PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PADA SISWA KELAS V SD SEMESTER GENAP GUGUS V DESA BAN KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Putu Noviana Eka Aristana .
  • Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd .
  • I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4099

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis IPA antara siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Mandiri berbantuan Media Gambar dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) sebab tidak semua variabel dan kondisi eksperimen dapat diatur dan dikontrol secara ketat (full randomize). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V semester genap SD Negeri 1, 2 dan 3 Ban tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah populasi 118 siswa. Sampel diambil dengan cara class random sampling dan berjumlah 47 siswa. Data penelitian ini adalah data kemampuan berpikir kritis IPA siswa, yang dikumpulkan dengan tes kemampuan berpikir kritis IPA. Tes kemampuan berpikir kritis IPA berbentuk uraian yang terdiri dari 10 butir tes. Data dianalisis secara deskritif dan pengujian hipotesis menggunakan ANAVA A dengan taraf signifikansi 5%. Uji tindak lanjut dari ANAVA A menggunakan Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi pasangan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis IPA tiap kelompok perlakuan. Hasil analisis ANAVA A menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis IPA yang signifikan antara kelompok siswa yang belajar dengan Model Membelajaran Mandiri dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F=141,675; p<5%). Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis IPA kelompok siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Mandiri ( =0,622 dan SD=0,054) lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional ( =0,464 dan SD=0,055). Kelompok siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Mandiri menunjukkan kemampuan berpikir kritis IPA yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. jadi ada pengaruh positif model pembelajaran mandiri berbatuan media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V SD semester genap gugus V desa Ban kecamatan Kubu kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2013/2014
Kata Kunci : Mandiri, gambar, berpikir kritis.

This study aimed to analyze the differences between the sains critical thinking of student who are learning to self-directed learning model of media images and students who studied with conventional learning model. This type of research is a quasi-experiment because not all of the variables and experiment conditions can be set and strictly controlled (full randomize). The study population is class V SD Negeri 1, 2 and 3 in academic year 2013/2014 which consists of 5 classes with a population of 118 students. Samples were taken by simple group random sampling and totaled 47 students. This research data is the data critical thinking ability of student’s science collected by critical thinking ability of science. Test the critical thinking skills of science shaped description consisting of 10 test items. Data were analyzed by descriptive and hypothesis testing using ANOVA with a significance level of 5%. Test A follow-up of ANOVA using the Least Significant Difference (LSD) to test the comparative value pairs average critical thinking skills of science each treatment group. A ANOVA analysis results show that there are differences in the ability of science to think critically significant between groups of students who study with self-directed learning models and a group of students who are learning with conventional learning model (F = 141.675, p <5%). The average value of the critical thinking skills of students studying science group with self-directed learning models ( =0,622 dan SD=0,054) compared with the group of students who studied with conventional learning models ( =0,464 dan SD=0,055). Group of students who studied with self-directed learning models demonstrate critical thinking skills science higher than the group of students who studied with conventional learning models. So there is a positive effect of self-learning models of rocky media image of the sains critical thinking skills in fifth grade elementary school students semester Ban group V sub-district village in Karangasem regency Kubu 2013/2014 lessons
keyword : self-directed, image, critical thinking

Published

2014-10-23

How to Cite

., P. N. E. A. ., ., D. N. K., & ., I. W. W. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA PADA SISWA KELAS V SD SEMESTER GENAP GUGUS V DESA BAN KECAMATAN KUBU KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4099

Issue

Section

Articles