Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Dengan Media Video Animasi Pembelajaran

Authors

  • Made Dian Supriyani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974

Keywords:

video animasi, media pembelajaran, IPA

Abstract

Keterbatasan guru dalam merancang media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring membuat guru tidak menggunakan media pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaran daring. Dengan adanya hal tersebut akan membuat siswa tidak termotivasi sehingga hasil belajar siswa akan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi pembelajaran IPA yang teruji validitasnya untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli materi pelajaran IPA, 2 orang ahli media pembelajaran, 2 orang praktisi dan 12 orang respon siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa rating scale 5 dengan lembar penilain validitas video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis uji validitas yang dilaksanakan diketahui bahwa video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V yang dikembangkan memperoleh hasil validitas rata-rata sebesar 4,56 dengan kualifikasi “sangat tinggi”. Sehingga penelitian ini menghasilkan video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V yang sudah teruji validitasnya layak. Dengan adanya media pembelajaran video animasi dengan muatan IPA dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan membatu siswa dalam memahami materi pelajaran dalam pembelajaran daring.

Author Biographies

Made Dian Supriyani, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gede Margunayasa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Alim, N., Linda, W., Gunawan, F., & Saad, M. S. M. (2019). The Effectiveness Of Google Classroom As An Instructional Media: A Case Of State Islamic Institute Of Kendari, Indonesia. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(2), 240–246. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227. DOI: https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7227

Angela, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Aplikasi Android pada Materi Persamaan Eksponensial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1449–1461. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.437.

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Arsyad, N., & Kalu, D. (2021). Penyebab Miskonsepsi Siswa Kelas 9 pada Materi Pecahan Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Konstruktivisme. 5(2), 143–153. https://doi.org/10.35580/imed23847. DOI: https://doi.org/10.35580/imed23847

Aryantini, N. K., Sujana, I. W., & Sri Darmawati, I. G. A. P. (2021). Model Discovery Learning Berbantuan Media Power Point Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 251–259. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193

Asmar, A., & Suryadarma, I. G. P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Model Nested Berbasis Perahu Phinisi untuk Meningkatkan Ket- erampilan Komunikasi dan Pengetahuan Konseptual Pendahuluan. 9(4), 565–578. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20994. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i4.20994

Asnur, L., & Ambiyar, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435

Astini, S. N. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194. DOI: https://doi.org/10.36709/japend.v2i1.16217

Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Ellianawati, E., Subali, B., Khotimah, S. N., Cholila, M., & Darmahastuti, H. (2021). Face to Face Mode vs. Online Mode: A Discrepancy in Analogy-Based Learning During COVID-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 368–377. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.30037. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i3.30037

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157. DOI: https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157

Fahrurozi, S. K., Maryono, D., & Budiyanto, C. W. (2017). The Development of Video Learning to Deliver a Basic Algorithm Learning. IJIE (Indonesian Journal of Informatics Education), 1(1), 135. https://doi.org/10.20961/ijie.v1i2.12446. DOI: https://doi.org/10.20961/ijie.v1i2.12446

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Fiorella, L., & Mayer, R. E. (2018). What works and doesn’t work with instructional video. Computers in Human Behavior, 89, 465–470. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.07.015. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.07.015

Hamid, M. A., Permata, E., Aribowo, D., Darmawan, I. A., Nurtanto, M., & Laraswati, S. (2020). Development of cooperative learning based electric circuit kit trainer for basic electrical and electronics practice. Journal of Physics: Conference Series, 1456(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1456/1/012047

Hamid, Mustofa Abi, Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility of electromechanical basic work e-module as a new learning media for vocational students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 199–211. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923

Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hatem Rashid, A. (2020). Development Of A Holistic Approach Framework For E-Learning Adoption Decision-Making In Saudi Arabian Universities. Journal of Advances in Technology and Engineering Research, 6(1), 22–36. https://doi.org/10.20474/jater-6.1.3. DOI: https://doi.org/10.20474/jater-6.1.3

Hebebci, M. T., Bertiz, Y., & Alan, S. (2020). Investigation of Views of Students and Teachers on Distance Education Practices during the Coronavirus (COVID-19) Pandemic. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 267–282. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.113. DOI: https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.113

Herwin, H., Hastomo, A., Saptono, B., Ardiansyah, A. R., & Wibowo, S. E. (2021). How Elementary School Teachers Organized Online Learning During The Covid-19 Pandemic? World Journal on Educational Technology: Current Issues, 13(3), 437–449. https://doi.org/10.18844/wjet.v13i3.5952. DOI: https://doi.org/10.18844/wjet.v13i3.5952

Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333

Ilmi, U., & Kurniawan, M. A. (2021). Efektivitas Media Audio Visual dalam Pembelajaran PAI Daring di MTs Negeri 9 Yogyakarta. IQRO: Journal of Islamic Education, 4(2), 91–102. https://doi.org/10.24256/iqro.v4i2.1997.

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199. https://doi.org/10.5281/zenodo.3892262.

Juanda, A., Shidiq, A. S., & Nasrudin, D. (2021). Teacher Learning Management: Investigating Biology Teachers’ Tpack To Conduct Learning During The Covid-19 Outbreak. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 48–59. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.26499. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.26499

Khairani, A., & Qurata Ain, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Untuk Statistika Siswa Kelas IV SDN 104 Pekanbaru. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 219–238. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.898. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.898

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6. DOI: https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Knoop-van Campen, C. A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150(February), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Kurniawan, Agung, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Teknik Dasar Sepak Bola Dengan Konsep Quantum Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20374.

