Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa

Authors

  • Suri Rahmayani Universitas Islam Riau
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779

Keywords:

Karakter Peduli Sosial, Kegiatan Pramuka, Sekolah Dasar

Abstract

Penurunan perilaku sosial terhadap anak kerap terjadi pada masa sekarang, beberapa individu lebih sibuk mengabadikan momen sebut dengan memvidio, memotret, atau menyebarkan pada jejaring media sosial. Oleh sebab itu diperlukan wadah untuk pembentukan karakter, yang mana pembentukan karakter berawal dari keluarga, lingkungan serta sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peduli sosial di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dari siswa, kepala sekolah seta pembina pramuka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data yang objektif, maka teknik analisis menggunakan uji kreadibilas triangulasi sumber. Penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu data collection, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan ektrakurikuler pramuka berperan untuk membentuk karakter peduli sosial pada siswa hal tersebut ditunjukan dengan kegiatan kepramukaan yang bertujuan membangun karakter siswa, upaya yang dilakukan oleh pembina serta dukungan warga sekolah. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan sikap peduli sosial peserta didik maupun karakter lainnya dalam mematuhi peraturan. Selain itu dapat meningkatkan sikap saling menghormati dan menghargai baik sesama teman maupun kepada pembina dan guru.

References

Agustika, N. L. G. M. W. G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179.

Amania, M., Nugrahanta, G. A., & Irine Kurniastuti. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional sebagai Upaya Mengembangkan Karakter Adil pada Anak Usia 9-12 Tahun. Elementary School, 8(2), 237–251. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1230

Amreta, M. Y. (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.36840/ulya.v3i1.149.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520.

Arif, M., Rahmayanti, J. D., & Rahmawati, F. D. (2021). Penanaman Nilai Karakter Peduli Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna -Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 289–308. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.802

Azizi, A. (2020). Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan terhadap Pendidikan Karakter Kedisiplinan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(2), 40–50. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793. DOI: https://doi.org/10.32832/jpls.v12i2.2793

Dozan, W., & Fitriani, L. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Nilai-Nilai Islam Dalam Tradisi Perang Timbung. Murhum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.2

Fauzi, A., & Khoiriyah, S. M. (2018). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler (Pesantren Sabtu - Ahad) Dalam Menunjang Proses Belajar Mengajar Al-Qur’an Hadits. Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 295 – 306. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603. DOI: https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i2.1603

Gazali, N., Cendra, R., Candra, O., Apriani, L., & Idawati, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898. DOI: https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898

Hero, H. (2020). Implementasi Kegiatan Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Kelas V SD Inpres Boru Kecamatan Wulanggitang Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983.

Juwantara, R. (2019). Efektivitas ekstrakurikuler Pramuka dalam menanamkan karakter jujur disiplindan bertanggung jawab pada siswa madrasah ibtidaiyah. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4994

Kharisma Bismi Alrasheed, & Aprianti, M. (2011). Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja (Sebuah Studi Pada Siswa Smp Di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 136–142.

Laksono, F. (2018). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kedisiplinan dan Kemandirian Siswa. Joyful Learning Journal, 7(1), 70–78. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.25027.

Mashar, R. (2015). Empati Sebagai Dasar Pembentukan KarakterAnak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3040

Maulida, R., Nadiya, D. Z., Annisa, K., Kusuma, Y., & Fakhru, L. (2021). Peran Budaya Indonesia Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. METODIK DIDAKTIK:Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(1), 19–29. https://doi.org/10.17509/md.v17i1.30569.

Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122. DOI: https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122

Nurdin, N., Jahada, J., & Anhusadar, L. (2021). Membentuk Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 952–959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1603

Nurfajriah, S., Netriwati, N., & Widyastuti, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Menggunakan Sandi Semaphore Pramuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3178–3189. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.825

Oktavia, N., & Mulabbiyah, M. (2019). Gawai Dan Kompetensi Sikap Sosial Siswa Mi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas V Min 2 Kota Mataram). El Midad, 11(1), 19–40. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903. DOI: https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i1.1903

Pangestika, M. D., & Sabardila, A. (2021). Peningkatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Al Islam Kartasura. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 25–39. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1461. DOI: https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1461

Patria, A., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantuan Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1368.

Prihanawati, D. R., & Hidayah, N. (2018). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kemandirian Siswa Kelas V Sd Negeri Cibuk Lor Seyegan Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 35–44. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.68. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.68

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Sari, V. K., Akhwani, A., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Antikorupsi Melalui Ekstrakurikuler dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2106–2115. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1167

Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing learners’ tematik-integrative worksheet based on character education for primary school students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8.

Sufanti, M., Nuryatin, A., Rohman, F., & Waluyo, H. J. (2021). The Content of Tolerance Education in Short Story Learning in High Schools. Asian Journal of University Education, 17(1), 112–123. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12609

Sularso, P. (2017). Upaya Pelestarian Kearifan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan Tahun 2016. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 1. https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181. DOI: https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i1.1181

Syafitri, S. M. (2020). Menumbuhkan Empati Dan Perilaku Prososial Terhadap Anak Usia Dini Dalam Menanggapi Pelajaran Isu Dunia Nyata. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 12(2), 140. https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049. DOI: https://doi.org/10.26418/jvip.v12i2.34049

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Wahyuni, R., & Erdiyanti. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting Menggunakan Tepung Singkong. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 28–40. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.5

Wahyuni, S., Isnarto, & Wuryanto. (2015). Pengembangan Karakter Kedisiplinan Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Laps-Heuristik Materi Lingkaran Kelas-Viii. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7594.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458. DOI: https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 475–480. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779

Issue

Section

Articles