PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NO. 4 TAMAN KECAMATAN ABIANSEMAL KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ni Ketut Sri Darmawati ., Dra. Nyoman Kusmariyatni,S.Pd ., Drs. I Made Suarjana, M.Pd .

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan aktivitas dan,(2) peningkatan hasil belajar matematika pada kelas IV SD no. 4 Taman melalui penerapan metode problem posing (pengajuan masalah). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi/evaluasi,dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No 4 Taman tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 29 orang. Data tentang aktifitas dikumpulkan melalui observasi dan hasil belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes uraian pada akhir siklus. Data – data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian analisis aktivitas belajar matematika dengan menggunakan metode problem posing pada siklus I sebesar 32,86% yang berada pada kategori cukup aktif dan pada siklus II 34,03% yang berada pada kategori aktif. Berdasarkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,17%. untuk hasil belajar matematika pada siklus I sebesar 72,41% dan pada siklus II sebesar 86,20% yang berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan data hasil belajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatansebesar 13,79%.

Kata Kunci : Problem Posing, Aktivitas, Hasil Belajar

ABSTRACT
The purpuses of this research were under taken in order to know the students’s activity and to improve the goal of mathematics subject in the fourth grade of SD No. 4 Taman with using problem posing method. The kind of this research was classroom research and consist of two steps. Every step consist of planning, attitude, observation or evaluation and reflection. The subject of the research were the students of the fourth grade SD No. 4 Taman in the year 2013/2014 one class consist of 29 students. The data was collected with observation and the results of the students learning is collected in the end of the step. The data was collected then analyze with using problem posing it can concluded that the tirst step got 32,86% and has impact with up active category. And from the second step there was in active category. Based on the firs step then continue to the second step the total was 1,17%. For the study of mathematics the first step got 72,41% and the second step got 86,20% the impact of the category was very good. Based on the result of the first step and the second step got improving and the total was 13,79%.

keyword : problem posing, Activity and the goal of study

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :


Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Mimbar PGSD Undiksha indexed by:

Akreditasi SINTA 5 Mimbar PGSD    Crossref GARUDA MIMBAR PGSD Undiksha



Creative Commons License

Mimbar PGSD Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.