Kusumawati, R., & Nayazik, A. (2018). Developing Mathematics Learning Strategy Module Based on Journal Review. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i2.3110. DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i2.3110

Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.24230

Muftahu, M. (2020). Higher Education and Covid-19 Pandemic: Matters Arising and the Challenges of Sustaining Academic Programs in Developing African Universities. International Journal of Educational Research Review, 5(4), 417–423. https://doi.org/10.24331/ijere.776470. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.776470

Muryaningsih, S. (2021). Media Pembelajaran Berbahan Loose Part Dalam Pembelajaran Eksak Di Mi Kedungwuluh Lor. Khazanah Pendidikan, 15(1), 84. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v15i1.10360

Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-Enhanced Learning And Teaching Methodologies Through Audiovisual Media. Education Sciences, 9(3), 1–13. https://doi.org/10.3390/educsci9030196. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci9030196

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103

Nurfadhillah, S., Tantular, L. D., Syafitri, H. A., Fauzan, M. I., & Haq, A. S. (2021). Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Pembelajaran Jarak Jauh di MI Darussaman. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 267–279. https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1351.

Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430

Octaberlina, L. R., & Muslimin, A. I. (2020). Efl Students Perspective Towards Online Learning Barriers And Alternatives Using Moodle/Google Classroom During Covid-19 Pandemic. International Journal of Higher Education, 9(6), 1–9. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p1. DOI: https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p1

Oktavia, A., & Agustin, H. (2019). Umbul Card: A Traditional Game as Nutrition Education Media among Elementary School Students. International Journal of Educational Research Review, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24331/ijere.646821. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.646821

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404

Pramana, I. P. A., Tegeh, I. M., & Agung, A. A. G. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Kelas VI di SD N 2 Banjar Bali Tahun 2015/2016. Edutech Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7631.

Rahmatika, Yusuf, M., & Agung, L. (2021). The Effectiveness of Youtube as an Online Learning Media. Journal of Education Technology, 3(1), 152–158. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33628

Ramadani, Z., & Oktiningrum, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Minitim Kabar” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–168. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.152-168. DOI: https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.152-168

Rasmitadila, Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the covid-19 pandemic period: A case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109. https://doi.org/10.29333/ejecs/388. DOI: https://doi.org/10.29333/ejecs/388

Ristiyana, A., Sari, P., & Suyanta, S. (2021). Measurement in Educational Research critical thinking skills dan science process skills. 1(1), 26–38. https://doi.org/10.33292/meter.v1i1.108. DOI: https://doi.org/10.33292/meter.v1i1.108

Sababalat, D. F., Purba, L. S. L., & Sormin, E. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Teka- Teki Silang Online Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. EduMatSains, 6(1), 207–218. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2959. DOI: https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2959

Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kebutuhan Multimedia Interaktif Berbasis PowerPoint Materi Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39–48. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Shah, D., Patel, D., Adesara, J., Hingu, P., & Shah, M. (2021). Integrating Machine Learning and Blockchain to Develop a System to Veto the Forgeries and Provide Efficient Results in Education Sector. Visual Computing for Industry, Biomedicine, and Art, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s42492-021-00084-y. DOI: https://doi.org/10.1186/s42492-021-00084-y

Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasratuddin, H. (2018). Improving Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Efficacy through Guided Discovery Learning in Local Culture Context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61–72. https://doi.org/10.12973/iejme/3966. DOI: https://doi.org/10.12973/iejme/3966

Subandi, S., Choirudin, C., Mahmudi, M., Nizaruddin, N., & Hermanita, H. (2018). Building Interactive Communication With Google Classroom. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2.13 Special Issue 13), 460–463. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.13799. DOI: https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.13.18141

Suryani, D. R., & Lestari, N. (2019). Penggunaan Variasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Negeri 2 Merauke. Musamus Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376. DOI: https://doi.org/10.35724/mjme.v1i2.1376

Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal Of Community Service Learning, 4(3), 171–172. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847. DOI: https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019a). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019b). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The Development Of Electrolysis Cell Teaching Material Based On Stem-Pjbl Approach Assisted By Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 309–318. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.25199.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Wyn, N., Asriningsih, N., Sujana, I. W., Ayu, I. G., & Sri, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. 26(2), 260–267. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35626

Yamtinah, Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68. https://doi.org/10.25078/aw.v5i1.1306.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816. DOI: https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Yudha, Pudjawan, & Tegeh. (2017). Pengembangan Video Matembang Sekar Alit Berbasis Model Direct Instruction DI SMP Negeri 5 SINGARAJA. Jurnal Edutech Undiksha, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20198.

Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The Effects Of Blended Learning And Project-Based Learning On Pre-Service Biology Teachers’ Creative Thinking Skills Through Online Learning In The COVID-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706

Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158

Zakaria, P., Nurwan, N., & Silalahi, F. D. (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Segi Empat. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 9(1), 32–39. https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539. DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v9i1.10539

Zakir, S., Maiyana, E., Nur Khomarudin, A., Novita, R., & Deurama, M. (2021). Development of 3D Animation Based Hydrocarbon Learning Media. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012008. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012008

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Supriyani, M. D., Japa, I. G. N., & Margunayasa, I. G. (2021). Tingkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Dengan Media Video Animasi Pembelajaran. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 523–533. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.40974

Issue

Section

Articles