Rekonstruksi Lembar Kerja Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.43830Keywords:
LKS, Matematika, Bangun RuangAbstract
Sekolah di Indonesia menggunakan bahan ajar yang dikelompokkan menjadi 4 jenis, salah satunya bahan ajar cetak seperti Lembar Kerja Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengembangan dan kelayakan Lembar Kerja Siswa pada Mata Pelajaran Matematika materi Bangun Ruang Kelas pada kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan menggunakan model 4D, yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Penelitian ini dilakukan sampai tahap development (pengembangan) sebab adanya keterbatasan waktu. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni 4 orang dosen serta 2 orang guru yang berperan sebagai validator. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan penyebaran angket. Adapun instrument yang digunakan yakni lembar penilaian kelayakan Lembar Kerja Siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase dan melakukan validasi, yang kemudian dilanjutkan dengan mendeskripsikan hasil analisis datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas LKS pada aspek media adalah 100% dengan kategori sangat layak, pada aspek Bahasa sebesar 84,5% dengan kategori layak, dan 87,5% pada aspek materi dengan kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan memiliki rata-rata validitas 90,9% dengan kategori sangat layak, sehingga layak untuk dikembangkan dan dibelajarkan kepada peserta didik.
References
Abidah, F., Tika, I. N., & Selamat, I. N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Kimia SMA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Topik Asam Basa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(1), 22. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21179. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i1.21179
Abriyanto, Liswara, N., & Gunawan, Y. E. (2022). Pengembangan LKS Blended Learning Berbasis Web pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Journal of Environment and Management, 3(1), 26–34. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4283. DOI: https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4283
Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2911–2933. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.822. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.822
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 25. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32. DOI: https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i1.p25-32
Aswarliansyah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1134–1141. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.509. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.509
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9. DOI: https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9
Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i1.952
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Fajriyanti, Z. D., Ernawati, T., & Sujatmika, S. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 149. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.691
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119
Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919
Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 310. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604
Handayani, & Mandasari, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 144–151. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412. DOI: https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.412
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di Masa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813. DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737. DOI: https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i1.2737
Hidayah, R., Rahmawati, A., & Fatimah, N. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri pada Kurikulum 2013 Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 170–182. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i2.6175. DOI: https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i2.6175
Hidayat, P. W., Avana, N., & Sumarti, R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together pada Siswa Kelas III SDN 38/II Pauh Agung. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.608. DOI: https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i1.608
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528. DOI: https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528
Karim, A., Dini, S., & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17
Mukarramah, M., Gani, A., & Winarni, S. (2021). Analisis Kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran dengan Tuntutan Pembelajaran Abad 21. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 233–241. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21934. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21934
Muslimah, S. L., Rosalina, E., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tematik Berbasis Outdoor Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1926–1939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1069. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1069
Nida, D. M. A. A., Parmiti, D. P., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25393
Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigatif untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 49–58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.
Prabawati, M. N., Herman, T., & Turmudi, T. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Strategi Heuristic untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 37–48. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.383
Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2). https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179.
Rawa, N. R. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Pendekatan Scientific pada Materi Aritmatika Sosial bagi Siswa SMP. Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 319. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2620. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2620
Reihani, M., Afgani, M. W., Paradesa, R., & Putri, A. D. (2020). Validitas Pengembangan Soal Matematika Level 4 Model PISA Menggunakan Konteks Covid-19. Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology, 3(2). https://doi.org/10.30631/jemst.v3i2.37.
Risky, M., Anak Agung, G. A., & Komang, S. I. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Mata Pelajaran IPA Di SD Negeri 4 Kampung Baru. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 9(2), 246–256. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20299.
Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget sebagai Sumber Belajar Memengaruhi Hasil Belajar pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 25. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36. DOI: https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36
Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221. DOI: https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336
Scristia, S. (2019). Analisis Kesesuaian Indikator terhadap Kompetensi Dasar pada Pelajaran Matematika oleh Guru Sekolah Menengah Palembang. Jurnal Gantang, 4(2), 103–109. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1429
Soekardjo, M., & Sugiyanta, L. (2018). Analisis Strategi Pembelajaran Matematika Kurkulum 2013 dalam Rangka Meningkatkan Nilai Pisa Matematika. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 42–64. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.05. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.051.05
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Tarigan, B. N. B., Agung, A. A. G., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Bermuatan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Technology, 3(3), 179. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743
Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 106. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537
Widyasti, N., Wiratma, I., & Muderawan, I. (2020). Uji Validasi Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 79–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.15591.
Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 6(2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Chairunnisa Pangestika, Siti Quratul Ain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)