Evaluasi Program Gerakan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar

Authors

  • Yanti Hartini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Seni Apriliya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Erwin Rahayu Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia, Tasikmalaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.42891

Keywords:

Gerakan Literasi Baca Tulis, CIPP, Evaluasi

Abstract

Rendahnya kemampuan literasi menyebabkan minat baca kurang di kalangan siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan program Literasi Baca Tulis, faktor pendukung dan faktor penghambat serta masukan untuk perbaikan program. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi CIPP dalam menganalisis program Literasi Baca Tulis. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 Kepala Sekolah, 1 Kepala Perpustakaan, 6 Guru Kelas dan 5 Pengelola perpustakaan dari perwakilan orang tua di sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dengan instrument penelitian berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa Contex tujuan program tercapai sesuai rencana dan selaras dengan visi misi sekolah, sedangkan Input sarana prasarana sudah memadai namun kemampuan pendidik belum bisa memanfaatkannya dengan baik. Pada komponen Process, program dilaksanakan sudah sesuai rencana, dan pada komponen Product luaran/output yang diharapkan belum tercapai secara maksimal. Faktor pendukung program adalah antusias kerjasama guru dan orang tua serta dukungan tenaga dan materi dari alumni, sedangkan faktor penghambat adalah kompetensi pendidik serta kemampuan memanfaatkan fasilitas yang tersedia untuk menciptakan ekosistem kaya literasi masih kurang sehingga siswa kurang termotivasi dalam kegiatan literasi.

Author Biographies

Yanti Hartini, Universitas Pendidikan Indonesia

SEKOLAH PASCASARJANA PGSD KAMPUS TASIKMALAYA

Seni Apriliya, Universitas Pendidikan Indonesia

Sekolah Pascasarjana PGSD Kampus Tasikmalaya

Erwin Rahayu Saputra, Universitas Pendidikan Indonesia

Sekolah Pascasarjana PGSD Kampus Tasikmalaya

References

Adellia, Y., & Prajawinanti, A. (2021). Implementasi model evaluasi cipp pada pelaksanaan program kelompok belajar TBM Leshutama era pandemi covid-19. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 14. https://doi.org/10.18592/pk.v9i2.5516.

Agustina, N. Q., & Mukhtaruddin, F. (2019). The Cipp Model-Based Evaluation on Integrated English Learning (IEL) Program at Language Center. English Language Teaching Educational Journal, 2(1), 22. https://doi.org/10.12928/eltej.v2i1.1043.

Basaran, M., Dursun, B., Gur Dortok, H. D., & Yilmaz, G. (2021). Evaluation of Preschool Education Program According to CIPP Model. Pedagogical Research, 6(2). https://doi.org/10.29333/pr/9701.

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75–82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109.

Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796.

Çetinkaya, F. Ç., Ateş, S., & Yıldırım, K. (2019). Effects of Interactive Book Reading Activities on Improvement of Elementary School Students’; Reading Skills. International Journal of Progressive Education, 15(3), 180–193. https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.193.13.

Destrianto, K., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen 04 Eben Haezer. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 133–139. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/3505.

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685.

Fadhli, R. (2021). Implementasi kompetensi pembelajaran sepanjang hayat melalui program literasi di perpustakaan sekolah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 19. https://doi.org/10.24198/jkip.v9i1.27000.

Grysko, R. A., & Zygouris‐Coe, V. (Vicky) I. (2020). Supporting Disciplinary Literacy and Science Learning in Grades 3–5. The Reading Teacher, 73(4), 485–499. https://doi.org/10.1002/trtr.1860.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774.

Howard, C., Adams-Budde, M., Lambert, C., & Myers, J. (2021). Engaging Literacy Experiences in History Classrooms: A Multiple Case Study of Novice Teachers’ Beliefs and Practices. Literacy Research and Instruction, 60(1), 36–55. https://doi.org/10.1080/19388071.2020.1779878.

Ikhwanun, M., & Hayudinna, H. G. (2021). Gerakan Literasi Sekolah: Upaya Meningkatkan Literasi Dasar Siswa. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 87–97. https://doi.org/10.28918/ijiee.v1i1.3919.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842.

Ippolito, J., Swan Dagen, A., & Bean, R. M. (2021). Elementary Literacy Coaching in 2021: What We Know and What We Wonder. The Reading Teacher, 75(2), 179–187. https://doi.org/10.1002/trtr.2046.

Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2019). Penerapan Model Evaluasi Cipp Dalam Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10–25. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622.

Khusna, S., Mufridah, L., Sakinah, N., & Annur, A. F. (2022). Gerakan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.35878/guru.v2i2.454.

Kim, J. S., Relyea, J. E., Burkhauser, M. A., Scherer, E., & Rich, P. (2021). Improving Elementary Grade Students’ Science and Social Studies Vocabulary Knowledge Depth, Reading Comprehension, and Argumentative Writing: a Conceptual Replication. Educational Psychology Review, 33(4), 1935–1964. https://doi.org/10.1007/s10648-021-09609-6.

Laksita, A., & Mawardi, M. (2022). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3906.

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200.

Livingston, S. (2021). Academic Literacy for Deaf Postsecondary Students through Integrated Reading and Writing Instruction. English Language Teaching, 14(6), 1. https://doi.org/10.5539/elt.v14n6p1.

Magdalena, I., Rosnaningsih, A., Akbar, M., & Situmorang, R. (2019). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Wilayah Kota Dan Kabupaten Tangerang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1). https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.1768.

Mahfudh, M. R., & Imron, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SMA Negeri 1 Kota Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 16–30. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1138.

