Efektivitas Penggunaan Google classroom dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar IPS

Authors

  • Ana Ari Susanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39658

Keywords:

Google Classroom, Zoom, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keefektifan Penggunaan Google classroom Dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah  eksperimen semu(Quasi Experimental Research). Penulis mengawali penelitian dengan memberikan soal tes, dan angket guna memudahkan penulis untuk mengumpulkan data.Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari kelas google classroom yang berjumlah 20 siswa dan 20 siswa dari kelas Zoom. yang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling jenis cluster sampling. Metode pengumpulan data melalui tes dan angket. Dalam menganalisis data dilakukan menggunakan metode analisis data statistik deskriptif kuantitatif uji prasyarat, uji T. Hasil pengujian hipotesis, dengan uji t-sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 dengan maka  ditolak yang berarti ada perbedaan minat belajar IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya minat belajar siswa kelas V SD denganmenggunakan google classroom dengan hasildata pretest dan diperoleh hasil 62.00 meningkatmenjadi 76.00, sedangkan zoom cloud meeting terdapat hasil pretest55,00 dan posttest 67,5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis Google classroom lebih efektif terhadap minat belajar IPS siswa dibandingkan dengan e- learning berbasis Zoom Cloud Meeting.implikasi dalam penelitian ini adalah dapat mengembangkan minat belajar IPS dalam proses pembelajarandan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui google classroom.

Author Biography

Ana Ari Susanti, Universitas Kristen Satya Wacana

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

A, N., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041

Anggriani, R., & Ishartiwi, I. (2018). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 212–221. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017

Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125. DOI: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125

Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI DI Sma YPI Tunas Bangsa Palembang. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 56–70. https://doi.org/10.17977/um038v2i12019p001. DOI: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.833

Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988

Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724

B., S. R., Djumingin, S., & Munirah. (2021). Efek Media Zoom Cloud Meeting Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 760–766. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3835. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3835

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020

Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019

Chen, D., Putri, N. D., Meliza, W., Astuti, Y., Wicaksono, L. Y., & Putri, W. A. (2020). Identifikasi Minat Siswa SMA Kelas X Terhadap Mata Pelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 36–39. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39

Essgaer, M., & Nasir, I. (2021). Evaluation of using Google Classroom as a Tool for Asynchronous E-learning at Sebha University Evaluation of using Google Classroom as a Tool for Asynchronous E-learning at Sebha University. Sebha University Journal of Pure & Applied Sciences, 20 NO. 1(February), 44–49. https://doi.org/10.51984/jopas.v20i1.986.

Fitriani, I. N., Al-Ghozali, M. D. H., & Ashoumi, H. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 29–37. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/download/9143/5957.

Fiyanti, O., Rahmawati, N. K., & Wulandari, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dengan Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Zoom dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, Abstrak Pe, 132–138. scholar.google.co.id/citations?user=UOy4fdIAAAAJ&hl=id.

Handayani, D., Nurhayati, N., & Herawati, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sd Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710. DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671

Jupriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111

Karollina, N., Hidayati, U., & Syaflita, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dan Google Form Pada Pembelajaran Ipa Di Mts Darul Hikmah Pekanbaru. Riau Education Journal, 1(1), 21–27. https://jurnal.pgririau.or.id/index.php/rej/article/view/8.

Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Software Geogebra. Journal of Honai Math, 3(1), 27–40. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112. DOI: https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112

Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009

Lisma, E., Rahmadhani, R., & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 85–91. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345. DOI: https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345

Listyarini, D. W., As’ari, A. R., & Furaidah. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 538–543. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.10930.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173

Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 18–23. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1155. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1155

Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiani, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445. DOI: https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445

Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211.

Nurfadilla, & Rosleny. (2018). Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 443–450. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/1173/1071. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1173

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977. DOI: https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977

Pambudi, B. A. (2018). Hubungan Penggunaan Jaringan Internet, Pelayanan Administratif, Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 159–168. https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p159. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p159

Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669

Qholby, W., & Lazulva. (2020). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Melalui Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(1), 23. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(1).4863. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(1).4863

Rofiqah, T., & Sunaini, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Sma Integral Hidayatulah Batam. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 41–46. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 78–81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740. DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740

Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas Iv SD 091526. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568

Sheelavant, S. (2020). Google classroom - An effective tool for online teaching and learning in this COVID era. Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology, 14(4), 494–500. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.11527. DOI: https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.11527

Sirajuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1), 64–83. https://doi.org/10.32493/JEE.v1i1.1982. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.639

Soni, Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, Fuad, E., Unik, M., Mukhtar, H., & Hasanuddin. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Tindakan Pendekatan R & D. Alfabeta.

Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi, minat belajar, dan apresiasi terhadap matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27–42. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544. DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), 26. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972

Wardani, N. M. A., Suniasih, N. W., & Sujana, N. W. (2019). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 209–216. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18382. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15498

Yuliar, A. D. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 211–231. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zahrawati, F., & Aras, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Riset dengan Memanfaatkan Google Classroom pada Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 143–154. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1253. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1253

Downloads

Published

2021-10-23

How to Cite

Susanti, A. A., & Kristin, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Google classroom dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 367–374. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39658

Issue

Section

Articles