E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180Keywords:
Pengembangan, E-Book Interaktif, Siklus AirAbstract
Minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif khususnya pada pembelajaran IPA berdampak pada minat dan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media E-Book Interaktif serta mengetahui efektivitas media E-Book Interaktif materi Siklus Air pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan pada penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan statistik inferensial. Subjek penelitian terdiri atas 1 ahli isi muatan pelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli desain instruksional, 3 siswa uji coba perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil, dan 15 orang siswa uji coba lapangan. Hasil validitas E-Book Interaktif menurut subjek uji coba secara berturut–turut yaitu 91,67%, 96,87%, 100%, 96,67%, 98,33%, dan 96,33% secara keseluruhan dengan kategori sangat baik dan layak digunakan. Hasil perhitungan uji efektivitas mendapat thitung sebesar 3,61 dan ttabel sebesar 2,048. Maka, media E-Book interaktif ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD pada pembelajaran IPA. Implikasi dari pengembangan E-Book interaktif ini menjadikan siswa dapat secara mandiri belajar, proses yang dialami oleh siswa menjadi lebih bermakna serta mampu menarik minat belajar siswa dalam proses belajar.
References
Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3
Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297
Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring the Critical Challenges and Factors Influencing the E-Learning System Usage during COVID-19 Pandemic. Education and Information Technologies, 25(6), 5261–5280. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y. DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y
Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEAM pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. BioEdu, 10(1), 635–646. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.
Awaludin, A., Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted by Hypermedia-Based E-Book. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 224–235. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106
Basar, A. M., Islam, P. A., Nurul, S., Cikarang, F., & Bekasi, B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ). 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Boetto, E., Fantini, M. P., Gangemi, A., Golinelli, D., Greco, M., Nuzzolese, A. G., Presutti, V., & Rallo, F. (2021). Using Altmetrics for Detecting Impactful Research in Quasi-Zero-Day Time-Windows: The Case of COVID-19. Scientometrics, 126(2), 1189–1215. https://doi.org/10.1007/s11192-020-03809-7. DOI: https://doi.org/10.1007/s11192-020-03809-7
Chang, T. S., Teng, Y. K., Chien, S. Y., & Tzeng, Y. L. (2021). Use of an Interactive Multimedia E-Book to Improve Nursing Students’’sexual Harassment Prevention Knowledge, Prevention Strategies, Coping Behavior, and Learning Motivation: A Randomized Controlled Study. Nurse Education Today, 105, 104883. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104883. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104883
Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025. DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025
Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hisbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775. DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775
İlhan, G. O., Kaba, G., & Sin, M. (2021). Usage of Digital Comics in Distance Learning During COVID-19. International Journal on Social and Education Sciences, 3(1), 161–179. https://doi.org/10.46328/ijonses.106. DOI: https://doi.org/10.46328/ijonses.106
Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 186–198. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5702.
Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.
Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292
König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to Online Teaching during COVID-19 School Closure: Teacher Education and Teacher Competence Effects Among Early Career Teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650. DOI: https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650
Kurniawan, C., & Hidayati, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air dan Dampaknya pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Untuk Kelas V SDN Jentis II. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2), 611–615. https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i2.4929. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i2.4929
Kusumayuni, P. N. (2021). E-Book with A Scientific Approach on Natural Science Lesson For Fifth Grade Students of Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 177–185. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32048.
Lawrence, G., Ahmed, F., Cole, C., & Johnston, K. P. (2020). Not More Technology but More Effective Technology: Examining the State of Technology Integration in EAP Programmes. RELC Journal, 51(1), 101–116. https://doi.org/10.1177/0033688220907199. DOI: https://doi.org/10.1177/0033688220907199
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33. DOI: https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Maulidah, A. N., & Aslam. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 281–286. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488
Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-D untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.v2i2.4651. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134
Mukaromah, S. M. (2018). Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains. Inklusi Journal of Disability Studies, 5(2), 195 – 216. https://doi.org/10.14421/ijds.050203. DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.050203
Musafanah, H. J. S. & Q. (2017). Pengembangan Media Koran melalui Flipbook Berupa E-Book pada Materi IPA. Elementary School, 4(2), 205–211. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179.
Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII SMPN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769
Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/view/5161.
Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 9. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188
Puspita, E. I. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif pada Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation, 1(2), 65–84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2. DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307
Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442
Putri Wangi, I. D. A., & Gede Angung, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EFlashcard pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 150. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355
Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694
Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [The Effectiveness of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811
Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830
Sholihah, A. F., Study, P., Pendidikan, T., Pendidikan, J. I., Bimbingan, P. D. A. N., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match pada Pembelajaran Tematik Kelas II di MI At-Taufiq Singaraja Tahun. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 36–47. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21830.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran (pp. 1–18). Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768
Wiweka, I. N. A., Mahadewi, L. P. P., & Suwatra, I. I. W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Bali Siswa Melalui Multimedia Flashcard Bilingual. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 95–103. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074
Wu, T.-T., & Chen, A.-C. (2018). Combining E-Books with Mind Mapping in a Reciprocal Teaching Strategy for a Classical Chinese Course. Computers & Education, 116. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012
Zain, N. H., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1840 – 1846. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Putu Mira Rusdiana, I Gusti Agung Ayu Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)