PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • I Wayan Ariyasa .
  • Dra. Siti Zulaikha, M.Pd. .
  • Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan Media Video Compact Disk (VCD), dengan siswa belajar melalui pembelajaran konvensional siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Sukawati Gianyar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian eksperimen semu, desain penelitian ini menggunakan “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 3 Ketewel yang berjumlah 30 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VI SD Negeri 2 Ketewel yang berjumlah 34 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPA. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media Video Compact Disk (VCD), dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Sukawati Gianyar tahun pelajaran 2014/2015 dengan thitung = 5.25 > ttabel 2,000, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa yang belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media Video Compact Disk (VCD), baik dari pada nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa yang belajar melalui pembelajaran konvensional yaitu = 75.90 > = 63.68. Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media Video Compact Disk (VCD) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Sukawati Gianyar tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci : model pembelajaran STAD, hasil belajar

This study research to know significant the differences in learning outcomes between students who learn science through STAD cooperative learning model using Media Video Compact Disk (VCD), with students learning through conventional teaching sixth grade SD Gugus Sukawati Gianyar V academic year 2014/2015. This study belong to the quasi-experimental research design, this study uses "Nonequivalent Control Group Design". The population in this study were all sixth grade SD Gugus Sukawati Gianyar academic year 2014/2015. Samples were taken with a random sampling technique. The samples in this study were sixth grade students of SD Negeri 3 Ketewel that were 30 students as the experimental group and sixth grade State 2 Ketewel totaling 34 students as a control group. Data collection techniques used in this study using the test to learning outcome of IPA. The results of the analysis showed that there were significant differences in learning outcomes between students who learning through STAD cooperative learning model using media Video Compact Disk (VCD), with students who learned through conventional teaching on sixth grade Gugus V Sukawati Gianyar academic year 2014/2015 at t = 5.25 > 2.000 t table, the null hypothesis (H0) is rejected and (Ha) is accepted. The average value in learning outcomes of IPA students learning through STAD cooperative learning model using media Video Compact Disk (VCD), both from the average value in learning outcomes of IPA of students who are learning through conventional learning x = 75.90 > x = 63.68. This means STAD cooperative learning model using media Video Compact Disk (VCD) effect on student learning outcomes of IPA at the sixth grade SD Gugus V Sukawati Gianyar academic year 2014/2015.
keyword : learning model STAD, learning outcome

Published

2014-11-06

How to Cite

., I. W. A., ., D. S. Z. M., & ., D. I. N. S. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4337

Issue

Section

Articles