Inovasi Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Satuan Pendidikan Dasar

Authors

  • Sumaryati Sumaryati Universitas Ahmad Dahlan
  • Lisa Retnasari Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40759

Keywords:

Inovasi, PPK berbasis masyarakat

Abstract

Permasalahan dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis masyarakat. Permasalahan antara lain adanya perbedaan pandangan dan konsep tentang pendidikan karakter antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini menganalisis inovasi strategi PPK berbasis masyarakat di satuan pendidikan dasar. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian didesain dalam tiga tahapan persiapan (koordinasi, penyusunan materi dan instrumen), pelaksanaan (penyegaran konsep PPK berbasis masyarakat, forum grup diskusi, pengisian google form, analisis dan validasi data), dan pelaporan (penyusunan laporan seminar hasil penelitian). Subjek penelitian terdiri dari dua kepala sekolah dan 37 guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara, forum grup diskusi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian list pertanyaan dan google form. Teknik analisis data reduksi data, klasifikasi data, display data, dan penyimpulan. Hasil penelitian, inovasi strategi penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat oleh satuan pendidikan dasar di kapanewon Galur Kulon Proggo adalah menjalin komunikasi secara luring maupun daring dengan semua stakeholder (orang tua, komite sekolah, unit-unit pemerintah maupun swasta dilingkungan sekolah), penandatanganan MOU dengan stakeholder sebagai sumber belajar, implementasi buku Pantauan Kegiatan Penguatan Nilai-nilai Karakter Siswa, dan memberdayakan stakeholder sebagai sumber belajar peserta didik,. Komunikasi secara virtual tetap dilaksanakan, meskipun kadang-kadang ditemukan beberapa kendala di dalamnya.

References

Ade Wiliah, N. R. M. N. A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/558.

Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.824.

Amma, T., As, E., Syaikhoni, Y., & Karakter, I. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. QUDWATUNA, 3(2), 101–123. https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/99.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 11. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243

Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). The effect of parenting style and genetic personality on children character development. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 206–218. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Chairiyah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 208–215. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2116. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1575

Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793

Dewi, L. N. K. (2018). Tri Pusat Pendidikan Dan Literasi Sebagai Elemen Strategis Penguatan Karakter Dan Pencerdasan Bangsa. Maha Widya Bhuwana, 1(2), 70–77. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/bhuwana/article/view/77.

Ekayani, N. W., Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386.

Fahlevi, R., Sari, R., & Jannah, F. (2021). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sdn Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.865. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.865

Faizul Amirudin, M. (2020). Rekonstruksi Pengelolaan Komite Sekolah Sebagai Mitra Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Edification Journal, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.79. DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.79

Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289. DOI: https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289

Febriana, L. (2019). Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3234. DOI: https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3234

Fitriani, S., & Istaryatiningtias. (2020). Promoting child-friendly school model through school committee as parents’ participation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1025–1034. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20615. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20615

Hanik, U. (2018). Peran Orang tua terhadap Perkembangan Moral Remaja. Al-Tawir, 5(1), 81–104.

Harianti, R. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.983. DOI: https://doi.org/10.22216/JCC.v2i2.983

Haromain, Tamba, W., & Suarti, ni ketut alit. (2020). Kemitraan sekolah dengan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring). Jurnal Transformasi, 6(2), 82–88. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/3311.

Hasan, Y., & Firdaos, R. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 267. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2131. DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2131

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203–224. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811

Ikhsan, A., Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Angewandte Chemie International Edition, 2(1), 1–11. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/4374.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.

Majir, A. (2018). Rekonstruksi Hubungan Komite Sekolah Dan Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(26), 105–119. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1675. DOI: https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1675

Mentari, K. S. (2020). Sinergitas Kepala Sekolah dengan Komite dalam Membangun Karakter Siswa di SD Negeri 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24320. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24320

Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 312–321. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578

Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858

Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806. DOI: https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i2.624

Prasetiawati, P. (2018). Integrated character education model sebagai alternatif solusi mengatasi degradasi moral pelajar Indonesia. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 177–186. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.99. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.99

Prihatin. (2021). Peran Orang tua dan Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran di Rumah (Daring) Saat Pandemi Covid-19. Mahaguru, 2(1), 146–154. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1882/597. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1882

Priska, V. H. (2020). Pentingnya Menanamkan Karakter Sejak Dini. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology, 2(1), 193–201. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/433.

Priyanasari, F., & Susanti, M. M. I. (2021). Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Implementasi PPK Berbasis Masyarakat Di SD Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. In Elementary Journal (Vol. 3, Issue 2, pp. 78–89). http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/1105.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Ruzaini, & Nurhalin. (2020). The Role of Parents in Improving Character Education During the Covid-19 Pandemic. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Penddikan, 16(2), 189–199. https://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/akademika/article/view/123.

Santoso, B. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler “Hisbul Wathan.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 79. https://doi.org/10.24269/ijpi.v3i1.1003. DOI: https://doi.org/10.24269/ijpi.v3i1.1003

Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.

Sopian, A. (2021). Model Pendidikan Karakter. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 106–113. https://doi.org/10.51729/6134. DOI: https://doi.org/10.51729/6134

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sulaiman, S., Nurmasyitah, N., & Mislinawati, M. (2019). Fungsi Komite Sekolah Dalam Pengembangan dan Implementasi Program Sekolah di SD Negeri 19 Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 7(2), 58–63. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14759. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14759

Widodo, R., & Mansur, M. (2021). Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU. Jurnal Civic Hukum, 6, 105–114. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/16033.

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477

Downloads

Published

2021-11-22

How to Cite

Sumaryati, S., & Retnasari, L. (2021). Inovasi Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Satuan Pendidikan Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 497–507. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40759

Issue

Section

Articles