Majorano, M., Bastianello, T., Bodea-Hategan, C., Fantuzzi, P., Fontana, G., Hoste, E., Lombardi, M., Standaert, A., Talas, D., Trifu, R., Vescogni, L., & Persici, V. (2021). Early Literacy Skills and Later Reading and Writing Performance Across Countries: The Effects of Orthographic Consistency and Preschool Curriculum. Child & Youth Care Forum, 50(6), 1063–1085. https://doi.org/10.1007/s10566-021-09611-7.

Malik, M. S., & Maemunah, M. (2020). Kemampuan Literasi Baca Tulis Anak Usia Dasar (Studi Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 7-12 Tahun di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Tajungsari Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati). JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(2), 195–214. https://doi.org/10.19109/jip.v6i2.5754.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1707.

Mohmmed, A. O., Khidhir, B. A., Nazeer, A., & Vijayan, V. J. (2020). Emergency remote teaching during Coronavirus pandemic: the current trend and future directive at Middle East College Oman. Innovative Infrastructure Solutions, 5(3), 72. https://doi.org/10.1007/s41062-020-00326-7.

Mustangin, M., Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.38821.

Noviansah, A. (2020). Gerakan Literasi Sekolah dan Penguatan Pendidikan Karakter Terhadap Perumusan Materi Pokok Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1009.

Nuangchalerm, P., & Intasena, A. (2022). Problems and Needs in Instructing Literacy and Fluency of Reading and Writing Skills of Thai L1 Young Learners. Journal of Education and Learning, 11(2), 63. https://doi.org/10.5539/jel.v11n2p63.

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206.

Parsons, A. W., Parsons, S. A., Dodman, S. L., Nuland, L. R., Pierczynski, M., & Ramirez, E. M. (2019). Longitudinal literacy professional development in an urban elementary charter school. The Journal of Educational Research, 112(4), 447–462. https://doi.org/10.1080/00220671.2018.1552915.

Pereira, Í. S. P., & Riaño, X. A. G. (2018). Elementary students’ perspectives on a curriculum for literacy education. Research Papers in Education, 33(1), 89–112. https://doi.org/10.1080/02671522.2016.1270999.

Primasari, Y., Sari, H. P., & Fauzi, A. (2021). Pengembangan Literasi Sekolah melalui Pelatihan Menulis Cerita. Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 158–166. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i4.1259.

Rumberger, A. (2019). The elementary school library: Tensions between access and censorship. Contemporary Issues in Early Childhood, 20(4), 409–421. https://doi.org/10.1177/1463949119888491.

Setyanta, Y. B. (2020). Literasi Sekolah: Tantangan Dan Strategi Pelaksanaan. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 2(2), 105–118. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i2.30.

Sinclair, J., Jang, E. E., & Vincett, M. (2019). Investigating Linguistically Diverse Adolescents’ Literacy Trajectories Using Latent Transition Modeling. Reading Research Quarterly, 54(1), 81–107. https://doi.org/10.1002/rrq.220.

Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453.

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca Di Sekolah Dasar Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 48. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p48-58.

Supriyati, Y., & Muqorobin, M. (2021). Mixed Model Cipp Dan Kickpatrick Sebagai Pendekatan Evaluasi Program Pengembangan Kompetensi Guru Berbasis Kebutuhan Peningkatan Kemampuan Asessement Literasi-Numerasi (Cilapp Model Dalam Evaluasi Program). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1). https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1733.

Taylor, L., & Clarke, P. (2021). We read, we write: reconsidering reading–writing relationships in primary school children. Literacy, 55(1), 14–24. https://doi.org/10.1111/lit.12235.

Thomson, K. C., Oberle, E., Gadermann, A. M., Guhn, M., Rowcliffe, P., & Schonert-Reichl, K. A. (2018). Measuring social-emotional development in middle childhood: The Middle Years Development Instrument. Journal of Applied Developmental Psychology, 55, 107–118. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2017.03.005.

Tortorelli, L. S., Gerde, H. K., Rohloff, R., & Bingham, G. E. (2022). Ready, Set, Write: Early Learning Standards for Writing in the Common Core Era. Reading Research Quarterly, 57(2), 729–752. https://doi.org/10.1002/rrq.436.

Trianggoro, I. R. W., & Koeswanti, H. D. (2021). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355–362. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40629.

Turmuzi, M., Ratnaya, I. G., Al Idrus, S. W., Paraniti, A. A. I., & Nugraha, I. N. B. S. (2022). Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Jurnal Basicedu, 6(4), 7220–7232. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3428.

Vaknin-Nusbaum, V., Nevo, E., Brande, S., & Gambrell, L. (2020). Reading and Writing Motivation of Third to Sixth Graders. Reading Psychology, 41(1), 44–70. https://doi.org/10.1080/02702711.2019.1674435.

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.134.

Young, H. D., & Bowers, L. M. (2018). Coordination of literacy efforts between literacy professionals and speech-language pathologists: Are we on the same team? Literacy Research and Instruction, 57(4), 285–305. https://doi.org/10.1080/19388071.2018.1465146.

Yulianti, K., Denessen, E., Droop, M., & Veerman, G.-J. (2022). School efforts to promote parental involvement: the contributions of school leaders and teachers. Educational Studies, 48(1), 98–113. https://doi.org/10.1080/03055698.2020.1740978.

Downloads

Published

2023-02-11

How to Cite

Hartini, Y., Apriliya, S., Saputra, E. R., & Mulyadi, S. (2023). Evaluasi Program Gerakan Literasi Baca Tulis Di Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 110–120. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.42891

Issue

Section

Articles