Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD

Authors

  • Wanda Mufthia Fajar Universitas Islam Riau
  • Elpri Darta Putra Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646

Keywords:

adiwiyata, lingkungan, peran guru

Abstract

Program Adiwiyata yang memiliki peran strategis dalam meningkatkan rasa peduli lingkungan hidup yang sedang mengalami penurunan pada saat ini. Hal ini tentunya didukung melalui kontribusi peran guru melalui Program Adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan yang telah disusun oleh pihak sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis interaktif model dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di SD berada pada tingkat kepedulian terhadap lingkungan dengan cukup baik. Kedua, pelaksanaan peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di SD berada pada tingkat cukup baik. Ketiga, hambatan-hambatan peran guru melalui program adiwiyata dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di SD, yaitu sarana prasarana sekolah yang kurang. Maka, peran guru melalui program adiwiyata dalam mengemnbangkan karakter peduli lingkungan cukup baik. Implikasi penelitian ini diharapkan karakter peduli lingkungan dapat dikembangkan dengan adanya peran guru dalam pelaksanaan program adiwiyata.

Author Biographies

Wanda Mufthia Fajar, Universitas Islam Riau

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Elpri Darta Putra, Universitas Islam Riau

PGSD

References

Aini, T. N., Akbar, S., & Winahyu, S. E. (2021). Implementasi Program Adiwiyata Berbasis Partisipatif Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 57 – 70. https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v39i12021p057

Aisyah, E. N. (2018). Internalisasi Nilai Karakter Nasionalisme melalui Dongeng dan Tari (DORI) bagi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 26–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293. DOI: https://doi.org/10.29313/ga.v2i2.4293

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12, 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Desfandi, M., Maryani, E., & Disman, D. (2017). Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal Of Geography, 49(1), 51 – 56. https://doi.org/10.22146/ijg.11230. DOI: https://doi.org/10.22146/ijg.11230

Fikriyah, F., Rohaeti, T., & Solihati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 94. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.43937

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254

Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126

Marom, K. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 Di Sd Islam Daarul Muwahidin Semarang. Webinar Series FIP, 28–35. http://conference.upgris.ac.id/index.php/wsfip/article/view/1313.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111

Muhamad Nova. (2017). Character Education In Indonesia EFL Classroom Implementation and Obstacles. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.13650

Mukminin, A. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 227–252. https://doi.org/10.19109/td.v19i02.16.

Nugrahani, F. (2017). The Development Of Film Based Literary Materials Which Suport Character Education. Jurnal Cakrawala Pendas, XXXVI(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219.

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Nurmansah, R., & Retnowati, T. H. (2020). The evaluation of Heathy School Program at junior high school receiving the National Adiwiyata. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 146 – 155. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.25464. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.25464

Nurwaqidah, S., Suciati, S., & Ramli, M. (2020). Environmental literacy-based on adiwiyata predicate at junior high school in Ponorogo. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(3), 405 – 412. https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.12468. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v6i3.12468

Oktradiksa, A.-, & Sari, K. P. (2017). Implementasi Multi-Directional Circle Model dalam Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Adiwiyata di Kabupaten Magelang. AL IBTIDA: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 4(2), 153 – 164. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1727. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1727

Pahru, S., Akbar, S., & Hitipeuw, I. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 6(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405

Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Permana, B. I, & Ulfatin, N. (2018). Budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri. , 3(1),. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(1), 11–21. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011.

Permana, Bayu Indra, & Ulfatin, N. (2018). Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p011

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Putra, P. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPA di MIN Pemangkat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 49–61. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377. DOI: https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1377

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Saumi, N. N., Murtono, & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-1. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149 – 155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningakatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144. DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas Program Adiwiyata Terhadap Perilaku Ramah Lingkungan Warga Sekolah Di Kota Depok. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 8(2). https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177. DOI: https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177

Wardani, Septiana, M., Nugroho, N. R. I., & Ulinnuha, M. taufiq. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 27–33. DOI: https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9313

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768

Downloads

Published

2021-11-11

How to Cite

Fajar, W. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 468–474. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40646

Issue

Section

Articles