PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 6 DAUH WARU NEGARA KABUPATEN JEMBRANA

Ni Made Nedya Andreina Jessica ., Drs. I Made Suarjana, M.Pd ., Drs. Ignatius I Wayan Suwatra,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah termasuk penelitian eksperimen semu, yang mencoba mengungkapkan perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Disebut sebagai penelitian eksperimen semu, karena tidak semua variabel pada setiap kelompok dan kondisi eksperimen dapat dikontrol dan dikendalikan. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa di SDN 6 Dauh Waru Negara Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2012/2013 dan sebagai sampel penelitian adalah siswa-siswa kelas VI A1 dan kelas VI A2. pengambilan sampel dilakukan melalui Simple Random Sampling. Jumlah siswa pada masing-masing kelas adalah sama yakni 22 orang, sehingga jumlah semua siswa adalah 44 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA, bentuk tes hasil belajar IPA yang digunakan adalah pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan Anova satu jalur atau Uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara siswa yang diajar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 18,390 > Ftabel =3,44 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar IPA siswa Kelas VI SDN 6 Dauh Waru Negara.

Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.

This research aimed to determine and describe the difference learning science outcomes between the students who are taught Jigsaw Cooperatif Learning Model with the students taught Conventional Learning Model. This Research is include the quasi-experiment, which tries to reveal differences in learning science outcomes between students who are taught with a Jigsaw Cooperative Learning Model and students taught with Conventional Learning Model. It referred as a quasi-experimental research ,because not all of the variables in each group and the eksperimental conditions can be controlled. As the population in this research were students in elementary school No.6 Dauh Waru, Jembrana of the year 2012/2013 and the sampel of the research were students 6 grade A1 and 6 grade A2. Sampling is done through Simple Random Sampling. The number of the students on each class is 22 people, so the total number of students is 44. The data collected in this research were the result of learning science, the result of learning science test form used multiple choice.The data were analysed by using Anova one path or the F-test. The result showed that there is a significant difference between students taught Jigsaw Cooperative Learning Model with the Convensional Learning Model. It is show by F count = 18,390 > F table = 3,44 in the level of significance 0,05. Based on the Research above it can be concluded that there were an effect of Jigsaw Cooperative Learning Model to Learning Science Outcomes of students grade 6 Elementary school no 6 Dauh Waru Jembrana.
keyword : Jigsaw Cooperative Learning Model, study result

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.