Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD

Authors

  • Dwi Lestari Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Siti Quratul Ain Pendidikan Guru Sekolah Dasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Keywords:

Budaya, Karakter, Peran

Abstract

Di era global dan perkembangan teknologi seperti saat ini, masih banyak peserta didik yang belum dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter dalam dirinya seperti mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, mengerjakan tugas asal-asalan, dan tugas dikerjakan oleh orang tua. Hal ini dikarenakan siswa tidak mau tahu dengan tugasnya dan hanya bermain gadged saja. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas V Sekolah Dasar dengan subjek penelitian 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas V, 5 orang siswa, dan 5 orang tua siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa memiliki peranan tinggi yang harus diperhatikan dalam pembentukan karakter. Hasil penelitian yang kedua, siswa memiliki perhatian orang tua yang kurang aktif dalam membimbing. Hasil ini menunjukkan bahwa, orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan karakter. Oleh karena itu, perlu kerja sama yang baik antara orang tua dan guru agar dapat mendidik siswa ke arah yang lebih baik. Karakter yang diberikan guru sudah membentuk kepribadian karakter siswa. Keterlibatan guru dan orang tua dalam mendidik anak dapat mendorong anak untuk selalu berfikir positif dan berprilaku yang baik dengan cepat. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa.

Author Biographies

Dwi Lestari, Universitas Islam Riau, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Siti Quratul Ain, Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agustina, P. (2018). Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2). https://doi.org/10.21831. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21853

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Alfansyur, A., Hawi, A., Annur, S., Afgani, W., & Maryamah, M. (2021). Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 126–131. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.141. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.141

Amir, M. A. A. (2021). Pendidikan Karakter pada Generasi Milenial di Lingkungan Kampus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.32627/abdimu.v1i1.5.

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939

Bahri, S., Studi, P., Pendidikan, M., & Indonesia, M. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 425–435. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2904.

Darmawan, D. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakarta. Basic Education, 7(39), 3–930. https://ojs.unm.ac.id/prosidingpls/article/view/9914.

Degeng, I. N. S., Dewi, A. K. T., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011

Elihami, & Ekawati. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/379.

Furkan, N. (2019). Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah. Magnum Pustaka Utama.

Hartati, T., & Annisa, N. (2018). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 1(2), 149–155. http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/article/view/1085. DOI: https://doi.org/10.17509/e.v18i2.15092

Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 3(2), 56–70. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.562. DOI: https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.562

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299. DOI: https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jurnal Foundasia, 11(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933. DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933

Irawati, I., & Winario, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Instructional Development Journal, 3(3), 177. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776. DOI: https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23. https://doi.org/10.30598. DOI: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Kukuh, D., Prasetya, I., & Fanani, A. F. (2021). Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 di SMK Raden Patah Mojosari. Jurnal Administrasi Bisnis dan Publik, 1(1), 17–28. http://jurnal.stiapas.ac.id/index.php/antarra/article/view/6.

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2525. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525

Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Maarif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56. https://doi.org/10.21274. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.31-56

Maharani, D. P., Hermawan, H., Wulandari, D. T., Ismawarti, N. Y., Kancanadana, G., & Sayekti, I. C. (2021). Analis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Surakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 5195–5203. https://doi.org/10.31004. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1501

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251–2260. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267.

Norianda, N., Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2017). Internalisasi Nilai dan Karakter melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 5(1), 45–57. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4

Octaviani, A. A., Furaidah, F., & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1549. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042. DOI: https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i2.624

Pradana, Y. (2017). Pengembangan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1330. DOI: https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203/2336. DOI: https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203

Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/ 10.23887/ivcej.v3i1.27830.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507

Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1). https://doi.org/ 10.23887/jpku.v9i1.31426.

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukadari, S. (2020). Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75–86. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/857.

Sumarti, E. (2018). Pendidikan Karakter Anak Autis melalui Dongeng. Basindo : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 2(1), 82–87. https://doi.org/10.17977/um007v2i12018p082. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v2i12018p082

Suripah, S., Suyata, S., & Retnawati, H. (2021). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mathematics Pre-service Teachers in Developing Content Representations (CoRes). International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 41. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.19954. DOI: https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.19954

Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735

Yuliariatiningsih, M. S., Halimah, L., Yanthi, N., & Wahyuningsih, Y. (2019). Profile Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Primary School Teacher in Science Teaching. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 135–140. https://doi.org/10.17509. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.17481

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 105–112. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Issue

Section

Articles