Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha dan Tahsin Al-Qur’an dalam Membentuk Karater Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.39501Keywords:
Karakter, Shalat dhuha, Tahsin Al-qur’anAbstract
Maraknya kasus bullying serta banyaknya anak yang kurang hormat kepada guru dan orang tua menunjukkan bahwa masih rendahnya karakter serta moral masyarakat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni membiasakan siswa untuk melaksanakan shalat duha dan tahsin Al-Qur’an. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk menciptakan kegiatan Shalat Dhuha dan tahsin Al-Qur’an dalam upaya membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan (field research) dengan subjek penelitian sebanyak 15 orang siswa-siswi kelas 5 dan wali kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi, dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan proses reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kegiatan shalat dhuha dan tahsin Al-Qur’an dapat membentuk karakter siswa, karakter yang terbentuk yaitu karakter religius, disiplin, jujur, dan tanggung jawab. Kegiatan tersebut menjadi teladan dan memberikan motivasi serta semangat bagi peserta didik untuk mengulang dan meningkatkan hafalan.
References
Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407
Andayani, A., & Dahlan, Z. (2022). Konstruksi Karakter Siswa VIa Pembiasaan Shalat Dhuha. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6531. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6531
Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat dan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185. https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662. DOI: https://doi.org/10.24014/potensia.v6i2.9662
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Bahri, S., Studi, P., Pendidikan, M., & Indonesia, M. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 425–435. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2904.
Darmana, A. A., Haq, A., & Sulistiono, M. (2019). Implementasi Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu. Vicratina : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 65–71. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3239.
Darmawan, D. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakarta. Basic Education, 7(39), 3–930. https://ojs.unm.ac.id/prosidingpls/article/view/9914.
Elihami, & Ekawati. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/379
Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130. https://doi.org/10.22146/jf.42521. DOI: https://doi.org/10.22146/jf.42521
Fatihah, I. (2019). Manajemen Pembelajaran Agama melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di Sekolah Dasar Negeri Mega Eltra. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 3(1), 50. https://doi.org/10.24235/jiem.v3i1.5429. DOI: https://doi.org/10.24235/jiem.v3i1.5429
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Hendri. (2017). Fenomena Fajar Shadiq Penanda Awal Waktu Shalat Subuh, Terbit Matahari dan Awal Waktu Dhuha. Alhurriyah: Jurnal Hukum Islam, 02(02), 1–16. https://doi.org/10.30983/alhurriyah.v2i2.367.
Indah, S. S. (2020). Hubungan Pembiasaan Shalat Dhuha dengan Akhlak Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 31–48. https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.246. DOI: https://doi.org/10.35316/jpii.v5i1.246
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kurniasih, F., & Wijaya, H. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SDN Embung Tangar Kecamatan Praya Barat. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5). https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.937. DOI: https://doi.org/10.36312/jupe.v4i5.937
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2525. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525
Lizawati, & Uli, I. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Dasar Pembelajaran, 8(2), 140–149. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2911. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2911
Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302–312. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p302
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190. DOI: https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Mubin, M. (2020). Hubungan Lingkungan Keluarga terhadap Karakter Disiplin dan Prestasi Belajar Siswa di MI Al Firdaus Lasem Sidayu Gresik. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 9. https://doi.org/10.30736/atl.v2i1.195. DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v2i1.195
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Mulyani, E. S., & Hunainah, H. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Qathrunâ, 8(1), 1. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782. DOI: https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782
Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal untuk Pendidikan Karakter melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(III). https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.516. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.516
Oktari, D. P., & Kosasih, A. (2019). Pendidikan Karakter Religius dan Mandiri di Pesantren. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 42. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.14985
Pengestika, G. (2019). Pelaksanaan Praktik Shalat Dhuha untuk Mengembangkan Karakter Religius Anak di TK Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(11), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i11.37532.
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410. DOI: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410
Rahmat, P. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Kelas X di SMA Negeri 3 Kota Cirebon. Jurnal Syntax Transformation, 1(1), 15–18. https://doi.org/10.46799/jst.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.46799/jst.v1i1.7
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203/2336. DOI: https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Rofiq, M. (2020). Implementasi Nilai-nilai Karakter di Madrasah Ibtidaiyah melalui Konsep ESQ Learning. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(2), 139–157. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.131. DOI: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i2.131
Romadonah, E. S., & Maharani, I. N. (2019). Implementasi Pembentukan Akhlak Terpuji melalui Pembiasaan Shalat Dhuha pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Islam An Nuur Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Kependidikan, 5(2), 115–122. https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.488. DOI: https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.488
Sa’diyah, A., Djalil, A., & Dewi, M. S. (2020). Pembinaan Karakter Siswa melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SMK 5 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 117–127. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7781.
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan, 7(1), 110–121. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150
Sholeh, M. (2016). Mengubah Perilaku Maladjusted Akibat Stres dengan Terapi Shalat Dhuha. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(4). https://doi.org/ 10.17977/jip.v9i4.511.
Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.1-6. DOI: https://doi.org/10.53515/CJI.2020.1.1.1-6
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941 DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Siregar, V. V., Dian, R., & Putri, P. (2021). Penerapan Humanistik melalui Non-Verbal Reinforcement Ditinjau dari Percaya Diri Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 56–63. https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v9i1.31479. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.31479
Subaidi. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja di MA Amsilati Bangsri Jepara. J-ASNA;Aswaja Studies, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.34001/jasna.v1i1.945. DOI: https://doi.org/10.34001/jasna.v1i1.945
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251
Tresnani, L. D., & Khoiruzzadi, M. (2020). Program Pembiasaan Harian dalam Membentuk Karakter Siswa Ditinjau dari Perspektif Psikologi Belajar. Journal ISTIGHNA, 3(1), 32–52. https://doi.org/10.33853/istighna.v3i1.42. DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v3i1.42
Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 117. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.30. DOI: https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.30
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Veni Veronica Siregar, Nurul aflah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)