Media Komik Proklamasi untuk Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.41070Keywords:
comic media, reading comprehension abilityAbstract
Membaca pemahaman merupakan salah satu komponen penting yang harus dikuasai siswa, Hanya saja kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah dan kurangnya media yang mendukung pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni untuk menghasilkan produk berupa media komik proklamasi untuk kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni ahli media, ahli Bahasa, ahli materi, dan 27 siswa kelas V SD. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, validasi penilaian ahli media, bahasa dan materi, lembar respon siswa, lembar tes dengan teknik pretest dan posttest. Data yang diperoleh pada penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan data deskriptif kualitatif berdasarkan wawancara dan observasi kemudian dikuantitatifkan berdasarkan angka-angka yang diperoleh dari skor uji N-Gain guna mengetahui efektivitas media komik untuk kemampuan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase hasil analisis ahli media, materi, dan bahasa 81,7% termasuk ke dalam kategori layak. Kemudian, tanggapan siswa sangat baik saat menggunakan komik sebagai media pembelajaran dengan presentase 95%. Hasil N-gain tes siswa termasuk ke dalam kategori peningkatan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan media komik layak digunakan untuk kemampuan membaca pemahaman siswa.
References
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836
Andriyani, F., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Media Komik Berwarna terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 341. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19282. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19282
Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869.
Ariesta, F. W., & Kusumayati, E. N. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Masalah untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1). https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.571
Astuti, P. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris melalui Media Komik Berbahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII MTS. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 1–6. https://doi.org/10.21009/PIP.321.1. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.1
Ayu, N. rafika, Arthur, R., & Neolaka, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Konstruksi Bangunan 1. Jurnal PenSil, 8(1), 40–46. https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.10628. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.10628
Budianto, N., & Fadholi, A. (2020). Memahami Konsep Hermeneutik dalam Pendidikan. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 42–58. https://doi.org/10.36835/au.v2i2.415. DOI: https://doi.org/10.36835/au.v2i2.415
Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar atau Komik bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 42–46. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.537
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Fitrianita, D., & Ramadhan, S. (2018). Korelasi Keterampilan Memahami Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 15 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 55–61. https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/e2gda
Gumilang, M. R., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Model Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 185. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.860
Hakim, M. N. (2021). Studi Tingkat Literasi Membaca Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77–87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112. DOI: https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112
Halawa, N. (2020). Kontribusi Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa : Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 27. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786. DOI: https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786
Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS Di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278
Mustajab, A., Rahmawati, P., Selestin, Y. D., & Widya, A. F. (2021). Perbedaan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Model Pembelajaran PQ4R Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 194–202. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.99. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.99
Nella, S. R., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Media Komik pada Mata Pelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 227–237. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.32. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.32
Nirmala, S. D. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari dalam Membaca Pemahaman Melalui Model Fives dan Model Guided Reading. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889. DOI: https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3889
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–210. http://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prasetyaningrum, E. Y. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 87. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3696. DOI: https://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3696
Puspita, R. D., & Rahman. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Berbantuan Pembelajaran Tematik Terpadu Bernuansa Model Interactive-Compensatory. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 198. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.557. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.557
Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951. DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.951
Putri, D., & Syahrul. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pariaman. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 62. https://doi.org/10.24036/103915-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/103915-019883
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406
Rosyida, A. (2019). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 11(1), 47–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.3550293.
Santosa, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Sikap Bahasa terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(2), 91. https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103. DOI: https://doi.org/10.30659/j.6.2.91-103
Saputra, V. H., & Pasha, D. (2021). Komik Berbasis Scientific sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514. DOI: https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4514
Satriawan, R., Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 9(1), 160. https://doi.org/10.24036/108277-019883. DOI: https://doi.org/10.24036/108277-019883
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156
Suparman, I. W., Eliyanti, M., & Hermawati, E. (2020). Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860. DOI: https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860
Suparmi. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1). https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Taufik, T. (2020). Strategi AMBT untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Interpretatif Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Namlea Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 5(2), 53–62. https://doi.org/10.35326/pencerah.v5i2.528. DOI: https://doi.org/10.35326/pencerah.v5i2.528
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Murjainah Murjainah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)