Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.42882Keywords:
peran orangtua, peran guru, belajarAbstract
Pelaksanaan pembelajaran daring membutuhkan dukungan serta dorongan dari berbagai pihak seperti guru dan orang tua. Hanya saja tidak semua guru dan orang tua mampu menjalankan perannya dengan baik dalam proses pembelajaran daring. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui peran orang tua dan guru dalam pendampingan belajar di rumah bagi siswa kelas IV dan V sekolah dasar terdampak covid-19. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian yakni 20 siswa kelas IV dan V, 10 orang tua siswa, dan 2 orang guru. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan instrumen penelitian berupa pedoman observasi peran orang tua dan guru dalam pembelajaran daring. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang kemudian didukung oleh hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pendampingan belajar di rumah untuk murid kelas IV dan V sekolah dasar terdampak Covid-19 sudah dilaksanakan dengan baik hanya saja masih belum maksimal, yakni orang tua memiliki peran sebagai fasilator, pengawas, serta berperan dalam mendampingi dan mengontrol proses belajar siswa. Hanya saja tidak semua orang tua mampu menjalankan perannya dengan baik, karena kurangnya kemampuan orang tua dalam memahami materi ajar serta adanya kewajibannya orang tua untuk bekerja.
References
Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 43. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803
Alfiani, W. F., & Wirdanengsih, W. (2021). Fungsi Pendampingan Keluarga Petani dalam Belajar Daring di Rumah Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif, 4(4), 689. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i4.498. DOI: https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i4.498
Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua sebagai Fasilitator Anak dalam Proses Pembelajaran Online di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941
Batoebara, M. U., & Hasugian, B. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Komunikasi Pembelajaran Daring. Warta Dharmawangsa, 15(1), 166–176. https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1058. DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v15i1.1058
Betty, K., Kuncoro, K. S., Arigiyati, T. A., & Trisniawati. (2020). Pendampingan Orang tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.4.2.a2607
Ding, J., Hermawati, D., & Subakti, H. (2020). Analisis Media Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 pada Kelas III SD Negeri 027 Samarinda Ulu. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 01(02), 16–23. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/sjp/article/view/639.
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Fimala, Y., S, N., & Murni, I. (2021). Peran Orang Tua dan Guru dalam Memotivasi Peserta Didik Sekolah Dasar di Masa Pandemi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 44. https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005. DOI: https://doi.org/10.29210/02927jpgi0005
Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.
Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada PAUD. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.47400/jiees.v1i1.8
Hasibuan, A. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Peningkatan Kinerja Guru dalam Upaya Pencapaian Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(02), 149–159. https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.23. DOI: https://doi.org/10.36670/alamin.v2i02.23
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo. Jurnal Tasyri’, 27(1), 23–32. http://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/tasyri/article/view/3552. DOI: https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i2.97
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.
Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Rumah selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256. DOI: https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256
Juniarti, I. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Budi Pekerti Anak di Lingkungan Masyarakat Sekitar Lokalisasi Slarang. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(7). https://doi.org/10.31604/jips.v8i7.2021.2295-2309.
Khasanah, K., Nasan, E., & Jus’aini, J. (2021). Efektifitas Media Whatsapp Group dalam Pembelajaran Daring. Akademika, 10(01), 47–75. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1339. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1339
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504 DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa selama Pembelajaran Daring sebagai Dampak Covid-19 di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1). https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927. DOI: https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927
Laune, S. M., Arbie, A., & Nuayi, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 724. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6194. DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6194
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4
Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. Journal of Education and Instruction, 3(2). https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726.
Mustika, D. (2021). Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105. DOI: https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105
Na’im, Z., Ahsani, F., & Luthfi, E. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726
Prihatin. (2021). Peran Orang Tua dan Kendala yang Dihadapi dalam Pembelajaran di Rumah (Daring) Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 146–154. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1882/597. DOI: https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1882
Puji, A. C., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Peran Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar. Premiere : Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11–30. https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84. DOI: https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.84
Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola Interaksi Anak dan Orang Tua selama Kebijakan Pembelajaran di Rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124–140. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12. DOI: https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.12
Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259. DOI: https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259
Rahmaniati, R., Mariani, N., & Usop, D. S. (2021). Peran Orang Tua dalam Mendampingi Peserta Didik Belajar di Masa Pandemi Covid-19 pada SD Islam Nurul Ihsan Palangkaraya. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 109. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5964. DOI: https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5964
Rasidi, M. A., Hikmatullah, N., & Sobry, M. (2021). Hambatan Guru dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Kelas V MIN 2 Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 159. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.159-174
Saputri, E. M. (2022). Analisis Peran Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 21. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11196. DOI: https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i1.11196
Saragih, A. A. (2019). Peran Orang Tua terhadap Kemandirian Anak pada Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1986
Setiawan, A. R., & Ilmiyah, S. (2020). Lembar Kegiatan Siswa untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). 2(1), 28–36. https://doi.org/10.35542/osf.io/h4632. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80
Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946. DOI: https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v6i2.3946
Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
Suprihatin, A. (2020). Efektifitas Pendampingan Belajar Anak dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Orang Tua saat Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Golden Age, 4(1), 1. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/3955/2267.
Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja: Jurnal Agama Hindu, 24(1), 107. https://doi.org/10.25078/pkj.v24i1.2185. DOI: https://doi.org/10.25078/pkj.v24i1.2185
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Zahro, F., Indah, Malikah, N., & Malikah, L. N. (2022). Peran dan Inovasi Orang Tua Murid Sekolah Dasar dalam Layanan Belajar Daring pada Masa Pandemi. Attanwir : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 13(1), 27–43. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i1.153. DOI: https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i1.153
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Widya Tri Susanti, Siti Quratul Ain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)