Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Purwani Widia Ningsih Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379

Keywords:

Peran Orang tua, Keberhasilan Belajar

Abstract

Keberhasilan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor lingkungan keluarga yaitu orang tua. Peran orang tua sangat penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap keberhasilan belajar siswa dan mengetahui keberhasilan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan orang tua berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mereduksi data, peragaan data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan orang tua sudah menjalankan perannya dalam keberhasilan belajar siswa. Terlihat dari hasil wawancara kebanyakan dari orang tua membantu mengerjakan tugas sekolah, menjelaskan pelajaran, memberikan fasilitas untuk kebutuhan belajar. Dari hasil angket respon orang tua berdasarkan indikator peran orang tua menunjukan positif sangat setuju dan setuju rata-rata sekitar 80% orang tua menjalankan peran nya sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator. Keberhasilan belajar siswa dilihat dari nilai   ulangan dan tugas rata-rata siswa sudah mencapai kkm.

References

Adhimah, S. (2020). Peran orang tua. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 57–62. https://doi.org/10.30762/f. DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31618

Alexander, C., Wyatt-Smith, C., & Du Plessis, A. (2020). The role of motivations and perceptions on the retention of inservice teachers. Teaching and Teacher Education, 96, 103186. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103186

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170

Badria, I. L., Fajarianingtyas, D. A., & Wati, H. D. (2018). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ipa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 19–27. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.33. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.33

Badruttamam, C. A. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar terhadap Peserta Didik. JURNAL CENDEKIA, 10(02), 123–132. https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.66. DOI: https://doi.org/10.37850/cendekia.v10i02.66

Bilik, Ö., Kankaya, E. A., & Deveci, Z. (2020). Effects of web-based concept mapping education on students’ concept mapping and critical thinking skills: A double blind, randomized, controlled study. Nurse Education Today, 86, 104312. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.104312. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2019.104312

Eliyawati, R., & Meiyuntariningsih, T. (2018). Peran orang tua terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 01(02), 2–4. https://doi.org/10.30996/abdikarya.v1i2.2071.

Fathan, F., W. DJ. Pomalato, S., & Kadir Husain, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. PEDAGOGIKA, 10(1), 34–43. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i1.101. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i1.101

Fitroturrohmah, M., Purwadi, & Azizah, M. (2019). Hubungan Peran Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sdn Kedung 01 Jepara. Journal of Primary and Children’s Education 2, 2(2), 25–30. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta.

Imelda, & Tulak, T. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Elementary Journal, 4(1), 64–70. http://www.journals.ukitoraja.ac.id/index.php/ej/article/view/1265.

Kuppens, S., & Ceulemans, E. (2019). Parenting Styles: A Closer Look at a Well-Known Concept. Journal of Child and Family Studies, 28(1), 168–181. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1242-x. DOI: https://doi.org/10.1007/s10826-018-1242-x

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Mahaji Putri, R., & Widiani, E. (2018). Hubungan Peran Orang Tua dengan Hasil Belajar Anak di SDN Tunggulwulung 3 Malang. Nursing News, 3(3), 695–702. https://doi.org/10.33366/nn.v3i3.1379.

Mahfudi, H. N. (2020). Hubungan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN Legokulon 2. Education and Learning of Elementary School, 1(1), 1–9. http://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/177.

Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741

Miranti, I., & Dwiastuty, N. (2017). Peran Serta Orang Tua Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 119–124.

Nasional, P. S., Pascasarjana, P., & Pgri, U. (2017). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(3), 52–57. https://doi.org/10.15294/ijgc.v5i4.13520.

Nguyễn, T. M. T., & Nguyễn, T. T. L. (2017). Influence of explicit higher-order thinking skills instruction on students’ learning of linguistics. Thinking Skills and Creativity, 26, 113–127. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.10.004

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Nur, A. S. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89 – 96. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.2

Pucangan, K. dkk. (2017). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11007.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120. https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.338

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Putu, N., Sp, S., Japa, I. G. N., & Arini, N. W. (2016). Hubungan Antara Prestasi Belajar dan Peranan Orang Tua Serta Interaksi Teman Sebaya Mata Pelajaran PKN. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7465.

Rahmawati, F., Sudarma, I. K., & Sulastri, M. (2014). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa SD Kelas IV Semester Genap di Kecamatan Melaya-Jembrana. Jurnal: Mimbar PGSD Undiksha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2444.

Rambe, N. M. (2019). Peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. 3, 930–934.

Ratna Ningrum, W. (2018). Pengaruh Peranan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri (Sdn) Di Kecamatan Bogor Barat. Jurnal Pendidikan, 17(2), 129–137. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.273.2016. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.273.2016

Sri, Rika, W. (2017). Peran Orangtua Terhadap Prestasi Siswa Kelas 5 Di Sd Al-Azhar Syifabudi Pekanbaru. Journal Endurance, 2(1), 6–12. https://doi.org/10.22216/jen.v1i3.1526. DOI: https://doi.org/10.22216/jen.v2i1.1526

Strouse, G. A., Nyhout, A., & Ganea, P. A. (2018). The role of book features in young children’s transfer of information from picture books to real-world contexts. Frontiers in Psychology, 9(FEB), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00050. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00050

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Theresia, S., Sipayung, R., & Simarmata, E. J. (2020). Pengaruh Peran Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Kelas VA SD Agia Sophia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 407–412. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526

Yulianingsih, W., Suhanadji, Nugroho, R., & Mustakim. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Downloads

Published

2021-11-21

How to Cite

Widia Ningsih, P., & Dafit, F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.41379

Issue

Section

Articles