Komik Cetak Kontekstual Muatan IPS dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV SD

Authors

  • Ni Wayan Nik Sri Artini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44548

Keywords:

Komik Kontekstual, Kemampuan Literasi, Kidal

Abstract

Proses pembelajaran, siswa kidal masih menggunakan media pembelajaran cetak yang didesain untuk orang non-kidal. Di lain sisi, siswa kidal pada tingkat usia sekolah dasar yang masih berada pada tahap operasional konkret, sangat memerlukan bantuan media yang sesuai dengan karakteristiknya untuk mengkonkretkan pesan pembelajaran. Penelitian ini adalah Reasearh and Development dengan model Hannafin and Peck. Subjek meliputi ahli isi, desain dan media pembelajaran, serta 15 siswa kidal. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara tidak berstruktur, angket/kuesioner, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian uji ahli isi, desain dan media pembelajaran berturut-turut memperoleh persentase sebesar 98,21%, 95,83%, dan 92,50% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba siswa yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan masing-masing memperoleh persentase sebesar 92,50%, 91,67% dan 91,17% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji efektivitas dengan mengadakan (pre-test) dengan rata-rata skor sebesar 78,9 dan (post-test) dengan rata-rata skor sebesar 84,3. Hasil uji hipotesis dengan uji-t dependen diperoleh bahwa nilai thitung (8,4371) lebih besar dari ttabel (2,475) pada N=15, dengan taraf signifikansi 5% (0,005). Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga komik cetak berbasis pendekatan pontekstual muatan IPS tema 1 subtema 3 kelas IV efektif meningkatkan kemampuan literasi siswa kidal pada usia sekolah dasar.

 

References

Abdulqodir, A., Sriwarno, A. B., & Isdianto, B. (2014). Kemampuan Adaptasi Orang Kidal terhadap Lingkungan Non Kidal dalam Aktivitas Menulis dan Menggambar (Studi Kasus: Mahasiswa/i FSRD-ITB). ITB Journal of Visual Art and Design, 6(1), 43–57. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2014.6.1.5. DOI: https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2014.6.1.5

Adhaningrum, S. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.474. DOI: https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746

Agung, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). In Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Indrasuari, N. K. S. (2017). Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Mengasosiasi Berbasis Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Proses Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 138. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10323. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.10323

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 1 – 6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730

Aprilia, W., Apreasta, L., & Prasetyo, D. E. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Problem Based Learning pada Subtema 1 Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia pada kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(2), 48–54. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2084

Ardiansyah, D. N. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning , Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2033–2041. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2404. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2404

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019. DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 5(1), 16 – 28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630. DOI: https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630

Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2894.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.

Azma, H. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar, Minat Belajar, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMK Kabupaten Tanah Datar: Kajian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 387. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.685. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.685

Bisri, M. (2018). Studi Kasus Pengaruh Gaya Ibu Menyusui Bayi terhadap Perkembangan Anak Kidal. Jurnal Sains Psikologi, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.17977/um023v5i12015p%25p.

Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469–478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.680

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal PenSil, 7(2), 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6. DOI: https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6

Dita, M. A. D. P., Sujana, I. W., & Suniasih, N. W. (2022). Buku Ajar berbasis Problem Based Learning dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 9(3), 534–544. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.42934

Hae, Y., Tantu, Y. R. P., & Widiastuti, W. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/522. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.522

Handayani, P., & Koeswanti, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 396–401. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365

Hawkyard, R., Dempsey, I., & Arthur-Kelly, M. (2014). The handwriting experiences of left-handed primary school students in a digital age: Australian data and critique. Australian Journal of Education, 58(2), 123–138. https://doi.org/10.1177/0004944114530062. DOI: https://doi.org/10.1177/0004944114530062

Hendra Anggryawan, I. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 7(3), 71–75. https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v7n3.p71-75

Kharizma Kintan Permata1, R., & Lidinillah, D. A. M. (2017). Media Puzzle Berbasis Tangram dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 67. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7499

