PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA KONGKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KUTA BADUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Authors

  • GM Putra Aristyadharma .
  • DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .
  • Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4418

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap Hasil Belajar siswa kelas V SDN Gugus I Kuta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN Gugus I Kuta tahun pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan random sampling melalui teknik undian. Sampel pada penelitian ini hanya melibatkan 2 kelas yaitu kelas Vb SDN 2 Kuta dan Kelas V SDN 5 Kuta. Data yang dikumpulkan adalah nilai Hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan nilai kognitif (post test). Data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) berbantuan Media Kongkret dengan siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional (thitung = 5,88 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikan 5% dan db = 75, di mana rata-rata Hasil belajar IPA kelas V yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT (Number Head together) berbantuan Media Kongkret lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional (75,50>62,25). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar siswa kelas V SD Gugus 1 Kuta
Kata Kunci : Kata-kata kunci : Model Pembelajaran NHT, Media Kongkret, Hasil Belajar, dan IPA

ABSTRACT This study aims to determine a significant difference to student learning outcomes SDN Force first grade school year 2013/2014 Kuta. This study was a quasi-experimental study (quasi-experimental) with a study design that is used is Nonequivalent Control Group Design. The population in this study were all students of class V SDN Kuta Force I 2013/2014 school year. Samples were taken with a random sampling technique through a lottery. The sample in this study involves only two classes, namely class Vb SDN 2 and Class V Kuta Kuta SDN 5. The data collected is the value of learning outcomes in science subjects with cognitive score (post-test). Data were analyzed by t test. The results showed that there were significant differences on student learning outcomes between students who learned with NHT using learning model (Numbered Head Together) aided Media concrete with students who learned with using conventional learning model (t = 5.88> t table = 2.000) at significance level of 5% and db = 75, where the average results of the fifth grade science learning learning model learned with NHT (Number Head together) aided Media concrete higher than students who learned with the conventional model (75.50> 62.25 ). It can be concluded that the learning model NHT (Numbered Head Together) and a significant positive effect on student learning outcomes fifth grade elementary Cluster 1 Kuta
keyword : Key words: NHT Model Learning, Media concrete, Learning Outcomes, and IPA

Published

2014-11-07

How to Cite

., G. P. A., ., D. S. P. M., & ., D. I. K. A. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN MEDIA KONGKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I KUTA BADUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4418

Issue

Section

Articles