PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014

Authors

  • Komang Astri Mahyuni .
  • Dr. I Gede Meter,M.Pd .
  • Drs. I Made Suara, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar IPA antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 8 Padangsambian, Kecamatan Denpasar barat tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalet Control Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 8 Padangsambian yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VA, kelas VB dan kelas VC dengan jumlah 124 siswa. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Setelah dirandom terpilih kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas VC sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes objektif pilihan ganda. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah t-test. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 8 Padangsambian, Kecamatan Denpasar Barat tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung lebih dari ttabel yaitu sebesar 6,336 > 2,000 dengan perolehan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 78,50 > 70,58. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 8 Padangsambian, Kecamatan Denpasar barat tahun ajaran 2013/2014.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS), Prestasi Belajar, dan IPA.

This study aims to determine the differences in achievement between students learning science get a bunch of learning using cooperative learning model two stay two stray (TSTS) with students who received conventional learning in the fifth grade students of SD Negeri 8 Padangsambian, west of Denpasar District of academic year 2013/2014. This research is a quasi experimental study using a research design Nonequivalet Control Group Desaign. The population in this study were fifth grade students of SD Negeri 8 Padangsambian which consists of three classes, namely class VA, class VB and VC class by the number of 124 students. Sample selection technique used is random sampling technique. After a randomized classroom VA selected as the experimental class using cooperative learning model two stay two stray (TSTS) and VC class as class control using conventional learning models. Data collection techniques used multiple-choice objective test. Analysis of the data used to analyze the research data is the t- test. The results showed that there were significant differences in science learning outcomes of students who learned with Cooperative learning model using two stay two stray Type (TSTS) with students who learned with conventional learning to science learning achievement Elementary School fifth grade students 8 Padangsambian , District of West Denpasar academic year 2013/2014. This is evidenced by the results of t over ttable is equal to 6.336 > 2.000 with an average value of the acquisition of learning outcomes experimental class more than the control class in the amount of 78.50 > 70.58. Thus the use of cooperative learning model two stay two stray (TSTS) effect on science learning outcomes Elementary School fifth grade students Padangsambian 8 , west of Denpasar District of academic year 2013/2014
keyword : Cooperative Learning Model Type two stay two stray ( TSTS ), Achievement, and IPA

Published

2014-11-07

How to Cite

., K. A. M., ., D. I. G. M., & ., D. I. M. S. M. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY ( TSTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA Kecamatan Denpasar Barat Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4416

Issue

Section

Articles