Kovel, C. G. F. De, Carrión-castillo, A., & Francks, C. (2019). OPEN A large-scale population study of early life factors influencing left- handedness. 1–11. https://doi.org/10.1038/s41598-018-37423-8. DOI: https://doi.org/10.1038/s41598-018-37423-8

Liniasari, A. A. A. M., Yudiana, K., & Dibia, I. K. (2021). Comic-Based Learning Media with the Topic of Natural Resources. International Journal of Elementary Education, 5(1), 80. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34327. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i1.34327

Mahendra, E. R., Siantoro, G., & Pramono, M. (2021). Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 9(1), 279–284. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375.

Mardianto, M. (2021). Kebijakan Pendidikan Ramah Bertangan Kidal Di UIN Sumatera Utara Medan. In Jurnal MUDARRISUNA : Media Kajian Pendidikan Agama Islam (Vol. 11, Issue 3, pp. 363–380). https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.10367. DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.10367

Maulani, A., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Korelasi Antara Tingkat Minat Baca dengan Kompetensi Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 215. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27347. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27347

Mcmanus, C. (2019). Half a century of handedness research : Myths , truths ; fictions , facts ; backwards , but mostly forwards. https://doi.org/10.1177/2398212818820513. DOI: https://doi.org/10.1177/2398212818820513

Mudiono, A. (2012). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model Cooperative Integreted Reading and Composition Di Sekolah Dasar. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 8(1), 3–17. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i12.13064.

Muga, W., & D.N.L., L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Model Dick And Carey. Journal of Education Technology, 1(4), 260–264. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12863

Nafisah, D., & Ghofur. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Scan Barcode Berbasis Android Dalam Pembelajaran Ips. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 144–152. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985. DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1985

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Nasrullah, Y., Akbar, Z., & Supena, A. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 832–843. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540

Nendasariruna, T., MAsjudin, & Abidin, Z. (2018). Pengembangan komik matematika berbasis kontekstual pada materi persegi panjang bagi siswa kelas vii. Jurnal Media Pendidikan Matematika, 4(2), 76–79. https://doi.org/10.33394/mpm.v4i2.374.

Nguyen, S. Van, & Habók, A. (2021). Vietnamese non-English-major students’ motivation to learn English: from activity theory perspective. Heliyon, 7(4). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06819. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06819

Nurgiyantoro, B., Lestyarini, B., & Rahayu, D. H. (2020). Mapping junior high school students’ functional literacy competence. Cakrawala Pendidikan, 39(3), 560–572. https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.34061. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.34061

Nurrita, T. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Nuryati, D., & Ariawan, R. (2019). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Singingi. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan …, 7(2), 1–7. https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2433. DOI: https://doi.org/10.36709/jppm.v7i2.8265

Ocklenburg, S., Schmitz, J., Moinfar, Z., Moser, D., Klose, R., Lor, S., Kunz, G., Tegenthoff, M., Faustmann, P., Francks, C., Epplen, J. T., Kumsta, R., & Güntürkün, O. (2017). Epigenetic regulation of lateralized fetal spinal gene expression underlies hemispheric asymmetries. Journal ELife, 6, 1–19. https://doi.org/10.7554/eLife.22784. DOI: https://doi.org/10.7554/eLife.22784

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8421.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Putri, V., Irma, E., Joice, J., Dwiranti, F., & Sinuraya, S. (2022). Hand Preference and Creativity of Papua University Student. 8(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.914. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.914

Putrislia, N. A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1032

Romero, R., De Las Heras, M. a., Sáenz-Lopez, P., & Fernández-Ozcorta, E. J. (2020). One step closer to understanding motivation in scientific education: The incorporation of science textbooks as a predictor, together with motivational climate and basic psychological needs. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 590–599. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.24864. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.24864

Rosyida, A., Mustaji, M., & Subroto, W. (2018). The Development of Contextual Teaching and Learn-ing-Based Comic as a Learning Media for Elementary School Students. 173(Icei 2017), 13–16. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.4. DOI: https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.4

Sampurna, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. 7(4), 2116–2120. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1752.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan literasi baca tulis dan minat membaca dengan hasil belajar bahasa indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. https://doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.

