IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLASH CD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 6 SUKAWATI

Authors

  • Dewa Gede Oka Sudewa .
  • Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri Sukawati tahun pelajaran 2014/2015 dan (2) meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 6 Sukawati tahun pelajaran 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Sukawati tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 18 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan (2) tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar Matematika siswa meningkat. Pada siklus I, persentase rata-rata motivasi belajar sebesar 75,62%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II persentase rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 81,85% dan (2) hasil belajar Matematika siswa meningkat dimana persentase tingkat hasil belajar siswa pada siklus I baru mencapai 74,33% dan ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 86,78%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II ternyata persentase rata-rata hasil belajar siswa mencapai 86,78% dan ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Flash CD dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika pada Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 6 Sukawati.
Kata Kunci : model pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Flash CD,motivasi belajar matematika, dan hasil belajar matematika

This study aims to: (1) to improve students motivations in studying math in grade V SDN 6 Sukawati in academic year 2014/2015 in the application of Creative Problem Solving Learning Model with Flash CD Media, (2) to improve math learning outcome in grade V SDN 6 Sukawati in academic year 2014/2015 in the application of Creative Problem Solving Learning Model with Flash CD Media. This research is a classroom action research was conducted in two cycles. The subject is 18 students grade V SDN 6 Sukawati in the academic year 2014/2015. Data collection in this study was conducted by (1) questionnaire to determine students' motivation, (2) test to determine students' mathematics learning outcomes. In this study, data analysis was conducted using quantitative descriptive analysis. The results show that (1) students motivationin in studying improve. In cycle I the percentage of students motivation 75, 62% and in the end of cycle II the percentage improve to 81,85 %, (2) outcomes of learning mathematics where the percentage of students increased level of student learning outcomes in the first cycle reaches 74.25% and mastery learning classically be 77.78%, after the second cycle executed action turns the average percentage of student learning outcomes reached 83.25% and mastery learning classical reaches 88.88%. Based on these results it can be concluded that with the implementation of Creative Problem Solving Model Learning with Flash Media CD can increase Motivation and Learning Outcomes in Mathematics in the Grade of Elementary School V Semester 6 Sukawati.
keyword : Creative Problem Solving Learning Model with Flash CD Media, Math Motivation and Math Learning Outcome

Published

2014-11-06

How to Cite

., D. G. O. S., ., D. I. W. S. M., & ., D. S. P. M. (2014). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA FLASH CD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEMESTER I SD NEGERI 6 SUKAWATI . MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4338

Issue

Section

Articles