Dampak Model Two Stay Two Stray terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar IPS Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43362Keywords:
TSTS, Keterampilan Kolaborasi, Hasil BelajarAbstract
Kurangnya partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan saat proses pembelajaran memberikan dampak terhadap hasil belajar IPS yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak model Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent post-test only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 144 orang dan sampel penelitian berjumlah 61 orang yang diambil dengan teknik group desain random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode nontes berupa lembar observasi dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TS-TS terhadap hasil belajar IPS siswa (F hitung sebesar 408.608; sig < 0.05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TSTS terhadap hasil belajar IPS siswa (F hitung sebesar 135.185; sig = < 0,05), dan (3) secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TS-TS terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar IPS siswa (F hitung 374.305 = ; sig = < 0,05). Maka, model pembelajaran TS-TS berpengaruh positif terhadap keterampilan kolaborasi hasil belajar IPS siswa. Implikasi penelitian ini, diharapkan dapat membantu guru dalam mengelola kelas agar lebih efektif dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217–230. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Darmawan, W., & Harjono, N. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Two Stay Two Stray dalam Pencapaian Hasil Belajar. Jurnal Basicedu, 4(2), 402 – 411. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.364
Darmayasa, I. W. G. S., Suara, I. M., & Manuaba, I. B. S. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.922.
Dwidayanti, N. K., Pebriyanti, M. M. D., & Amidi, A. (2018). The Analysis of Students’ Mathematical Connection Ability and Responsibility in Two Stay Two Stray Learning with Problem Card. UNNES Journal of Mathematics Education, 7(3), 210 – 217. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i3.26964.
Fredik Melkias Boiliu. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(1), 247–255. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.464
Hamdi, R., Jamal, M. A., & An’nur, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 265. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i3.890. DOI: https://doi.org/10.20527/bipf.v2i3.890
Haryati, H. (2021). Two Stay Two Stray Strategy on the Students’ Reading Comprehension: The Effectiveness and the Students’ Perspectives. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 17(2), 176 – 184. https://doi.org/10.33633/lite.v17i2.5052. DOI: https://doi.org/10.33633/lite.v17i2.5052
Hasmira, Anwar, & Yusuf, M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn pada Siswa kelas Kelas IV di SD Negeri 1 Ngapa. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS, 1(2), 128–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jwkp-ips.v1i2.7452. DOI: https://doi.org/10.30598/jbkt.v1i2.148
Khusnah, A. S., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hidayat, M. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3179–3185. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1318. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1318
Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS ( Two Stay Two Stray ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359
Maharani, O. P. (2016). The Effectiveness of Using Two Stay Two Stray as a Technique in Improving Students Speaking Ability (A Quasi Experimental Research at the Tenth Grade Students of SMA Taruna Nusantara Magelang in the Academic Year of 2015/2016). ELT FORUM: Journal of English Language Teaching, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/elt.v5i1.9889.
Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKn SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 2(3), 300. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66
Nopridayanti. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 003 Beringin Taluk Kecamatan Kuatan Tengah Kabupaten Kuatan Singingi. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(5), 761. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i5.6125. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i5.6125
Nur, F., Latuconsinah, N. K., Abrar, A. I. P., Tayeb, T., & Syamsuarni, I. (2018). Mathematical Learning Outcome Differences through the Implementation of Cooperative Learning Model of Think Pair Share Type, Two Stay Two Stray Type, and Number Head Together Type. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 199 – 206. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a6. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a6
Nurhayati, S., & Muharamsah, L. (2020). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial pada SMP Negeri 1 Carita. JOINS (Journal of Information System), 5(2), 200–207. https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491. DOI: https://doi.org/10.33633/joins.v5i2.3491
Nurhikmayati, I. (2018). Pengaruh Model Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Theorems, 3(1), 49 – 57. https://doi.org/10.31949/th.v3i1.895. DOI: https://doi.org/10.26638/je.684.2064
Putri, A., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Cooperative Tipe Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 644–648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.415. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.415
Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885. DOI: https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.885
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.
Saputra, G. A. A., Agung, A. A. G., & Suwatra, I. W. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Suplemen Pelajaran IPS Kelas VIII SMP. 05, 121–131. https://doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20632.
Sofian, S. (2017). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas IV SD Negeri 007 Pusaran. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1(2), 264 – 276. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4597. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4597
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260
Susiloningsih, W. (2016). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa PGSD pada Mata Kuliah Konsep IPS Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 57. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89. DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.89
Sutrisno, D., & Retnawati, H. (2015). Komparasi Pendekatan Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dengan Two Stay Two Stray. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 15 – 27. https://doi.org/10.21831/pg.v10i1.9093.
Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Wibawa, I. M. A. J., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665
Yusup, A. A. M., & Sari, A. I. C. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus. Research and Development Journal of Education, 6(2), 01. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5457. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5457
Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157–170. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.884
Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kadek Putri Krisna Dewi, I Gede Margunayasa, Desak Putu Parmit
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)