Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779Keywords:
Karakter Peduli Sosial, Kegiatan Pramuka, Sekolah DasarAbstract
Penurunan perilaku sosial terhadap anak kerap terjadi pada masa sekarang, beberapa individu lebih sibuk mengabadikan momen sebut dengan memvidio, memotret, atau menyebarkan pada jejaring media sosial. Oleh sebab itu diperlukan wadah untuk pembentukan karakter, yang mana pembentukan karakter berawal dari keluarga, lingkungan serta sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peduli sosial di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dari siswa, kepala sekolah seta pembina pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data yang objektif, maka teknik analisis menggunakan uji kreadibilas triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu data collection, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan ektrakurikuler pramuka berperan untuk membentuk karakter peduli sosial pada siswa hal tersebut ditunjukan dengan kegiatan kepramukaan yang bertujuan membangun karakter siswa, upaya yang dilakukan oleh pembina serta dukungan warga sekolah. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan sikap peduli sosial peserta didik maupun karakter lainnya dalam mematuhi peraturan. Selain itu dapat meningkatkan sikap saling menghormati dan menghargai baik sesama teman maupun kepada pembina dan guru.
References
Agustika, N. L. G. M. W. G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179.
Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230
Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.149.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520.
Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802
Azizi, A. (2020). Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40–50. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793. DOI: https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793
Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2
Fauzi, A., & Khoiriyah, S. M. (2018). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu - Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 295 – 306. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603. DOI: https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603
Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898. DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898
Hero, H. (2020). Implementasi Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983.
Juwantara, R. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler Pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplindan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994
Kharisma Bismi Alrasheed, & Aprianti, M. (2011). Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja (Sebuah Studi Pada Siswa Smp Di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 136–142.
Laksono, F. (2018). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa. Joyful Learning Journal, 7(1), 70–78. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.25027.
Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040
Maulida, R., Nadiya, D. Z., Annisa, K., Kusuma, Y., & Fakhru, L. (2021). Peran Budaya Indonesia Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(1), 19–29. https://doi.org/10.17509/md.v17i1.30569.
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122. DOI: https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603
Nurfajriah, S., Netriwati, N., & Widyastuti, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Sandi Semaphore Pramuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3178–3189. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825
Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903. DOI: https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903
Pangestika, M. D., & Sabardila, A. (2021). Peningkatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al Islam Kartasura. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 25–39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1461. DOI: https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1461
Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368.
Prihanawati, D. R., & Hidayah, N. (2018). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kemandirian Siswa Kelas V Sd Negeri Cibuk Lor Seyegan Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 35–44. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.68. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.68
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167
Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing learners’ tematik-integrative worksheet based on character education for primary school students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8.
Sufanti, M., Nuryatin, A., Rohman, F., & Waluyo, H. J. (2021). The Content of Tolerance Education in Short Story Learning in High Schools. Asian Journal of University Education, 17(1), 112–123. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609
Sularso, P. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan Tahun 2016. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181
Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049
Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192
Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5
Wahyuni, S., Isnarto, & Wuryanto. (2015). Pengembangan Karakter Kedisiplinan Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Laps-Heuristik Materi Lingkaran Kelas-Viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7594.
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)