Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934Keywords:
Buku Ajar, Literasi Siswa KidalAbstract
Belum adanya buku ajar sesuai dengan karakteristik anak kidal. Pada saat anak kidal menggunakan buku konvensional, anak kidal merasa kurang nyaman dalam membuka buku konvensional menggunakan tangan kirinya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan buku ajar berbasis Problem Based Learning dan pengaruhnya terhadap kemampuan literasi siswa kidal kelas IV SD. Jenis penelitian merupaka penelitian pengembangan menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap penilaian kebutuhan/analisis kebutuhan, tahap desain, serta tahap pengembangan dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah ahli isi, desain, dan media pembelajaran serta 15 siswa kidal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, dan statistik deskriptif. Diperoleh bahwa hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 96,43%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 97,9%, uji ahli media pembelajaran sebesar 97,5%, uji coba perorangan sebesar 95,83%, uji coba kelompok kecil sebesar 95,42%, dan uji coba lapangan sebesar 94,67% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Sedangkan hasil uji efektivitas dengan tes literasi diperoleh bahwa tes 1 memiliki rata-rata 68,1 yang dikategorikan sedang, tes 2 memiliki rata-rata 84,63 yang dikategorikan tinggi dan tes 3 memiliki rata-rata 92,78 yang dikategorikan sangat tinggi. Oleh karena itu buku ajar ini layak digunakan dan kemampuan literasi siswa kidal saat menggunakan buku ajar yang digubah sesuai dengan karakteristiknya ini semakin meningkat. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kenyamanan bagi siswa kidal dalam menggunakan buku ajar dan memotivasi guru untuk memperhatikan keberagaman karakteristik yang dimiliki oleh siswa salah satunya adalah siswa kidal.
References
Abdulqodir, A., Sriwarno, A. B., & Isdianto, B. (2014). Kemampuan Adaptasi Orang Kidal terhadap Lingkungan Non Kidal dalam Aktivitas Menulis dan Menggambar (Studi Kasus: Mahasiswa/i FSRD-ITB). ITB Journal of Visual Art and Design, 6(1), 43–57. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2014.6.1.5. DOI: https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2014.6.1.5
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Albab, U., Purnamasari, H., & Isman, S. (2021). Pengaruh Media Aplikasi Paket Tracer Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Admnistrasi Infrastruktur Jaringan Siswa Kelas Xi Tkj Di Smkn 2 Bangkalan. Jurnal Teladan, 6(2), 85–94. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/269.
Aprilia, W., Apreasta, L., & Prasetyo, D. E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084
Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119. DOI: https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119
Arifrahara, G. (2021). Analisis Penggunaan Tipografi Spasial Sans Serif Dalam Ruang Publik Taman Tematik Kota Bandung. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 92–104. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.3804. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.3804
Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X Sma. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16
Bock, A., Modabber, A., Kniha, K., Lemos, M., Rafai, N., & Hölzle, F. (2018). Blended learning modules for lectures on oral and maxillofacial surgery. British Journal of Oral and Maxillofacial Surgery, 56(10), 956–961. https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2018.10.281. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bjoms.2018.10.281
Budianingsih, T. (2017). Peran Neurolinguistik dalam Pengajaran Bahasa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3(2), 137. https://doi.org/10.36722/sh.v3i2.203. DOI: https://doi.org/10.36722/sh.v3i2.203
Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish Publisher.
Damayanti, D. (2018). Layanan Informasi dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sex Education Siswa. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 7(1), 37–44. https://doi.org/10.15294/IJGC.V8I1.22056. DOI: https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.22056
Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469–478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680
Drani, A. (2013). Gangguan Berbahasa Afasia Motorik Pada Penderita Gangguan Tumor Kepala Pada Usia Dewasa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.18266.
Effendi, R., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1814–1819. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.640. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.640
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Faradiba, F. (2020). Analisis Data Berkala. Universitas Kristen Indonesia.
Firman, Baedhowi, & Murtini, W. (2018). The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 86–91. https://doi.org/10.15294/ijal.v3i2.13003.
Fuadaturahmah. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Penggunaan Media Berbasis Komputer ( Cd Movie Dan Flash) terhadap Kreativitas Siswa MA Kelas XI pada Pokok Bahasan Koloid. Jurnal ANSIRU PAI, 2(2), 131–144. https://doi.org/10.30821/ansiru.v2i2.2033. DOI: https://doi.org/10.30821/ansiru.v2i2.2033
Hawkyard, R., Dempsey, I., & Arthur-Kelly, M. (2014). The handwriting experiences of left-handed primary school students in a digital age: Australian data and critique. Australian Journal of Education, 58(2), 123–138. https://doi.org/10.1177/0004944114530062. DOI: https://doi.org/10.1177/0004944114530062
Helendra, & Sar, D. R. (2021). Pengembangan Instrumen Asesmen Berbasis Literasi Sains Tentang Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i1.34270. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.29860
Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113–124. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359
Iriani, D. (2014). 101 Kesalahan Dalam Mendidik Anak (1st ed.). PT Elex Media Komputindo.
