Tes Tertulis Berbasis HOTS pada Pembelajaran IPA Menggunakan Google Form Siswa Kelas IV SD

Gede Weda Baskara, Kadek Yudiana

Abstract


Masih banyak guru belum mampu mengembangkan perangkat pembelajaran, sehingga menyebabkan penyusunan instrumen penilaian masih kurang relevan. Selain itu, penekanan tingkat kognitif yang masih sebagian besar berada pada level kognitif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument tes tertulis berbasis HOTS pada pembelajaran IPA menggunakan google form siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan model ADDIE (analyze), (design), (development), (implementation), (evaluation). Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, pencatatan dokumen, tes. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 ahli dosen dan uji coba menggunakan 60 orang siswa. Hasil penelitian akan dianalisis validitas dan reliabilitas. Instrumen yang telah dirancang untuk mengumpulkan data selanjutnya diuji coba terlebih dahulu agar mengetahui kevalidan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan jumlah butir soal yang valid sebanyak 25 butir dan yang tidak valid sebanyak 5 butir. Setelah itu dilakukan uji reabilitas, Pada uji reliabilitas ini dapat dilakukan jika butir soal dinyatakan valid. Reliabilitas instrument dapat diuji menggunakan rumus Kuder Richardson 20 (KR-20) dengan bantuan aplikasi Microsoft Office Excel. Hasil perhitungan reliabilitas instrument 30 butir soal diperoleh r11 = 0,76 memiliki reliabilitas yang “Tinggi”. Maka, instrument tes tertulis berbasis HOTS pada pembelajaran IPA menggunakan google form siswa kelas IV SD valid dan layak digunakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu instrumen tes tertulis berbasis HOTS menggunakan google form yang dikembangkan ini dapat digunakan oleh guru untuk mengukur pemahaman siswa selama mengikuti proses pembelajaran.


Keywords


Instrumen HOTS, IPA, Google Form

References


Adjii, K. (2019). Instrumen penilaian kedisiplinan siswa sekolah menengah kejuruan. Assessment and Research on Education, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33292/arisen.v1i1.19

Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1 (3). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801

An, K., Imania, N., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. 5, 31–47.

Andoko. (2020). Peningkatan Hots Dan Prestasi Belajar Melalui Metode Inkuiri Kelas 7C SMPN 1 Wonosobo Tahun Pelajaran 2018/2019. Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32699/spektra.v6i1.134.

Anwar, Y., Selamet, A., Huzaifah, S., & Madang, K. (2020). Training in developing higher-order thinking based online test instrument for biology teachers in Sekayu City. Journal of Community Service and Empowerment, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.22219/jcse.v1i3.12241.

Arif, M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Mapel Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.123-148

Chng, L. S., & Lund, J. (2018). Assessment for learning in physical education: the what, why and how. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 89(8), 29–34. https://doi.org/10.1080/07303084.2018.1503119

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–158. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Gaol, P. L., Khumaedi, M., & Masrukan, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209

Halim, D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825.

Ineson, E. M., Jung, T., Hains, C., & Kim, M. (2013). The influence of prior subject knowledge, prior ability and work experience on self-efficacy. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 12(1), 59–69. https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2012.11.002

Mega, C., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631

Mulyadin. (2016). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di SDN Kauman 1 Malang dan SD Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 31–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.35.

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478.

Nisa, N. A. K., Widyastuti, R., & Hamid, A. (2018). Pengembangan Instrumen Assesment Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Lembar Kerja Peserta Didik Kelas VII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 543–556.

Nugroho, R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2638

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Prastikawati, E. F., Wiyaka, W., & Budiman, T. C. S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.202161.761

Pratiwi, P. H. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123

Primasari, I. F. N. D., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2020). Analisis Kebijakan Dan Pengelolaan Pendidikan Terkait Standar Penilaian Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.956.

Sadiyyah, R., Gustiana, M., Panuluh, S. D., & Sugiarni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Berbasis Mobile Learning untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PRISMA, 8(1), 80. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.616

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 372(2), 2499–2508. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS Edisi Revisi: Higher Order Thinking Skills. Tira Smart.

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Undiksha, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Seibert, S. A. (2020). Problem-based learning: A strategy to foster generation Z’s critical thinking and perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 000, 2–5. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002

Solihah, A. N., Jubaedah, Y., & Rifa’i, M. S. S. (2020). Pengembangan Instrumen Pengukuran Perkembangan Sosial-Emosional Anak Berbasis Home-Based Childcare. Widyadari, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3517997

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39–54. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 72–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Umami, R., Rusdi, M., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (Hots) Berorientasi Programme For International Student Asessment (Pisa) Pada Peserta Didik. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2069

Wahyu, Y., & Ambros Leonangung Edu, M. N. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Wicaksono, T. P., Muhardjito, & Harsiati, T. (2016). Pengembangan penilaian sikap dengan teknik observasi , self assessment , dan peer assessment pada pembelajaran tematik kelas V SDN Arjowinangun 02 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(1), 45–51.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Wirdaningsih, S., Arnawa, I. M., & Anhar, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Jurna Nasional Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Zuliani, D., Florentinus, T. S., & Ridlo, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16207




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39223

Article Metrics

Abstract view : 277 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha  



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.