Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646Keywords:
adiwiyata, lingkungan, peran guruAbstract
Program Adiwiyata yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan rasa peduli lingkungan hidup yang sedang mengalami penurunan pada saat ini. Hal ini tentunya didukung melalui kontribusi peran guru melalui Program Adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan yang telah disusun oleh pihak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di SD berada pada tingkat kepedulian terhadap lingkungan dengan cukup baik. Kedua, pelaksanaan peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di SD berada pada tingkat cukup baik. Ketiga, hambatan-hambatan peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di SD, yaitu sarana prasarana sekolah yang kurang. Maka, peran guru melalui program adiwiyata dalam mengemnbangkan karakter peduli lingkungan cukup baik. Implikasi penelitian ini diharapkan karakter peduli lingkungan dapat dikembangkan dengan adanya peran guru dalam pelaksanaan program adiwiyata.
References
Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57 – 70. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057
Aisyah, E. N. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293. DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293
Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12, 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Desfandi, M., Maryani, E., & Disman, D. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal Of Geography, 49(1), 51 – 56. https://doi.org/10.22146/ijg.11230. DOI: https://doi.org/10.22146/ijg.11230
Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937
Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254
Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126
Marom, K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Islam Daarul Muwahidin Semarang. Webinar Series FIP, 28–35. http://conference.upgris.ac.id/index.php/wsfip/article/view/1313.
Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Muhamad Nova. (2017). Character Education In Indonesia EFL Classroom Implementation and Obstacles. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650
Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 227–252. https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16.
Nugrahani, F. (2017). The Development Of Film Based Literary Materials Which Suport Character Education. Jurnal Cakrawala Pendas, XXXVI(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219.
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Nurmansah, R., & Retnowati, T. H. (2020). The evaluation of Heathy School Program at junior high school receiving the National Adiwiyata. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 146 – 155. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.25464. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.25464
Nurwaqidah, S., Suciati, S., & Ramli, M. (2020). Environmental literacy-based on adiwiyata predicate at junior high school in Ponorogo. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(3), 405 – 412. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.12468. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.12468
Oktradiksa, A.-, & Sari, K. P. (2017). Implementasi Multi-Directional Circle Model dalam Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Adiwiyata di Kabupaten Magelang. AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 4(2), 153 – 164. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1727. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1727
Pahru, S., Akbar, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 6(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405
Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858
Permana, B. I, & Ulfatin, N. (2018). Budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri. , 3(1),. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011.
Permana, Bayu Indra, & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211
Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Saumi, N. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-1. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149 – 155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningakatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144. DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 8(2). https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177. DOI: https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177
Wardani, Septiana, M., Nugroho, N. R. I., & Ulinnuha, M. taufiq. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 27–33. DOI: https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)