Inovasi Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Satuan Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40759Keywords:
Inovasi, PPK berbasis masyarakatAbstract
Permasalahan dalam penguatan pendidikan karakter (PPK) berbasis masyarakat. Permasalahan antara lain adanya perbedaan pandangan dan konsep tentang pendidikan karakter antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini menganalisis inovasi strategi PPK berbasis masyarakat di satuan pendidikan dasar. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian didesain dalam tiga tahapan persiapan (koordinasi, penyusunan materi dan instrumen), pelaksanaan (penyegaran konsep PPK berbasis masyarakat, forum grup diskusi, pengisian google form, analisis dan validasi data), dan pelaporan (penyusunan laporan seminar hasil penelitian). Subjek penelitian terdiri dari dua kepala sekolah dan 37 guru. Metode pengumpulan data dengan wawancara, forum grup diskusi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian list pertanyaan dan google form. Teknik analisis data reduksi data, klasifikasi data, display data, dan penyimpulan. Hasil penelitian, inovasi strategi penguatan pendidikan karakter berbasis masyarakat oleh satuan pendidikan dasar di kapanewon Galur Kulon Proggo adalah menjalin komunikasi secara luring maupun daring dengan semua stakeholder (orang tua, komite sekolah, unit-unit pemerintah maupun swasta dilingkungan sekolah), penandatanganan MOU dengan stakeholder sebagai sumber belajar, implementasi buku Pantauan Kegiatan Penguatan Nilai-nilai Karakter Siswa, dan memberdayakan stakeholder sebagai sumber belajar peserta didik,. Komunikasi secara virtual tetap dilaksanakan, meskipun kadang-kadang ditemukan beberapa kendala di dalamnya.
References
Ade Wiliah, N. R. M. N. A. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/558.
Amin, A. (2018). Sinergisitas Pendidikan Keluarga, Sekolah Dan Masyarakat; Analisis Tripusat Pendidikan. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(1), 106–125. http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v16i1.824.
Amma, T., As, E., Syaikhoni, Y., & Karakter, I. (2020). Implementasi Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kerjasama Sekolah Dan Orang Tua. QUDWATUNA, 3(2), 101–123. https://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/qudwatuna/article/view/99.
Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 11. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243
Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). The effect of parenting style and genetic personality on children character development. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 23(2), 206–218. https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v23i2.28151
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Chairiyah. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di SD Taman Siswa Jetis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 208–215. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2116. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1575
Choiri, M. M. (2017). Upaya Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1793
Dewi, L. N. K. (2018). Tri Pusat Pendidikan Dan Literasi Sebagai Elemen Strategis Penguatan Karakter Dan Pencerdasan Bangsa. Maha Widya Bhuwana, 1(2), 70–77. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/bhuwana/article/view/77.
Ekayani, N. W., Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter. MIMBAR PGSD Undiksha, 6(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386.
Fahlevi, R., Sari, R., & Jannah, F. (2021). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Sdn Sungai Jingah 6 Banjarmasin. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.865. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.865
Faizul Amirudin, M. (2020). Rekonstruksi Pengelolaan Komite Sekolah Sebagai Mitra Dalam Peningkatan Mutu Sekolah. Edification Journal, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.79. DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.79
Fajri, N., & Mirsal, M. (2021). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289. DOI: https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3289
Febriana, L. (2019). Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3234. DOI: https://doi.org/10.19109/pairf.v1i2.3234
Fitriani, S., & Istaryatiningtias. (2020). Promoting child-friendly school model through school committee as parents’ participation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1025–1034. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20615. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20615
Hanik, U. (2018). Peran Orang tua terhadap Perkembangan Moral Remaja. Al-Tawir, 5(1), 81–104.
Harianti, R. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.983. DOI: https://doi.org/10.22216/JCC.v2i2.983
Haromain, Tamba, W., & Suarti, ni ketut alit. (2020). Kemitraan sekolah dengan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring). Jurnal Transformasi, 6(2), 82–88. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/3311.
Hasan, Y., & Firdaos, R. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 267. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2131. DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2131
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203–224. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811
Ikhsan, A., Sulaiman, & Ruslan. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Negeri 2 Teunom Aceh Jaya. Angewandte Chemie International Edition, 2(1), 1–11. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/4374.
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460
Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.
Majir, A. (2018). Rekonstruksi Hubungan Komite Sekolah Dan Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(26), 105–119. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1675. DOI: https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1675
Mentari, K. S. (2020). Sinergitas Kepala Sekolah dengan Komite dalam Membangun Karakter Siswa di SD Negeri 4 Kaliuntu. International Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24320. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24320
Mustadi, A., Zubaidah, E., & Sumardi, S. (2016). Peran Komite Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3), 312–321. https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578
Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.20858
Perdana, N. S. (2018). Implementasi Peranan Ekosistem Pendidikan Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358. DOI: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2358
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806. DOI: https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i2.624
Prasetiawati, P. (2018). Integrated character education model sebagai alternatif solusi mengatasi degradasi moral pelajar Indonesia. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 177–186. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.99. DOI: https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.99
Prihatin. (2021). Peran Orang tua dan Kendala yang dihadapi dalam Pembelajaran di Rumah (Daring) Saat Pandemi Covid-19. Mahaguru, 2(1), 146–154. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/1882/597. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1882
Priska, V. H. (2020). Pentingnya Menanamkan Karakter Sejak Dini. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology, 2(1), 193–201. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/433.
Priyanasari, F., & Susanti, M. M. I. (2021). Pengaruh Akreditasi Sekolah Terhadap Implementasi PPK Berbasis Masyarakat Di SD Se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. In Elementary Journal (Vol. 3, Issue 2, pp. 78–89). http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/1105.
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Ruzaini, & Nurhalin. (2020). The Role of Parents in Improving Character Education During the Covid-19 Pandemic. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Penddikan, 16(2), 189–199. https://ejournal.kampusmelayu.ac.id/index.php/akademika/article/view/123.
Santoso, B. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler “Hisbul Wathan.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 79. https://doi.org/10.24269/ijpi.v3i1.1003. DOI: https://doi.org/10.24269/ijpi.v3i1.1003
Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.
Sopian, A. (2021). Model Pendidikan Karakter. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 106–113. https://doi.org/10.51729/6134. DOI: https://doi.org/10.51729/6134
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sulaiman, S., Nurmasyitah, N., & Mislinawati, M. (2019). Fungsi Komite Sekolah Dalam Pengembangan dan Implementasi Program Sekolah di SD Negeri 19 Kota Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 7(2), 58–63. https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14759. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v7i2.14759
Widodo, R., & Mansur, M. (2021). Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU. Jurnal Civic Hukum, 6, 105–114. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/16033.
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477. DOI: https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)