Buku Cerita Bergambar Dwibahasa Bali-Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Bahasa Bali Materi Satua Bali Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Wayan Rizky Suryandewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44585

Keywords:

Pictures Book, Bilingual, Local Wisdom

Abstract

Minimnya media pembelajaran yang digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar bahasa Bali menyebabkan peserta didik tidak tertarik untuk belajar bahasa Bali. Tujuan dari penelitian ini untuk menciptakan buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal yang layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini adalah ahli isi, media, dan desain pembelajaran, serta 2 guru dan 20 siswa kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatatif, statistik deskriptif, dan statistik inferensial untuk menganalisis data. Hasil persentase yang diperoleh adalah 98,44% dari uji ahli isi pembelajaran, 98 % dari uji ahli media pembelajaran, 100 % dari uji ahli desain pembelajaran, 98,75 dari uji coba perorangan oleh guru, 99,2 % dari uji coba perorangan oleh siswa, 97,8 % dari uji coba kelompok kecil, dan 96,87 % dari uji coba lapangan yang keseluruhan persentase skornya masuk ke dalam kriteria sangat baik. Kemudian uji efektivitas melalui uji-t dependent memeroleh nilai thitung = 6,689, sedangkan nilai ttabel = 2,086. Berarti nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar dwibahasa Bali-Indonesia berbasis kearifan lokal pembelajaran bahasa Bali materi satua Bali layak dan efektif untuk diterapkan pada siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini adalah menghasilkan produk yang mampu memotivasi peserta didik untuk belajar bahasa Bali.

Author Biographies

Ni Wayan Rizky Suryandewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Aguss, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), 164. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117. DOI: https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Aristini, N. K. D., Sudarma, I. K., & Riastini, P. N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11006.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 3(2), 130. https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666. DOI: https://doi.org/10.29407/intensif.v3i2.12666

Cikarge, G. P., & Utami, P. (2018). Analisis dan Desain Media Pembelajaran Praktik Teknik Digital sesuai RPS Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 3(1), 92–105. https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20509. DOI: https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20509

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Dini, J. P. A. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898

Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101–114. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/4433. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p101

Fadjri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2), 1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478. DOI: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478

Faizah, U. (2009). Keefektifan Cerita Bergambar untuk Pendidikan Nilai dan Keterampilan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 19 (Hp 087834021000), 709–715. https://doi.org/10.20595/jjbf.19.0_3.

Faroh, N. N., & Setiawan, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Montase dalam Pembelajaran IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 7(4), 34–42. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i4.25089.

Halim, D. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216.

Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216

Hariani, N. L. W., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. I. W. (2018). Pengembangan Cerita Bergambar Bilingual Book Bahasa Bali Kelas III. Jurnal Edutech, 6 (1), 40–52. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20264.

Harjanta, A. T. J., & Herlambang, B. A. (2018). Rancang Bangun Game Edukasi Pemilihan Gubernur Jateng Berbasis Android dengan Model ADDIE. Jurnal Transformatika, 16(1), 91. https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894. DOI: https://doi.org/10.26623/transformatika.v16i1.894

Hartanti, D. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 78–85. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5631.

Hayati, D. J., & Suparno, S. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi, 4(2), 1041 – 1050. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498

Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the Quality of Children’s Bilingual Story Books. AL-ASASIYYA: Journal of Basic Education, 4(1), 46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2226. DOI: https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2226

Indrawan, I. P. O., Sudirgayasa, I. G., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Integrasi Kearifan Lokal Bali di Dunia Pendidikan. Prosiding Webinar Nasional Universitas Mahasaraswati Denpasar 2020, 3, 189–194. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/webinaradat/article/view/1181.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/844.

Kurniawati, R. T. (2020). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 29. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634. DOI: https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2634

Lubis, A. H., & Dasopang, M. D. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 780. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13613

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26. DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan Edisi Jurnal (ISSN: 0852-011), Volume 5, (September), 17–18. https://doi.org/10.14710/gk.5.1.16-31. DOI: https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 01(02), 128–135. http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/download/27/27.

Pratiwi, K. S., & Oktarina, P. S. (2018). Pentingnya Pelestarian Bahasa Bali pada Pendidikan Formal. Kalangwan Jurnal Pendidikan Agama, Bahasa dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.25078/klgw.v8i2.970. DOI: https://doi.org/10.25078/klgw.v8i2.970

Priyatna, M. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(10), 1311–1336. https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6. DOI: https://doi.org/10.30868/ei.v5i10.6

Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur Untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601. DOI: https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601

Ramadhani, Y. P., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 “Hidup Bersih dan Sehat” SD Kelas II. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(2), 509–517. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307

Ratnasari, A., Suryana, Y., & Apriliya, S. (2018). Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Payung Geulis Tasikmalaya untuk Siswa SD. All Rights Reserved, 5(1), 274–285. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7374.

Ratnasari, E. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rayanto, R. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.

Rosnawati, S. P. (2021). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Penerbit Adab.

Sapri, S., Muhaini, A., & Zunidar, Z. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dengan Media Buku Cerita Bergambar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4111–4120. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2495. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2495

Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candidasa, I. M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 5(1), 207288. https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1549.

Suardiana, I. (2012). Bahasa Bali dan Pemertahanan Kearifan Lokal. Linguistika, 19(36), 1–7. https://jurnal.harianregional.com/index.php/linguistika/article/view/9691.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (19th ed.). Alfabeta.

Sumiati, N. K., & Tirtayani, L. A. (2021). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 220. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35514

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II (1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Ulfah, A., & Jumaiyah, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Kabupaten Lamongan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 75–81. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fkip/article/view/1730.

Wiweka, I. N. A., Mahadewi, L. P. P., & Suwatra, I. I. W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Bali Siswa Melalui Multimedia Flashcard Bilingual. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 95–103. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074

Yuniari, N. M., & Juliari, I. G. A. I. T. (2019). Pengembangan Balinese Bilingual Textbook dengan Konsep Menyama Braya bagi Siswa Kelas II SD Bali Hari Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar Bali. Widya Accarya, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.46650/wa.10.2.776.%25p.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Suryandewi, N. W. R., & Suniasih, N. W. (2022). Buku Cerita Bergambar Dwibahasa Bali-Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pembelajaran Bahasa Bali Materi Satua Bali Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 84–93. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.44585

Issue

Section

Articles