Efektivitas Penggunaan Google classroom dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39658Keywords:
Google Classroom, Zoom, Minat BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Keefektifan Penggunaan Google classroom Dan Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu(Quasi Experimental Research). Penulis mengawali penelitian dengan memberikan soal tes, dan angket guna memudahkan penulis untuk mengumpulkan data.Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa dari kelas google classroom yang berjumlah 20 siswa dan 20 siswa dari kelas Zoom. yang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling jenis cluster sampling. Metode pengumpulan data melalui tes dan angket. Dalam menganalisis data dilakukan menggunakan metode analisis data statistik deskriptif kuantitatif uji prasyarat, uji T. Hasil pengujian hipotesis, dengan uji t-sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 dengan maka ditolak yang berarti ada perbedaan minat belajar IPS. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya minat belajar siswa kelas V SD denganmenggunakan google classroom dengan hasildata pretest dan diperoleh hasil 62.00 meningkatmenjadi 76.00, sedangkan zoom cloud meeting terdapat hasil pretest55,00 dan posttest 67,5. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis Google classroom lebih efektif terhadap minat belajar IPS siswa dibandingkan dengan e- learning berbasis Zoom Cloud Meeting.implikasi dalam penelitian ini adalah dapat mengembangkan minat belajar IPS dalam proses pembelajarandan dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui google classroom.
References
A, N., & Amran, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn Mapala Kota Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(1), 11. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v1i1.5041
Anggriani, R., & Ishartiwi, I. (2018). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 212–221. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017. DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v4i2.11017
Aprijal, A., Alfian, A., & Syarifudin, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125. DOI: https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.125
Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pelajaran PAI DI Sma YPI Tunas Bangsa Palembang. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 56–70. https://doi.org/10.17977/um038v2i12019p001. DOI: https://doi.org/10.32923/tarbawy.v5i1.833
Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988
Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.724
B., S. R., Djumingin, S., & Munirah. (2021). Efek Media Zoom Cloud Meeting Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 760–766. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3835. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3835
Brahma, I. A. (2020). Penggunaan Zoom Sebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.97-102.2020
Bressington, D. T., Wong, W. kit, Lam, K. K. C., & Chien, W. T. (2018). Concept mapping to promote meaningful learning, help relate theory to practice and improve learning self-efficacy in Asian mental health nursing students: A mixed-methods pilot study. Nurse Education Today, 60(February 2017), 47–55. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.09.019
Chen, D., Putri, N. D., Meliza, W., Astuti, Y., Wicaksono, L. Y., & Putri, W. A. (2020). Identifikasi Minat Siswa SMA Kelas X Terhadap Mata Pelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 36–39. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.1.36-39
Essgaer, M., & Nasir, I. (2021). Evaluation of using Google Classroom as a Tool for Asynchronous E-learning at Sebha University Evaluation of using Google Classroom as a Tool for Asynchronous E-learning at Sebha University. Sebha University Journal of Pure & Applied Sciences, 20 NO. 1(February), 44–49. https://doi.org/10.51984/jopas.v20i1.986.
Fitriani, I. N., Al-Ghozali, M. D. H., & Ashoumi, H. (2019). Efektivitas Metode Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI di MAN 1 Jombang. At-Tuhfah: Jurnal Studi Keislaman, 8(2), 29–37. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/download/9143/5957.
Fiyanti, O., Rahmawati, N. K., & Wulandari, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik dengan Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Zoom dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, Abstrak Pe, 132–138. scholar.google.co.id/citations?user=UOy4fdIAAAAJ&hl=id.
Handayani, D., Nurhayati, N., & Herawati, H. (2020). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas V Sd Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710. DOI: https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2710
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Jupriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111
Karollina, N., Hidayati, U., & Syaflita, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dan Google Form Pada Pembelajaran Ipa Di Mts Darul Hikmah Pekanbaru. Riau Education Journal, 1(1), 21–27. https://jurnal.pgririau.or.id/index.php/rej/article/view/8.
Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Software Geogebra. Journal of Honai Math, 3(1), 27–40. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112. DOI: https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.112
Kostiainen, E., Ukskoski, T., Ruohotie-Lyhty, M., Kauppinen, M., Kainulainen, J., & Mäkinen, T. (2018). Meaningful learning in teacher education. Teaching and Teacher Education, 71, 66–77. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.12.009
Lisma, E., Rahmadhani, R., & Siregar, M. A. P. (2019). Pengaruh Kecemasan Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 2(2), 85–91. https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345. DOI: https://doi.org/10.32505/enlighten.v2i2.1345
Listyarini, D. W., As’ari, A. R., & Furaidah. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 538–543. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.10930.
Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173
Mayasari, F., Dwita, D., Jupendri, J., Jayus, J., Nazhifah, N., Hanafi, K., & Putra, N. M. (2019). Pelatihan Komunikasi Efektif Media Pembelajaran Google Classroom Bagi Guru Man 2 Model Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 18–23. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1155. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1155
Mubarak, M. R., Wahdah, N., Ilmiani, A. M., & Hamidah, H. (2020). Zoom Cloud Meeting: Media Alternatif dalam Pembelajaran Maharah Kalam di Tengah Wabah Virus Corona (Covid-19). Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 4(2), 211. https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445. DOI: https://doi.org/10.29240/jba.v4i2.1445
Nasution, R. H., Hapidin, H., & Fridani, L. (2020). Pengaruh Pembelajaran ICT dan Minat Belajar terhadap Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.411
Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211.
Nurfadilla, & Rosleny. (2018). Hubungan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas V SD Gugus III Seyegan. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 3(1), 443–450. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/download/1173/1071. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1173
Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977. DOI: https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977
Pambudi, B. A. (2018). Hubungan Penggunaan Jaringan Internet, Pelayanan Administratif, Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 159–168. https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p159. DOI: https://doi.org/10.17977/um025v2i32018p159
Permata, A., & Bhakti, Y. B. (2020). Keefektifan Virtual Class dengan Google Classroom dalam Pembelajaran Fisika Dimasa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669
Qholby, W., & Lazulva. (2020). Pengaruh Penerapan Project Based Learning Melalui Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Research and Education Chemistry, 2(1), 23. https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(1).4863. DOI: https://doi.org/10.25299/jrec.2020.vol2(1).4863
Rofiqah, T., & Sunaini, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Sma Integral Hidayatulah Batam. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 4(1), 41–46. https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 78–81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740. DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740
Rut, N., Gaol, R. L., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelas Iv SD 091526. Jurnal Education FKIP UNMA, 6(2), 449–455. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.568
Sheelavant, S. (2020). Google classroom - An effective tool for online teaching and learning in this COVID era. Indian Journal of Forensic Medicine and Toxicology, 14(4), 494–500. https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.11527. DOI: https://doi.org/10.37506/ijfmt.v14i4.11527
Sirajuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(1), 64–83. https://doi.org/10.32493/JEE.v1i1.1982. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.639
Soni, Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, Fuad, E., Unik, M., Mukhtar, H., & Hasanuddin. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i1.361
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Tindakan Pendekatan R & D. Alfabeta.
Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi, minat belajar, dan apresiasi terhadap matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27–42. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421
Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 69–78. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544. DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544
Tamardiyah, N. D. (2017). Minat Kedisiplinan dan Ketekunan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi dan Dampaknya pada Hasil Belajar Matematika SMP. Manajemen Pendidikan, 12(1), 26. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2972
Wardani, N. M. A., Suniasih, N. W., & Sujana, N. W. (2019). Korelasi Antara Konsep Diri dengan Kemampuan Pemecahan Masalah IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 209–216. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i1.18382. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15498
Yuliar, A. D. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Media Pembelajaran Berbantuan Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 211–231. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4830
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 236–240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Zahrawati, F., & Aras, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Riset dengan Memanfaatkan Google Classroom pada Mahasiswa Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 143–154. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1253. DOI: https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1253
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)