Pembelajaran Daring Topik Organ Pencernaan Manusia Dengan Media Powerpoint Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40001Keywords:
online learning, science, interactive powerpointAbstract
Keterbatasan guru dalam memilih media pembelajaran yang cocok digunakan dalampembelajaran daring membuat guru hanya mengirimkan materipelajaran saja kepada siswa. Hal tersebut berdampak kepada siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran daring sehingga dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa yang kurang oftimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Powerpoint pembelajaran pada topik organ-organ pencernaan pada manusia kelas V SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, dan 2 ahli desain. Metode dan instrument pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket, wawancara dan rating scale. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata validasi media Powerpoint pembelajaran. Penelitian ini menghasilakan media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint yang telah dinyatakan valid dengan rata-rata ahli media 3,6, rata-rata ahli materi 3,8, rata-rata ahli desain 3,6, yang berada pada rentangan 3,01 < X ≤ 4, dengan kualifikasi “sangat baik”. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dinyatakan bahwa media media pembelajaran interaktif berbasis powepoint dengan muatan pelajaran IPA topik organ-organ pencernaan pada manusia kelas V SD layak digunakan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran dengan topik organ-organ pencernaan manusia kelas V SD.
References
Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380
AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali Dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501
Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan Media Kartu terhadap Minat Belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76.
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Deepublish.
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 81. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Anwar, Z., Kahar, M. S., Rawi, R. D. P., Nurjannah, N., Suaib, H., & Rosalina, F. (2020). Development of Interactive Video Based Powerpoint Media In Mathematics Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(2), 167–177. https://doi.org/10.26858/est.v6i2.13179. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v6i2.13179
Areni, I. S., Amirullah, I., Muslimin, Z., & ... (2019). Pengenalan Pembelajaran Interaktif Berbasis Game di SDN 14 Bonto-Bonto Kabupaten Pangkep. Panrita Abdi-Jurnal …, 3(2), 177–183. https://doi.org/0000-0002-6248-3656.
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (Sma) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377. DOI: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1377
Asmar, A., & Suryadarma, I. G. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Ket- erampilan Komunikasi dan Pengetahuan Konseptual Pendahuluan. 9(4), 565–578. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20994. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20994
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Astuti, N., & Isnani, W. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Daring di Era New Normal pada Guru SMA Negeri 2 Dewantara. 5(2), 721–733. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4061.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Babys, U. (2017). Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 43. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82
Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Journal of Education and Society, 14(2), 231. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610. DOI: https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Caroline, V. E., Putra, I. A., & Prihatiningtyas, S. (2020). Rekonstruksi Media Interaktif Berbasis Kartun Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas XI SMA. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(1), 21. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i1.14789. DOI: https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i1.14789
Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. EDUTECH: Jurna Teknologi Pendidikan, 19(3), 189–210. https://doi.org/10.17509/e.v1i3.26978. DOI: https://doi.org/10.31605/ijes.v3i1.788
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6. DOI: https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6
Fatdha, S. E., & Alamsyah, M. (2020). Penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Media Pembelajaran Multimedia Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(2), 284–297. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i2.807. DOI: https://doi.org/10.36378/jtos.v3i2.807
Fauyan, M. (2019). Developing Interactive Multimedia Through Ispring on Indonesian Language Learning with The Insights of Islamic Values in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 177. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4173
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2). https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v4i2.2827
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Hibra, B. Al, Hakim, L., & Sudarwanto, T. (2019). Development of Vlog Learning Media (Video Tutorial) on Student Materials. Tax at SMK PGRI 1 Jombang. International Journal of Educational Research Review, 435–438. https://doi.org/10.24331/ijere.573945. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.573945
Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017. DOI: https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017
Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of massive open online course (MOOC) based on addie model for catering courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828
Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i3.10156
Januarti, N. E., & Hendrastomo, G. (2018). Inovasi Pembelajaran Sosiologi Kurikulum 2013 Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 72. https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20230. DOI: https://doi.org/10.20961/habitus.v2i1.20230
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770
Koyan, I. W. (2012). Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Undiksha.
Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942
Kusumadewi, R. A. K., & Subroto, W. T. (2019). Development of Quiz Card Media to Improve Reading Skills and Critical Thinking on Student. International Journal of Educational Research Review, 367–372. https://doi.org/10.24331/ijere.573874. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.573874
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 7–13. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927. DOI: https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289. DOI: https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289
Matamit, H. N. H., Roslan, R., Shahrill, M., & Said, H. M. (2020). Teaching challenges on the use of storytelling in elementary science lessons. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(3), 716–722. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20596. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v9i3.20596
Miarsyah, M., Vivanti, D., Fadrikal, R., & Suprapto, M. (2019). Effectiveness lekers mulia (student worksheet based on multimedia) and the level of knowledge on the attitude of environmental responsibility. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012187. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012187
Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747
Miswati, M., Amin, A., & Lovisia, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Macro Berbasis Problem Based Learning Materi Besaran dan Pengukuran Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas X. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2), 77–91. https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.984. DOI: https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.984
Mulyono, W. D. (2020). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. STEAM Engineering (Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering), 2(1), 23–30. https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1661. DOI: https://doi.org/10.37304/jptm.v2i1.1661
Munirah,Alim Bahri, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Dongeng Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 4(2), 731–740. https://doi.org/10.26618/jkpd.v4i2.2372.
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nabila, N. (2020). Pengembangan Multimedia InteraktifBerbasis Power Point Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Syntax Transformation, 1(4), 5–7. https://doi.org/10.46799/%25J.Vol1.Iss4.44.
Nanda, K. K., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V Di Sd Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20627.
Ningrum, G. D. K. (2018). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 22–27. https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32. DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v9i1.32
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nurfadhillah, S., Tantular, L. D., Syafitri, H. A., Fauzan, M. I., & Haq, A. S. (2021). Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Pembelajaran Jarak Jauh di MI Darussaman. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 267–279. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1351.
Nurhayati, S., Wicaksono, M. F., Lubis, R., Rahmatya, M. D., & Hidayat, H. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pembelajaran Daring Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Bagi Guru SMA Negeri 5 Cimahi Bandung. Indonesian Community Service and Empowerment (IComSE), 1(2), 70–76. https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878. DOI: https://doi.org/10.34010/icomse.v1i2.3878
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Iain Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 165. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.919
Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405. DOI: https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405
Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD Rika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmanarti, D., Juniarso, T., & Wardani, I. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Bahan Ajar Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya. MANGGALI: Jurnal Pengabdian dan Pembelajaran Masyarakat, 1(1), 46–57. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547. DOI: https://doi.org/10.31331/manggali.v1i1.1547
Setiawan, H., Sa, C., Akbar, D., Artikel Abstrak, I., & Setiawan Pendidikan Dasar, H. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7), 874–882. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9602.
Sugiarti, L., & Handayani, D. E. (2017). Pengembangan Media Pokari Pokabu (Pop-Up dan Kartu Ajaib Pengelompokkan Tumbuhan) Untuk Siswa Kelas III SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 109. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1475
Sulistiyawati, W., Sholikhin, R. S., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. L. (2021). Peranan game edukasi kahoot! dalam menunjang pembelajaran matematika. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 56–57. https://doi.org/10.23887/wms.v15i1.29851.
Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi Dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 57–64. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860. DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.
Tandi, M., & Limbong, M. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Siswa SMA Kristen Barana’ Pada Pembelajaran Tatap Muka di Masa New Normal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 13–20. https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3262. DOI: https://doi.org/10.33541/jmp.v10i1.3262
Tembang, Y., Purwanty, R., Palobo, M., & Kabrahanubun, R. I. (2020). Development of interactive based powerpoint learning media in the class Iv students of merauke basic school. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452281. DOI: https://doi.org/10.1145/3452144.3452281
Wahyuni, S., Emda, A., & Zakiyah, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 21–28. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10743. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10743
Wangsa, G. N. A. S., Dantes, N., & Suastra, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Gugus IV Kecamatan Gerokgak. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 139–150. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267
Wardani, D. K., Martono, T., Pratomo, L. C., Rusydi, D. S., & Kusuma, D. H. (2018). Online Learning in Higher Education to Encourage Critical Thinking Skills in the 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 146–153. https://doi.org/10.24331/ijere.517973. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.517973
Yamasari, Y. (2010). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT yang berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 979, 1–8.
Yudiawan, A., Sunarso, B., Suharmoko, Sari, F., & Ahmadi. (2021). Successful online learning factors in covid-19 era: Study of islamic higher education in west papua, indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 193–201. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21036. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.21036
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)