Pembelajaran IPA Tema 7 dengan Perangkat Pembelajaran Model Koperatif Tipe Inquiri

Authors

  • Ni Kadek Dwi Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39644

Keywords:

IPA, Perangkat Pembelajaran, Inquiri

Abstract

Kesulitan guru membuat ataupun mengembangkan sebuah perangkat pembelajaran yang inovatif bagi siswa khususnya perangkat pembelajaran menyebabkan guru mendominasi dalam proses pembelajaran. Permaslahan tersebut membuat siswa akan merasa bosan dengan pembelajaran yang hanya didominasi oleh guru.  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berbasis model Inquiri pada tema 7 kelas V SD muatan pembelajaran IPA yang valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berpedoman pada prosedur ADDIE. Subjek dari penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan desain, 2 orang ahli praktisi, 4 orang siswa untuk uji coba perorangan, dan 5 orang untuk uji coba kelompok kecil. Objek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD yang berbasis model Inquiri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuisioner dan instrumen rating scale dengan sekala 5. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan rumus Mean untuk memperoleh rata-rata skor. Skor validasi perangkat pembelajaran yaitu RPP ahli materi = 4,59, LKPD berdasarkan ahli materi = 4,49, LKPD berdasarkan ahli media = 4,21, LKPD berdasarkan ahli desain = 4,63, LKPD berdasarkan uji perorangan = 4,69, LKPD berdasarkan uji kelompok kecil = 4,77 dengan kualifikasi keseluruhan yaitu “sangat baik”. Sehingga dari analisis perangkat pembelajaran berbasis model Inquiri yang telah melalui uji coba dari beberapa ahli dapat dinyatakan valid.

Author Biographies

Ni Kadek Dwi Wahyuni, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gede Astawan, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abdullah, M. (2019). School Culture to Serve Performance of Madrasah in Indonesia. Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(1), 71–100. https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4572. DOI: https://doi.org/10.21043/qijis.v7i1.4809

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish.

Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) IPA Model (OPPEMEI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 309–323. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25190. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25190

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561

Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538

Anissa, R., Mastuang, & Misbah. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Lingkungan Lahan Basah Dengan Model Guided Inquiry Untuk Melatihkan Karakter Waja Sampai Kaputing. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 181–190. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.181-190. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.181-190

Arinda, Y., Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). The Application Group Investigation (GI) Learning Model assisted Phet to Facilitate Student Scientific Work Skills. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 254–261. https://doi.org/10.24331/ijere.518069. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518069

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950. DOI: https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring Obstacles in Language Learning Among Prospective Primary School Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 249–254. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700

Badriyah, A., & Poedjiastoeti, S. (2021). Development of Learning Tools Based on Mind Mapping Worksheet for Improving Stundents ’ Creative Thinking Skills on Cell Material. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 565–579. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i5.154. DOI: https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i5.154

Dyah Kusuma, E., Gunarhadi, G., & Riyadi, R. (2018). The Development of Problem-Based Quantum Learning Model in Elementary Schoolin. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 9–16. https://doi.org/10.24331/ijere.412267. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.412267

Erfianti, L., Istiyono, E., & Kuswanto, H. (2019). Developing Lup Instrument Test to Measure Higher Order Thinking Skills (HOTS) Bloomian for Senior High School Students. International Journal of Educational Research Review, 4(3), 320–329. https://doi.org/10.24331/ijere.573863. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.573863

Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914. DOI: https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914

Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827

Hashemi, A. (2021). The Effects of Using Games on Teaching Vocabulary in Reading Comprehension: A Case of Gifted Students. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 9(2), 181–191. https://doi.org/10.17478/jegys.846480. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.846480

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 243–252. https://doi.org/10.29333/iejme/5729. DOI: https://doi.org/10.29333/iejme/4000

Hof, B., & Bürgi, R. (2021). The OECD As An Arena For Debate on The Future Uses of Computers in Schools. Globalisation, Societies and Education, 19(2), 154–166. https://doi.org/10.1080/14767724.2021.1878015. DOI: https://doi.org/10.1080/14767724.2021.1878015

Husni. (2020). The Effect of Inquiry-based Learning on Religious Subjects Learning Activities: An Experimental Study in High Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(1), 43. https://doi.org/10.36667/jppi.v8i1.434. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v8i1.434

Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of massive open online course (MOOC) based on addie model for catering courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595

Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying Natural Science in Elementary School Using Nos-Oriented Cooperative Learning Model With The NHT Type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Koyan, I. W. (2012). Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Undiksha.

Kristanto, V. H., & Rahajeng, R. (2017). Validitas Lesson Plan Berbasis Multiple Intelligences untuk Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111–120. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1580. DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1580

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169–175. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1), 15–20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbsasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625. DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625

Marlinda, I., & Wijaya, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi Pada Minat dan Prestasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21171. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21171

Martin, F., Budhrani, K., Kumar, S., & Ritzhaupt, A. (2019). Award-Winning Faculty Online Teaching Practices: Roles and Competencies. Online Learning Journal, 23(1), 184–205. https://doi.org/10.24059/olj.v23i1.1329. DOI: https://doi.org/10.24059/olj.v23i1.1329

Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149–161. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1169. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1169

Nasrah, Jasruddin, & Tawil, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan Contexstual Teaching And Learning ( CTL ) Untuk Memotivasi Dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 235–248. https://doi.org/10.26618/jpf.v5i2.709.

