PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUMERTA DENPASAR

Authors

  • Ni Made Widya Rimayanti .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .
  • Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4345

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUMERTA DENPASAR ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Negeri 1 Sumerta TahunPelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SD Negeri 1 Sumerta sebanyak 80 siswa. Sampel diambil dengan teknik Random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA meliputi aspek kognitif. Nilai kognitif didapat dari tes hasil belajar bentuk pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan melalui model kooperatif tipe teams games tournament dengan siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung= 6,87 > ttabel= 2,00 dengan dk= 78 dan taraf signifikansi 5%. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yang dibelajarkan melalui model kooperatif tipe teams games tournament lebih dari kelas kontrol yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional yaitu : 81 > 69,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sumerta Tahun Pelajaran 2014/2015. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar IPA.
Kata Kunci : Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar IPA.

Abstrack This study aimed at determining the significant differences in learning outcomes between students who learned science by using Teams Games Tournament cooperative learning for fifth grade students of elementary school in 1 Sumerta Denpasar. The research is a quasi-experimental research with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research was 2 classes of fifth grade of elementary school in 1 Sumerta Denpasar in which the total of students were 80 students. The sample of the research was selected by random sampling method. the data analyzed in this study were the learning outcomes of the students in science course which were gathered thourgh achievement test. Thus, data gathered were analyzed by using t-test. Based on analysis of data by t-tes the hypothesis proposed in the study showed that thitung= 6,87 >ttabel= 2,00 with dk= 78. Those meant that there were significant differences between the learning outcomes of students who learned science by using teams games tournament cooperative teaching method for the fifth grade students of elementary school in 1 Sumerta Denpasar. The everage value of the experimental group was higher than the everage value of the control group is: 81 > 69,25. It can be concluded that the implemementation of Teams Games Tournament cooperative learning model outcome in science course of the fifth grade students of elementary school in 1 Sumerta Denpasar school year 2014/2015.
keyword : Keywords: Teams Games Tournament Cooperatif Learning, Conventional learning and Science learning outcomes

Published

2014-11-06

How to Cite

., N. M. W. R., ., D. I. K. A., & ., D. I. B. S. M. M. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUMERTA DENPASAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4345

Issue

Section

Articles