PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD GUGUS XI KEC. BULELENG, KAB. BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • Ni Made Putri Sulistiantini .
  • Drs. I Ketut Dibia,S.Pd, M.Pd .
  • I Wayan Widiana, S.Pd., M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang belajar dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaraan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain post test only group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD segugus XI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel ditentukan dengan teknik cluster sampling dan diperolah SD No. 3 Kampung Anyar sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 orang siswa dan SD No. 1 Kampung Bugis sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 23 orang siswa. Data hasil keterampilan membaca pemahaman siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai hasil keterampilan membaca pemahaman antara siswa yang belajar dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaraan konvensional. Hasil analisisnya menunjukkan t hitung = 6,45 dan t tabel = 2,02 untuk db = n1 + n2 = 20 + 23 = 43 dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, karena t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) berpengaruh terhadap hasil keterampilan membaca pemahaman.
Kata Kunci : model pembelajaran CIRC, keterampilan membaca pemahaman

This study aims to determine the differenced of reading skills comprehension.between wich student by used CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) method and student wich studied by used convensional learning. This research as an actual (quasi experimental) with the design of post-test only control group design. The population of research is elementary school of five grade the Buleleng District in the academic year 2013/2014. The sample used by cluster sampling technique and geted by elementary school of number three of Kampung Anyar as experiment groups has amounts to twenty students from elementary number one of Kampung Bugis as a control group has twenty three of students. The proceeds of reading control the student together by use the easy test. The data to be analyzed used by technique statistics of descriptive and inferential statistics (t-test). The pruits of research to be find the significant different about CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) method and student use learning by convensional. That analyzed have pattern of tarithematic = 6,45 and ttable = 2,02 for db = n1 + n2 = 20 +23 = 43 by significant 5%. By according examine cratiria, because tarithematic > ttable so H0 refused and Ha accived. In this case CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) method has an influence toward the result of reading skills comprehension.
keyword : CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) method, reading skills comprehension

Published

2014-10-31

How to Cite

., N. M. P. S., ., D. I. K. D. M., & ., I. W. W. S. M. (2014). PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SD GUGUS XI KEC. BULELENG, KAB. BULELENG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4142

Issue

Section

Articles