Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124Keywords:
Budaya, Karakter, PeranAbstract
Di era global dan perkembangan teknologi seperti saat ini, masih banyak peserta didik yang belum dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter dalam dirinya seperti mengumpulkan tugas tidak tepat waktu, mengerjakan tugas asal-asalan, dan tugas dikerjakan oleh orang tua. Hal ini dikarenakan siswa tidak mau tahu dengan tugasnya dan hanya bermain gadged saja. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisis peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di kelas V Sekolah Dasar dengan subjek penelitian 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru kelas V, 5 orang siswa, dan 5 orang tua siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang pertama menunjukkan bahwa peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa memiliki peranan tinggi yang harus diperhatikan dalam pembentukan karakter. Hasil penelitian yang kedua, siswa memiliki perhatian orang tua yang kurang aktif dalam membimbing. Hasil ini menunjukkan bahwa, orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan karakter. Oleh karena itu, perlu kerja sama yang baik antara orang tua dan guru agar dapat mendidik siswa ke arah yang lebih baik. Karakter yang diberikan guru sudah membentuk kepribadian karakter siswa. Keterlibatan guru dan orang tua dalam mendidik anak dapat mendorong anak untuk selalu berfikir positif dan berprilaku yang baik dengan cepat. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peran budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa.
References
Agustina, P. (2018). Karakteristik Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2). https://doi.org/10.21831. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i2.21853
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312. DOI: https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Alfansyur, A., Hawi, A., Annur, S., Afgani, W., & Maryamah, M. (2021). Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas X MAN 3 Kota Palembang. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 126–131. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.141. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.141
Amir, M. A. A. (2021). Pendidikan Karakter pada Generasi Milenial di Lingkungan Kampus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.32627/abdimu.v1i1.5.
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939
Bahri, S., Studi, P., Pendidikan, M., & Indonesia, M. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak dalam Keluarga di Era Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 425–435. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2904.
Darmawan, D. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kraton Yogyakarta. Basic Education, 7(39), 3–930. https://ojs.unm.ac.id/prosidingpls/article/view/9914.
Degeng, I. N. S., Dewi, A. K. T., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011
Elihami, & Ekawati. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/379.
Furkan, N. (2019). Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah. Magnum Pustaka Utama.
Hartati, T., & Annisa, N. (2018). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal (PEJ), 1(2), 149–155. http://journal.unla.ac.id/index.php/pej/article/view/1085. DOI: https://doi.org/10.17509/e.v18i2.15092
Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan dan Kependidikan), 3(2), 56–70. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.562. DOI: https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.562
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299. DOI: https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jurnal Foundasia, 11(2). https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933. DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Irawati, I., & Winario, M. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural, Pendidikan Segregasi dan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Instructional Development Journal, 3(3), 177. https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776. DOI: https://doi.org/10.24014/idj.v3i3.11776
Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SD Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23. https://doi.org/10.30598. DOI: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Kukuh, D., Prasetya, I., & Fanani, A. F. (2021). Implementasi Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 di SMK Raden Patah Mojosari. Jurnal Administrasi Bisnis dan Publik, 1(1), 17–28. http://jurnal.stiapas.ac.id/index.php/antarra/article/view/6.
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2525. DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Maarif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56. https://doi.org/10.21274. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.31-56
Maharani, D. P., Hermawan, H., Wulandari, D. T., Ismawarti, N. Y., Kancanadana, G., & Sayekti, I. C. (2021). Analis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Surakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 5195–5203. https://doi.org/10.31004. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1501
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363. DOI: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Nantara, D. (2022). Pembentukan Karakter Siswa melalui Kegiatan di Sekolah dan Peran Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2251–2260. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3267.
Norianda, N., Dewantara, J. A., & Sulistyarini, S. (2017). Internalisasi Nilai dan Karakter melalui Budaya Sekolah (Studi Budaya Sekolah Jumat Berkah). Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 5(1), 45–57. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4. DOI: https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2021.005.01.4
Octaviani, A. A., Furaidah, F., & Untari, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Nilai Religius dalam Program Kegiatan Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1549. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13044
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207. https://doi.org/10.24042. DOI: https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i2.624
Pradana, Y. (2017). Pengembangan Karakter Siswa melalui Budaya Sekolah. Untirta Civic Education Journal, 85(1), 2071–2079. https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1330. DOI: https://doi.org/10.30870/ucej.v1i1.1883
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480. DOI: https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Rahmayani, S., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Peduli Sosial Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40779
Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur pada Anak. Jurnal Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/fikri/article/view/3203/2336. DOI: https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074. DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1). https://doi.org/ 10.23887/ivcej.v3i1.27830.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Sekolah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Sihombing, R. A., & Lukitoyo, P. S. (2021). Peranan Penting Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1). https://doi.org/ 10.23887/jpku.v9i1.31426.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sukadari, S. (2020). Peranan Budaya Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Exponential (Education For Exceptional Children) Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 1(1), 75–86. https://journal.upy.ac.id/index.php/PLB/article/view/857.
Sumarti, E. (2018). Pendidikan Karakter Anak Autis melalui Dongeng. Basindo : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 2(1), 82–87. https://doi.org/10.17977/um007v2i12018p082. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v2i12018p082
Suripah, S., Suyata, S., & Retnawati, H. (2021). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mathematics Pre-service Teachers in Developing Content Representations (CoRes). International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(1), 41. https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.19954. DOI: https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i1.19954
Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Yuliariatiningsih, M. S., Halimah, L., Yanthi, N., & Wahyuningsih, Y. (2019). Profile Pedagogical Content Knowledge (PCK) of Primary School Teacher in Science Teaching. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 135–140. https://doi.org/10.17509. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v11i2.17481
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Lestari, Siti Quratul Ain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)