Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 5 BALER BALE AGUNG KABUPATEN JEMBRANA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

I Gusti Ayu Rossi Ekayanti ., Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd ., Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 5 Baler Bale Agung, Negara, Jembrana melalui implementasian model pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 5 Baler Bale Agung, Jembrana. Penelitian ini melibatkan, siswa kelas IV SD N 5 Baler Bale Agung, Negara, Jembrana yang berjumlah 36 orang siswa dengan rincian 21 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Metode tes dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 5 Baler Bale Agung, Negara, Jembrana. Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriftif kualitatif. Rata-rata persentase tingkat hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 75,66% berada pada kategori sedang, dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 81,61% berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II sebesar 5,59%. Peningkatan juga terlihat pada persentase ketuntasan belajar siswa, pada siklus I sebesar 75,00% dan pada siklus II sebesar 91,67%. Terjadi peningkatan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 16,67%. Jadi dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Learning Cycle dapat mningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD N 5 Baler Bale Agung,Negara, Jembrana .

Kata Kunci : Pembelajaran Learning Cycle, hasil belajar, matematika.

The purpose of this research is to improvethe result of learning mathematic of grade IV students of SD N 5 Baler Bale Agung Jembrana by implementation model of learning cycle. This research is using method “Classroom Action Research” which it can does in two cycle. This research is done in SD N 5 Baler Bale Agung Jembrana which it consists of 36 student with detail of 21 boys and 15 girls. Data collecting method used in this research is test. Test method is used for collecting data about the result of learning mathematic of grade IV student of SD N 5 Baler Bale Agung Jembrana. The next, all the data is collected must be analyzed by use quantitative descriptive methodan qualitative descriptive method. The level average percentage of learning mathematic in cycle I is 75,66% and it is middle category, and in cycle II it’s going to 81,61% and it’s in high category. Upgrading of result study is happened from cycle I and cycle II are 5,59%. This upgrade can see in the similarly completeness result study of student, in cycle I is 75% and cycle II is 91,67%. The upgrading of result study from cycle I and II is 16,67%. So, we can make a conclusion that implantation model of cycle learning can improve result learning of mathematic for grade IV student of SD N 5 Baler Bale Agung Jembrana.





keyword : learning cycle method, result of study, mathematic.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4340

Article Metrics

Abstract view : 176 times
PDF file view : 1010 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.