PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SEMESTER GANJIL DI GUGUS V KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Putu Inten Cahaya Dewi .
  • I Komang Sudarma,S.Pd, M.Pd. .
  • I Kadek Suartama, S.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem solvingdengan siswa yang belajar dengan model konvensional pada siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) di Gugus V Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian berjumlah 71 orang dari siswa kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegalalang Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 35 orang dari kelas IV SD Negeri 1 Pupuan sebagai kelompok eksperimen dan 36 orang dari kelas IV SD Negeri 2 Pupuansebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis tipe statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen tergolong tinggi dengan dengan rata-rata M 15,5, (2) hasil belajar matematika siswa kelompok kontrol tergolong sedang dengan rata-rata M 10,44, (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran problrm solving dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV semester I di SD Gugus V Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar (thitung> ttabel, thitung = 6,667 dan ttabel = 2,000).
Kata Kunci : Model Pembelajran problem solving, hasilbelajarMatematika.

This research aims to know the differences of students’ achievement significantlybetween studnents who learn through problem solving learning model with the students who learn through conventional learning model of four grade elementary school at five cluster Tegallalang subdistrict Gianyar regency in academic year 2013/2014. Kind of this research is quasi-experiment. The populations of this research were 71 students from four grade of five cluster in Tegallalang subdistrict Gianyar regency in academic year 2013/2014. Samples of this research were 35 students from four grade students of Negeri 1 Pupuan elementary school as experiment group and 36 students of Negeri 2 Pupuan elementary school as control group. The data of students’ achievement were collected by using multiple choice test. The data obtainedwere analized by using analysis technique descriptive statistic type and inferential statistic that is t-test. The result of this research found that: (1) the result of students’ mathematic learning of experiment group was high with the mean score M 15,5, (2) the result of students’ mathematic learning of control group was moderate with the mean score M 10,44, (3) there was significant difference between students who were taught using problem solving learning model and students’ who were taught using conventional learning model of four grade students in semester I at five cluster of Tegallalang subdistrict Gianyar regency (tcount> ttable, tcount= 6,667 dan ttable= 2,000).
keyword : Problem solving learning model, students’ mathematic achievement.

Published

2014-10-29

How to Cite

., P. I. C. D. ., ., I. K. S. M., & ., I. K. S. S. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SEMESTER GANJIL DI GUGUS V KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4125

Issue

Section

Articles