Peran Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40828Keywords:
Kepala Sekolah, Perencanaan, Pengorganisasian, MonitoringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis peran manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, obeservasi, dan dokumentas. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman Hasil penelitian ini menjelaskan kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran membuat struktur organisasi dan mengajak orangtua murid dengan program komite sekolah dan melengkapi supras yang dibutuhkan; merancang program dengan menguraikan kebutuhan pendidik dan tenaga pendidik yang menjalankan tugas, merancang kurikulum yang dijalankan; mengawasi output, proses belajar mengajar, dan peserta didik mulai dari penerimaan siswa hingga selesai; menunjukkan contoh yang baik dan tenang dalam bekerja, memberikan motivasi serta penghatgaan kepada personilnya baik dari segi motil maupun materil, mengikutsertakan pendidik dan tenaga pendidik dalam diklat diklat serta memotivasi guru guru senior supaya memiliki semangat life long education; adapun hambatan yang dihadapi adalah kurangnya sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar, masih ada pendidik dan tenaga pendidik yang tidak disiplin, dan kurangnya komunikasi kepala sekolah dengan beberapa pendidik dan tenaga pendidik. Manajerial kepala sekolah yang baik akan menghasilkan mutu pendidikan yang baik juga yang tentunya akan mempengaruhi hasil belajar dan prestasi sekolah. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa masih dibutuhkan sebuah program untuk meningkatkan mutu pendidikan baik berkaitan dengan pembelajaran maupun tidak.
References
Aqmar, A. Z., & Sriyono, H. (2018). Persepsi Atas Gaya Kepemimpian Kepala Sekolah Dan Tipe Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan IPS, 1(3), 218–227.
Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631.
Cheng, A. Y. N., & Szeto, E. (2016). Teacher leadership development and principal facilitation: Novice teachers’ perspectives. Teaching and Teacher Education, 58, 140–148. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.003
Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215–240. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Fauzi, M. S., & Falah, M. S. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: Studi Kasus di SMAU 1 Gresik. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 1(1), 54–76. http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jm-tbi/article/view/1440.
Grissom, J. A., Kalogrides, D., & Loeb, S. (2015). Using Student Test Scores to Measure Principal Performance. Educational Evaluation and Policy Analysis, 37(1), 3–28. https://doi.org/10.3102/0162373714523831. DOI: https://doi.org/10.3102/0162373714523831
Hastowo, A., & Abduh, M. (2021). Analisis Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pembelajaran Daring. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 252–263. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4444.
Hastuti, P. M. (2017). Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 55–62. DOI: https://doi.org/10.26618/jtw.v2i01.1024
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(3), 193–199. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i3.21
Kastawi, N. S. (2021). Kontribusi Motivasi Kerja dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4312. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p77-93
Kurniady, D. A., Setiawati, L., & Nurlatifah, S. (2018). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Mutu Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 263–269. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9620
Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12. DOI: https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12
Liu, S., Hallinger, P., & Feng, D. (2016). Supporting the professional learning of teachers in China: Does principal leadership make a difference? Teaching and Teacher Education, 59, 79–91. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.05.023
Liu, Y., & Werblow, J. (2019). The operation of distributed leadership and the relationship with organizational commitment and job satisfaction of principals and teachers: A multi-level model and meta-analysis using the 2013 TALIS data. International Journal of Educational Research, 96(December 2018), 41–55. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.05.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.05.005
Margareta, R., & Ismanto, B. (2017). Strategi Perencanaan Pembiayaan Sekolah dalam Peningkatan Mutu di SMP Negeri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 195–204. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p195-204. DOI: https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p195-204
Masrukhin. (2018). Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dan Komite Sekolah Terhadap Budaya Organisasi Dan Efektifitas Penyelenggaraan Sekolah. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendiidkan Islam, 13(1), 105 – 126. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3226. DOI: https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i1.3226
Norma Puspitasari. (2015). Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, 1(1), 29–36. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/anterior.
Oktarina, M., & Rahmi, A. (2019). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Studi Penelitian, Riset, Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–20. http://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1367.
Player, D., Youngs, P., Perrone, F., & Grogan, E. (2017). How principal leadership and person-job fit are associated with teacher mobility and attrition. Teaching and Teacher Education, 67, 330–339. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.017. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.017
Ramadoni, W., Kusmintardjo, & Arifin, I. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Peningkatan Kinerja Guru (Studi Multi Kasus Di Paud Islam Sabilillah Dan Sdn Tanjungsari 1 Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(8), 1500–1504. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6620.
Rismawan, E. (2015). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru terhadap kinerja mengajar guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 114–132. https://doi.org/10.31227/osf.io/7azuy. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/7azuy
S, S., Herlambang, T., & Cahyono, D. (2018). Dampak Motivasi, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 131–147. https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785. DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v8i2.1785
Santiari. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149 DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3149
Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.
Sodiah, S., & Nurhikmah, E. (2017). Etika Kerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 163. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.294. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.294
Sodiqin, H., & Nurdin, D. (2016). Kemampuan manajerial kepala madrasah dan kinerja mengajar guru dalam mutu pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2), 89–101. https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5636.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukayana, I. W., Yudana, M., & Hendra Divayana, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Kertha Wisata Denpasar. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804. DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v10i2.2804
Sulastri, S., Nurkolis, N., & Rasiman, R. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Mutu Sekolah Dasar Di Kabupaten Jepara. Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP), 5(3), 167–171. https://doi.org/10.26877/jmp.v5i3.1984. DOI: https://doi.org/10.26877/jmp.v5i3.1984
Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557
Sumarni. (2016). Kontribusi motivasi berprestasi dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Economica, 5(1), 63–68. https://doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.307. DOI: https://doi.org/10.22202/economica.2016.v5.i1.307
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072. DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072
Taswir. (2014). Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 2 Sinabang Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2). https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.504. DOI: https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.504
Wills, G. (2016). Principal leadership changes and their consequences for school performance in South Africa. International Journal of Educational Development, 51, 108–124. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2016.08.005. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2016.08.005
Zheng, Q., Li, L., Chen, H., & Loeb, S. (2017). What Aspects of Principal Leadership Are Most Highly Correlated With School Outcomes in China? Educational Administration Quarterly, 53(3), 409–447. https://doi.org/10.1177/0013161X17706152. DOI: https://doi.org/10.1177/0013161X17706152
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)