Nasution, M. (2018). Konsep Standar Proses Dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(01), 120. https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249. DOI: https://doi.org/10.24952/logaritma.v6i01.1249

Nugroho, M. A., & Zafi, A. A. (2021). Society’s Diversity in Influencing Education (Kudus Tower Case Study in Influencing Islamic Education). Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 123–140. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1043. DOI: https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v14i2.1043

Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., Sudira, P., & Samsudin, A. (2021). Crucial Problems in Arranged The Lesson Plan of Vocational Teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 345–354. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20604. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20604

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), 307–316. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775. DOI: https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.775

Pambudi, B. A., & Gunawan, I. (2019). Instructional Leadership as an Effort to Increase Teacher Professionalism in the Industrial Revolution Era 4.0. Proceedings of the 4th International Conference on Education and Management (COEMA 2019), 381, 216–220. https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.43. DOI: https://doi.org/10.2991/coema-19.2019.43

Pradana, D. A., Mahfud, Hermawan, C., & Susanti, H. D. (2021). Nasionalism: Character Education Orientation in Learning Development. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), 4026–4034. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1501. DOI: https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1501

Pradiptha, I. P. A., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Solving Materi Bangun Datar Muatan Matematika Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32788

Purwaningrat, K. W., Antara, P. A., & Suarjana, I. M. (2021). Instrumen Penilaian Perseptual Motorik Siswa Pada Mata Pelajaran SBdP SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 128–138. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.33225. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.33225

Puspaardini, P., Ibrahim, N., Zubaidi, M., & Syahputra, H. (2019). Media Realia dalam Mengenalkan Kosakata Anak kelompok A di TK Kembang Teratai Kelurahan Lekobalo Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(1), 63–80. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v6i1.7373.

Rahmiati, Musdi, E., & Fauzi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharaf (Jurnal Pendidikan Matematika), 6(2), 267–272. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2540. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.314

Rais, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA/MA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 189–205. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.473. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.473

Rianti, E., & Dibia, I. K. (2020). Pendekatan Paikem Berbantuan Brain Gym Berpengaruh Terhadap Konsentrasi Belajar Ipa. Mimbar Pgsd Undiksha, 8(2), 225–237. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26479.

Rika, M. R., Theodora, E., & Susilo, S. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis Laporan Ilmiah. BIODIK, 5(2), 96–108. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.6881

Rosalina, S. S., & Suhardi, A. (2020). Need Analysis of Interactive Multimedia Development With Contextual Approach on Pollution Material. INSECTA: Integrative Science Education and Teaching Activity Journal, 1(1), 93. https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107. DOI: https://doi.org/10.21154/insecta.v1i1.2107

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221

Sasmitatias, F., & Kuswanto, H. (2018). The Development of Science Learning Device Based on Serukam Local Culture To Improve Students’ Analytical Skill. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 59–68. https://doi.org/10.24331/ijere.441348. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.441348

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-Stem Project-Based Learning: Its Impact to Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Suyahman. (2019). Peningkatan Mutu Pembelajaran PPPKn Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif, Bahagia, Asyik, Humanis, Kreatif Dan Unik (ABAHKU) Bagi Siswa SMP Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2017-2018. Univet Bantara Sukoharjo, 14(2), 91–108. https://doi.org/10.20961/pknp.v14i2.42446. DOI: https://doi.org/10.20961/pknp.v14i2.42446

Van Alten, D. C. D., Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effects of Flipping the Classroom on Learning Outcomes and Satisfaction: A Meta-Analysis. Educational Research Review. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003

Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344

Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10743. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10743

Wicaksono, A. G., Jumanto, & Irmade, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 215–226. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Widya, Hamdi, & Fauzi, A. (2017). Kualitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Open-Ended Pada Materi Usaha Dan Energi Terintegrasi Energi Biomassa. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 158–171. https://doi.org/10.30870/gravity.v3i2.2600. DOI: https://doi.org/10.30870/gravity.v3i2.2600

Wijayanti, S., & Sungkono, J. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran mengacu Model Creative Problem Solving berbasis Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.9656. DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1941

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258–274. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563

Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 3(1), 53–57. https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.139. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884

Zulfiani, Suwarna, I. P., & Sumantri, M. F. (2020). Science Adaptive Assessment Tool: Kolb’s Learning Style Profile and Student’s Higher Order Thinking Skill Level. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 194–207. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23840. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23840

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Wahyuni, N. K. D., Japa, I. G. N., & Astawan, I. G. (2021). Pembelajaran IPA Tema 7 dengan Perangkat Pembelajaran Model Koperatif Tipe Inquiri. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 301–312. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39644

Issue

Section

Articles