PENERAPAN MODEL HEURISTIC VEE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 14 DAUH PURI, DENPASAR BARAT

Authors

  • Ni Wayan Astiti .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4126

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Heuristic Vee siswa kelas V SD Negeri 14 Dauh Puri, Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas model Gowin. Subjek penelitian adalah sebanyak 40 orang siswa kelas V SD Negeri 14 Dauh Puri Semester genap Tahun Ajaran 2013/2014. Data penelitian tentang hasil belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Data dianalisis dengan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 60,88 % berada pada kriteria sedang mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 70,38 % tergolong pada kriteria tinggi Tahun Ajaran 2013/2014. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Heuristic Vee dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 14 Dauh Puri, Denpasar Barat.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Heuristic Vee ,hasil belajar

This study aims to find out the improvement of learning result of sains through application of teaching-learning model of Heuristic Vee at the student grade V of elementary school Negeri 14 Dauh Puri, Denpasar Barat in academic year of 2013 / 2014. This study was applied class action research that it has been conducted in two cycles. Research design was class action research by model of Gowin. Subject in this study were the student grade V of elementary school Negeri 14 Dauh Puri even semester in academic year of 2013/2014 by number of samples were 40 students. Research data on learning result was collected by using test method. Data then analyzed with quantitative descriptive. The data analyzed result showed procentage of learning result at first cycle is 60,88% in moderat category, then it experience improvement at second cyle become 70,38% in high category. So. It can ben concluded that teaching-learning model of Heuristic Vee can improve the learning result of sains in the student grade V of elementary school Negeri 14 Dauh Puri, Denpasar Barat in academic year of 2013/2014.
keyword : Learning Model Of Heuristic Vee , Learning Result

Published

2014-10-29

How to Cite

., N. W. A., ., D. I. N. S., & ., D. I. B. S. M. M. (2014). PENERAPAN MODEL HEURISTIC VEE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 14 DAUH PURI, DENPASAR BARAT . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4126

Issue

Section

Articles