Sarkadi, & Iqbal, A. M. (2020). Teaching Materials of Thematic Comics in the 2013 Curriculum Learning in Basic Schools. Jurnal Pendidikan Indonesia : Indonesian of Educational Journal, 9(4), 618–627. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.20908. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.20908

Savitri, E. N., Amalia, A. V, Prabowo, S. A., Rahmadani, O. E. P., & Kholidah, A. (2021). The Effectiveness of Real Science Mask With QR Code On Student’s Problem-Solving Skills and Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 209–219. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29918. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29918

Shofa, M. I., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran IPA berbasis argument mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1), 31–40. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24620.g14920.

Sobandi, a., Suryadi, E., Ramdhany, M. A., & Rasto, R. (2021). Knowledge Management Process, Knowledge Sharing, and Teacher Literacy Skills At Vocational High Schools. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 738–749. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.42489. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.42489

Son, S., & Muffly, T. (2017). 15: The sinistral surgeon: How to teach the left-hand dominant gynecology trainee. American Journal of Obstetrics and Gynecology, 216(3), S623–S624. https://doi.org/10.1016/j.ajog.2016.12.066. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ajog.2016.12.066

Suandewi, P. M., Putrayasa, I. B., & Gunatama, G. (2019). Hubungan Budaya Literasi (Baca-Tulis) Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Xisma Negeri 7 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpbs.v9i2.20453

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran.

Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Suniyasih, N. M., Ratminingsih, N. M., & Budasi, I. G. (2020). Development of Multilingual Thematic Picture Dictionary: A Support for Literacy. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 53(3), 236. https://doi.org/10.23887/jpp.v53i3.27508. DOI: https://doi.org/10.23887/jpp.v53i3.27508

Susilaningsih, E., Drastisianti, a., Lastri, Kusumo, E., & Alighiri, D. (2019). The analysis of concept mastery using redox teaching materials with multiple representation and contextual teaching learning approach. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 475–481. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.18072. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.18072

Syupriyanti, L., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Interaktif Menggunakan Pendekatan Ctl Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Sd. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 237–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.54

Tegeh, I. M., Astawan, I. G., Sudiana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2021). Murder Learning Model Assisted by Metacognitive Scaffolding to Improve Students’ Scientific Literacy and Numeracy Skills through Science Studies in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(4), 618–626. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i4.32926. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v10i4.32926

Tegeh, I Made, & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Thomas, N. a., Manning, R., & Saccone, E. J. (2019). Left-handers know what’s left is right: Handedness and object affordance. PLoS ONE, 14(7), 1–20. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0218988. DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0218988

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154

Verawati, N. K. R., Tegeh, M., & Antara, P. A. (2020). Hubungan antara Minat Baca dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiskha, 8(3), 351–363. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.25518.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 73–84. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p73-84

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Widiastuti, N. L. G. K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 479–490. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28436.

Willems, R. M., & Francks, C. (2014). Your Left-Handed Brain. Frontiers for Young Minds, 2(April). https://doi.org/10.3389/frym.2014.00013. DOI: https://doi.org/10.3389/frym.2014.00013

Yugiswara, A., Sukidin, & Kartini, T. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 13, 101–108. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10427. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10427

Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 497–503. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.17331

Yuniarti, A., & Radia, E. H. (2021). Development of Comic Mathematics Teaching Materials on Flat-Building Material to Increase Reading Interest in Class IV Elementary School Students. Journal of Education Technology, 4(4), 415. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.30034. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.30034

Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

Yusnina, L. P., & Riyanto, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dengan Media Komik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa Kelas 5 SD pada Pembelajaran IPS. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 530–536. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1817.

Downloads

Published

2022-05-17

How to Cite

Artini, N. W. N. S. (2022). Komik Cetak Kontekstual Muatan IPS dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Siswa Kidal Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 123–132. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44548

Issue

Section

Articles