Downloads

Published

2021-10-04

How to Cite

Wiradarma, K. S., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408–415. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212

Issue

Section

Articles