Media Komik Proklamasi untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD

Authors

  • Anami Puteri Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Ferdiansyah Universitas pgri palembang
  • Murjainah Murjainah Universitas pgri palembang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.41070

Keywords:

comic media, reading comprehension ability

Abstract

Membaca pemahaman merupakan salah satu komponen penting yang harus dikuasai siswa, Hanya saja kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah dan kurangnya media yang mendukung pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni untuk menghasilkan produk berupa media komik proklamasi untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli media, ahli Bahasa, ahli materi, dan 27 siswa kelas V SD. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, validasi penilaian ahli media, bahasa dan materi, lembar respon siswa, lembar tes dengan teknik pretest dan posttest. Data yang diperoleh pada penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan data deskriptif kualitatif berdasarkan wawancara dan observasi kemudian dikuantitatifkan berdasarkan angka-angka yang diperoleh dari skor uji N-Gain guna mengetahui efektivitas media komik untuk kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase hasil analisis ahli media, materi, dan bahasa 81,7% termasuk ke dalam kategori layak. Kemudian, tanggapan siswa sangat baik saat menggunakan komik sebagai media pembelajaran dengan presentase 95%. Hasil N-gain tes siswa termasuk ke dalam kategori peningkatan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan media komik layak digunakan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa.

References

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Andriyani, F., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 341. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19282. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19282

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869.

Ariesta, F. W., & Kusumayati, E. N. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571

Astuti, P. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris melalui Media Komik Berbahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII MTS. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 1–6. https://doi.org/10.21009/PIP.321.1. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.1

Ayu, N. rafika, Arthur, R., & Neolaka, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Konstruksi Bangunan 1. Jurnal PenSil, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.10628. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.10628

Budianto, N., & Fadholi, A. (2020). Memahami Konsep Hermeneutik dalam Pendidikan. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 42–58. https://doi.org/10.36835/au.v2i2.415. DOI: https://doi.org/10.36835/au.v2i2.415

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar atau Komik bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Fitrianita, D., & Ramadhan, S. (2018). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 55–61. https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda

Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860

Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112

Halawa, N. (2020). Kontribusi Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 27. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786. DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278

Mustajab, A., Rahmawati, P., Selestin, Y. D., & Widya, A. F. (2021). Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Model Pembelajaran PQ4R Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 194–202. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.99. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.99

Nella, S. R., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Media Komik pada Mata Pelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 227–237. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.32. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.32

Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives dan Model Guided Reading. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889. DOI: https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–210. http://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Prasetyaningrum, E. Y. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 87. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3696. DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3696

Puspita, R. D., & Rahman. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Berbantuan Pembelajaran Tematik Terpadu Bernuansa Model Interactive-Compensatory. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 198. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.557. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.557

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951. DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951

Putri, D., & Syahrul. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 62. https://doi.org/10.24036/103915-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/103915-019883

Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406

Rosyida, A. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(1), 47–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550293.

Santosa, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 91. https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103. DOI: https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103

Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514. DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514

Satriawan, R., Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 160. https://doi.org/10.24036/108277-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108277-019883

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860. DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860

Suparmi. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1). https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Taufik, T. (2020). Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 5(2), 53–62. https://doi.org/10.35326/pencerah.v5i2.528. DOI: https://doi.org/10.35326/pencerah.v5i2.528

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Puteri, A., Ferdiansyah, M., & Murjainah, M. (2022). Media Komik Proklamasi untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.41070

Issue

Section

Articles