PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SD NEGERI 3 SEBATU, GIANYAR

Authors

  • Ex Putu Jaya .
  • Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 3 Sebatu Kecamatan Tegallalang Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2013/2014 terdiri atas 52 siswa. Setelah dilakukan uji kesetaraan sampel sebanyak 46 siswa dipilih sebagai sampel. Dengan teknik random sampling diperoleh siswa kelas Iva sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas Ivb sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar PKn dikumpulkan melalui tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal,dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional, dengan thitung sebesar 6,068 dan ttabel sebesar 2,00. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri 3 Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, STAD, hasil belajar, PKn

The porpuse of this study is wanted to know the difference of PKn Learning Outcome between students following Cooperative Learning model of student teams achievement division ( STAD ) type and student following conventional model. This study was experiment research with post-test only control group design. The population of this study was all of students in fourthgrade of SD Negeri 3 Sebatu at Tegallalang district, Gianyar Regency on academic year 2013/2014, consisted of 52 person. After being done the sample equivalence test, 46 students were selected to be sample. By using sampling random technique, students in class of Iva as the experimental group and student in class IVb as the control group. PKn Learning outcome data was obtained by objective tes consisted of 20 items, and then was analyzed by using descriptive and inferential statistic. The result of this study show that there is significance difference of learning outcome between student following cooperative learning model of STAD type and student following conventional model, with tobs 6,068 dan ttab 2,00. Based on the result, can be concluded that learning cooperative model of STAD type give an effect to the PKn learning outcome in fourth grade of SD Negeri 3 Sebatu at Tegallalang district, Gianyar regency
keyword : Cooperative learning, STAD, learning outcome, PKn

Published

2014-11-07

How to Cite

., E. P. J., ., D. I. G. A. A. S. A., & ., D. S. P. M. (2014). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR PKn KELAS IV SD NEGERI 3 SEBATU, GIANYAR. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4388

Issue

Section

Articles