Pengaruh Strategi Know Want To Know –Learned (KWL) Melalui Cerita Rakyat Terhadap Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2013/2014

Authors

  • Kadek Jati Astiti .
  • Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4123

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman siswa, antara kelompok siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Know-Want to Know-Learned (KWL) melalui cerita rakyat dengan kelompok siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD di gugus VII Sukawati. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukawati tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah nilai keterampilan membaca di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda satu jawaban benar (post test). Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Know-Want to Know-Learned melalui cerita rakyat (KWL) melalui cerita rakyat dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Konvensional (thitung > ttabel ; 5.818 > 2.000). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Know-Want to Know-Learned melalui cerita rakyat (KWL) melalui cerita rakyat berpengaruh signifikan terhadap keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD di gugus VII Sukawati.
Kata Kunci : Bahasa Indonesia , know-want to know-learned, membaca pemahaman.

The objective of this study is to determine the differences of student’s reading comprehension between Group of students which used Know- Want to Know-Learned (KWL) and group of students which used conventional learning of the fifth grade students of SD di gugus VII Sukawati This study was a quasy experiment with the design of the study is a non-Equivalent control group design. The population of this study was conducted to the fifth grade students of SD Gugus VII Sukawati district in academic year 2013/2014. Samples were taken with a random sampling technique. Dates which collected were from the score of reading skill in the experimental class and the control class and collected using a multiple-choice test with one correct answer (post test). Data was analyzed by t-test. The result showed there were significant differences of student’s reading comprehension between students who learned by using Know- Want to Know-Learned (KWL) with students who learned by using conventional learning (tcount > ttabel = 5.818 > 2,000). Thus, we can conclude that know-want to know-learned (KWL)) strategy significantly influence the results of student’s reading comprehension of the fifth grade students of SD Gugus VII Sukawati.
keyword : Indonesian, know-want to know-learned, reading comprehension

Published

2014-10-29

How to Cite

., K. J. A., ., D. I. G. A. O. N. M., & ., D. I. G. A. A. S. A. (2014). Pengaruh Strategi Know Want To Know –Learned (KWL) Melalui Cerita Rakyat Terhadap Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus VII Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2013/2014 . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4123

Issue

Section

Articles