PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KEDEWATAN KECAMATAN UBUD GIANYAR

Authors

  • Putu Yuny Wulandari .
  • Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd .
  • Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI siswa yang di belajarkan melalui pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan “Posstest-Only Control Design”. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar dengan jumlah populsi 179 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan jumlah 60 siswa yang terdiri dari dua sekolah yaitu siswa Kelas V SD Negeri 2 Kedewatan sebagai kelas eksperimen dan siswa Kelas V SD Negeri 1 Kedewatan sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar IPS menggunakan tes pilihan ganda yang dianalisis dengan teknik t-test. Berdasarkan hasil analisis uji-t dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar Tahun pelajaran 2013/2014 antara siswa yang melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan siswa yang melaksanakan pembelajaran konvensional (t hitung = 3,69 > t tabel =2,00 ; p>0,05). Rata-rata nilai pada kedua kelompok, diketahui rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol ( 174,66> 2 67). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TAI , hasil belajar IPS

This study aims to determine significant differences on learning result among students in social studies (IPS) are teaching with cooperative learning model TAI and students are teaching through conventional teaching on students grade fifth of elementary school group VIII Kedewatan Ubud Gianyar learning year 2013/2014. This research is a quasi-experiment. The design of this study using "pottest-Only Control Design". Population of this study were all students grade fifth of elementary school group VIII Kedewatan Ubud Gianyar with total population of 179 students. Samples were taken with a random sampling technique with total number of 60 students consisting from two schools namely students grade fifth of elementary school SD Negeri 2 Kedewatan as experimental and students grade fifth of elementary school SD Negeri 1 Kedewatan as a controls. Data of learning result social studies ( IPS) uses multiple-choice tests are analyzed by t-test technique. Based on the results of t-test analysis can be seen there is a significant difference in learning result social studies (IPS) students grade fifth elementary school force VIII Kedewatan Ubud Gianyar learning year 2013/2014 among students who implement cooperative learning model TAI with students who undertake conventional learning (t = 3 , 69> t table = 2.00: p.0,05). Average values in both groups, known the average value of the experimental group more than the control group ( 174,66> 2 67). Thus it can be concluded that the cooperative learning model TAI effect on learning result social studies ( IPS) in grade fifth of elementary school group VIII Kedewatan Ubud Gianyar.
keyword : Cooperative learning model team accelerated instruction (TAI), learning result social studies ( IPS)

Published

2014-11-07

How to Cite

., P. Y. W. ., ., D. I. W. S. M., & ., D. N. N. G. M. (2014). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KEDEWATAN KECAMATAN UBUD GIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4386

Issue

Section

Articles