Iza, N., & Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan Berbasis Hasil Penelitian Regenerasi Sirip Kaudal Ikan Gatul (Poecilia sp.). Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1. https://doi.org/10.17977/um052v10i1p1-10. DOI: https://doi.org/10.17977/um052v10i1p1-10
Kholidin. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Program Video Scribe Sparkol Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Institusi, 06(12), 21. https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.5319.
Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170. https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1905.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525. DOI: https://doi.org/10.54687/jurnalkajenv03i01.1
Kurniawan, A., & Masjudin. (2017). Pengembangan Buku Ajar Microteaching Berbasis Praktik Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 1(2), 28–36.
Mahardhika, P. S. (2020). Analisis Wacana Tangan Kidal Pada Grup Facebook Koki (Komunitas Orang Kidal Indonesia). Jurnal Commercium, 3(3), 168–179. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/37973.
Mardianto, M., Syukri, M., & Irwan S, I. (2021). Kebijakan Pendidikan Ramah Bertangan Kidal di Univeristas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 363–380. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.10367.
Muga, W., & D.N.L., L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863
Mulyaningsih, I. (2015). Pemerolehan Bahasa Anak Pada Usia 4 Tahun dengan Whole Language. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–13.
Nasution, H. F. (1377). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kualitatif. IAIN Padangsidimpuan, 1(1), 68–70. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/view/721.
Nikmah, N. A., Rohman, F., & Suhadi. (2019). Buku Ajar Ekologi Komunitas Flora Savana Bekol Taman Nasional Baluran Berbasis Problem Based Learning untuk Matakuliah Ekologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(12), 1655—1659. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13085. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13085
Novferma, Effendi, Z., & Evtita. (2018). Pengembangan Buku Ajar Matematika Ekonomi Berbasis Problem Based Learning yang Mendukung Kemampuan HOTS Mahasiswa. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 45–54. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5496. DOI: https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.5496
Nurwulan, N. R., & Kristiani, A. B. (2020). Potensi Kelainan Muskuloskeletal pada Siswa Kidal. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(2), 9. https://doi.org/10.26714/jkmi.15.2.2020.9-12. DOI: https://doi.org/10.26714/jkmi.15.2.2020.9-12
Oktaviana, D., Susiaty, U. D., Studi, P., & Matematika, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 186–191. https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6280. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6280
Palma, M. A., & Andjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko online di Surabaya). Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), 84. https://doi.org/10.17970/jrem.16.60106.id. DOI: https://doi.org/10.17970/jrem.16.60106.ID
Prasetiyo, N. A., & Perwiraningtyas, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar berbasis Lingkungan Hidup pada Mata Kuliah Biologi di Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19. https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i1.3969. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v3i1.3969
Pratama, F. D., & Swasty, W. (2018). Logo dan Signage sebagai Identitas Visual (Studi Kasus: Stadion Gelora Bandung Lautan Api). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 4(02), 119–129. https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1598. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v4i02.1598
Putrantana, A. B., Hariyanto, E., & Saichudin, S. (2020). Uji Kelayakan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi PermainanTradisional. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13584. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13584
Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smk. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2). https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440. DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v8i2.17697
Safitri, E. R., & Nurkamilah, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Android untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. Journal of Education and Instruction, 3(2), 296–304. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1612. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1612
Saidah, N., Parmin, & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem Dan Pelestarian Lingkungan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357.
Salu, B., & Tadius. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 1 Rantepao Keb. Toraja Utara. Jurnal KIP, 7(3), 36–53. https://doi.org/10.0901/jkip.v7i3.475.
Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38
Soekisno, R. B. A. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal, 4(2), 120. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.77. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.77
Sudarma, I. K. (2015). Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.
Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Sukmaangara, B., Muhtadi, D., & Madawistama, S. T. (2021). Bagaimana Siswa Menyelesaikan Soal Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Dominasi Otak ? Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 151–164. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3218.
Suplemen, P., Ajar, B., Berbasis, B., & Identifikasi, R. (2017). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Biologi Berbasis Riset Identifikasi Bakteri untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education, 6(2), 155–161. https://doi.org/10.15294/jise.v6i2.19713.
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Ulfaeni, S. (2018). Pengembangan Media Monergi (Monopoli Energi) Untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas Iii Sdn Pedurungan Kidul 02 Semarang. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 143. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990
Ulfah, A., & Jumaiyah, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 75–81. DOI: https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1130
Widiyanto, D. (2017). Penanaman Nilai Toleransi dan Keragaman Melalui Strategi Pembelajaran Tematik Storybook Pada Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 28–36. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4265.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)