Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42804Keywords:
Penilaian Ranah Sikap, Kurikulum 2013, Sekolah DasarAbstract
Penilaian ranah sikap masih belum optimal pada pelaksanaanya karena kurangnya sosialisasi tentang pemahaman penilaian sikap, kurangnya buku penunjang atau pedoman guru dalam penilaian sikap, dan minimnya pemahaman guru atas penilaian sikap. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses guru dalam melakukan penilaian sikap sesuai dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yakni 1 orang guru pendidikan agama islam. Pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara deskritptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, dan yang terakhir yakni menarik simpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perencanaan penilaian sikap, guru sudah menyusun rencana penilaian ke dalam indikator pembelajaran silabus dan RPP guru yang meliputi aspek-aspek penilaian, seperti teknik dalam menilai sikap, dan cara dalam membuat instrumen penilaian. Pada pelaksanaan penilaian sikap pengimplementasiannya belum sesuai dengan perencanaan penilaian yang telah disusun sebelumnya. Kendala dalam penilaian sikap terbagi menjadi 2 hal pokok seperti teknis dan nonteknis. Kendala teknis yang terjadi yaitu kemampuan guru dalam mengoperasikan aplikasi penilaian, sedangkan kendala nonteknis yakni pemahaman guru terhadap penilaian sikap itu sendiri. Upaya dalam mengatasi hambatan penilaian sikap yaitu guru harus melakukan tindak lanjut secara tepat dan terus mengevaluasi perkembangan sikap peserta didik secara berkala.
References
Amaliyah, Hakam, A., & Nurpratiwi, S. (2021). Model Penilaian Sikap Sosial Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah melalui Pendekatan Survey Karakter dan Media Digital. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 5(2). https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i2.696.
Ambarsari, R. Y., & Santoso, A. B. (2020). Problematika Guru dalam Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Bulukerto Wonogiri. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 7(2), 50–59. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/1016.
Arwen, D. (2021). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Journal of Education and Instruction, 4(1). https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3084. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v4i2.3084
Astutik, D., Yuhastina, Y., Ghufronudin, G., & Parahita, B. N. (2022). Guru dan Proses Pendidikan dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(1), 46–54. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p46-54. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p46-54
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Betwan. (2019). Pentingnya Evaluasi Afektif pada Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 45–60. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/4015/2845. DOI: https://doi.org/10.30659/jspi.v2i1.4015
Biringan, J. (2021). Internalisasi Nilai melalui Pendidikan Informal dalam Prospek Perubahan Sosial. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 34. https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2371. DOI: https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2371
Calista, W. (2019). Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik Tema Sumber Energi Kelas III di MI Negeri 1 Yogyakarta. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 196–203. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.450. DOI: https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.450
Fadli, M. Z., & Hidayati, R. N. (2020). Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Aplikasi Whatsapp Group. Journal of Islamic Education Policy, 5(2). https://doi.org/10.30984/jiep.v5i2.1351. DOI: https://doi.org/10.30984/jiep.v5i2.1351
Hairida, H. (2018). Penilaian Sikap Siswa dalam Pembelajaran Kimia melalui Teknik Self Assessment dan Peer Assessment. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 9(2), 37. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25832. DOI: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.25832
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445. DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445
In’Ratnasari, K., Dyah Permatasari, Y., & Sholihah, M. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Sosial dalam Bermasyarakat. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 153–161. https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.422. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i2.422
Ismail, S. I., Saepulmillah, A., Ruswandi, U. A., & Samsul, B. (2020). Analisis Kritik terhadap Pelaksanaan Pembelajaran PAI di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2). https://doi.org/10.22236/jpi.v11i2.5901.
Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264
Kunaini, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Tematik di Madrasah. Jurnal Pedagogik, 04(2), 146–149. https://doi.org/10.33650/pjp.v4i2.15.
Kuntoro, B. T., & Wardani, N. S. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran Tematik Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(2), 163–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.3752471
Kusaeri, K. (2019). Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 61. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588
Kusnadi, D., Fattah, N., Husaini, A., & Ruhenda, R. (2018). Efektivitas Implementasi Kebijakan Penilaian Autentik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 20. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1348. DOI: https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1348
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.22276
Magdalena, I., Hidayah, A., & Safitri, T. (2021). Analisis Kemampuan Peserta Didik pada Ranah Kognitif, Afektif, Psikomotorik Siswa Kelas II B SDN Kunciran 5 Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 48–62. https://doi.org/10.36088/nusantara.v3i1.1167.
Muna, M. K., & Subekti, M. Y. A. (2020). Tujuan Pendidikan Islam dalam Al Qur’an. Journal Piwulang, 2(2), 167. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.376. DOI: https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i2.376
Mustafa, P. S., & Masgumelar, N. K. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 31–49. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093. DOI: https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1093
Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819
Musya’Adah, U. (2019). Peran Penting Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 9–27. https://doi.org/10.31538/aulada.v2i1.556.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Berorientasi pada Berpikir Tingkat Tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Nurjannah, A. (2019). Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Pertama. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 33–42. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.40. DOI: https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.40
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Rahmawati, A. N. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227
Razak, A. A., Jannah, F., & Saleh, K. (2019). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Perilaku Siswa di SMK Kesehatan Samarinda. Borneo Journal of Islamic Studies, 1(2). https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v1i2.1582. DOI: https://doi.org/10.21093/el-buhuth.v1i2.1582
Rosyad, A. M. (2019). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 12(2), 159–177. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/955.
Saftari, M., & Fajriah, N. (2019). Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164. DOI: https://doi.org/10.35438/e.v7i1.164
Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Journal Evaluasi, 2(1), 274. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79. DOI: https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79
Satria, I. (2018). Penilaian Sikap Afektif sebagai Alternatif dalam Penilaian Mata Pelajaran Ilmu Sosial. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1), 55. https://doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1180. DOI: https://doi.org/10.29300/attalim.v17i1.1180
Setiawan, D. A. (2018). Penilaian Authentik Assesment Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 94. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2203. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2203
Setyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 369. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632. DOI: https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632
Solehat, T. L., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2270–2277. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1202. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1202
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajr. PT Remaja Rosdakarya.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sunarso, A. (2020). Revitalisasi Pendidikan Karakter melalui Internalisasi Pendidikan Agama Islam (PAI) Dan Budaya Religius. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2). https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23609.
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206. DOI: https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Taufiqurrahman, T., Heryandi, M. T., & Junaidi, J. (2018). Pengembangan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.74. DOI: https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.74
Tausih, T. U., & Marno, M. (2021). Pelaksanaan Penilaian Ranah Afektif Menggunakan Google Form di Era New Normal. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.12270. DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v7i2.12270
Ulfa, I. R. (2019). Implementasi Instrumen Penilaian Sikap di SDN Gunungsaren Bantul. JURNAL PALAPA, 7(2), 251–266. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.357. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.357
Umami, M. (2018). Penilaian Autentik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 222–232. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2259
Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.5858. DOI: https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.5858
Waizah, N., & Herwani, H. (2021). Penilaian Pengetahuan Tertulis dalam Kurikulum 2013. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 207–228. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.54. DOI: https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.54
Wildan. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 147. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/tatsqif/article/view/3. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v15i2.3
Wulandari, A., & Radia, E. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Tanggung Jawab Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32979
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Raja Hulan Dari Ramadhani, Zaka Hadikusuma Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)