PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 4 SUWUG KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Made Renny Wijayanthi ., Drs. I Made Suarjana, M.Pd ., Putu Nanci Riastini, S.Pd., M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatannhasil belajar IPA siswa kelas V semester II SD Negeri 4 Suwug, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2013/2014 setelah penerapan metode snowball throwing. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 18 orang siswa kelas V Semester II SD Negeri 4 Suwug. Untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa digunakan metode tes dengan menggunakan instrumen lembar tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 4 Suwug. Hal ini terlihat dari persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,44% (tergolong rendah) dan meningkat pada siklus II sebesar 82,78% (tergolong tinggi). Peningkatan persentase yang terjadi sebesar 18,34%.
Kata Kunci : Snowball throwing, hasil belajar IPA

This study aimed to find out the improvement of science learning result of students grade V in the second semester in SD Negeri 4 Suwug, Sawan subdistrict, Buleleng regency in the academic year of 2013/2014 after being implemented snowball throwing method. The design of this study was classroom action research by using two cycles. The subjects were 18 students grade V in the second semester in SD Negeri 4 Suwug. In collecting the data about students learning result, test method was used by implementing test sheet instrument. The collected data was analyzed by using descriptive statistics analysis and quantitative descriptive analysis method. The result of the study shows that the implementation of snowball throwing method can improve science learning result of the students grade V in the second semester in SD Negeri 4 Suwug. This can be seen from the percentage of students learning result In cycle I about 64,44% (low) and improved in cycle II about 82,78 (high). The percentage improvement occurs 18,34%
keyword : Snowball throwing, science learning result

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3946

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.