E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Mira Rusdiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180

Keywords:

Pengembangan, E-Book Interaktif, Siklus Air

Abstract

Minimnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dan inovatif khususnya pada pembelajaran IPA berdampak pada minat dan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media E-Book Interaktif serta mengetahui efektivitas media E-Book Interaktif materi Siklus Air pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan pada penelitian ini yaitu wawancara, kuesioner, dan tes. Analisis data yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan statistik inferensial. Subjek penelitian terdiri atas 1 ahli isi muatan pelajaran, 1 ahli media pembelajaran, 1 ahli desain instruksional, 3 siswa uji coba perorangan, 9 siswa uji coba kelompok kecil, dan 15 orang siswa uji coba lapangan. Hasil validitas E-Book Interaktif menurut subjek uji coba secara berturut–turut yaitu 91,67%, 96,87%, 100%, 96,67%, 98,33%, dan 96,33% secara keseluruhan dengan kategori sangat baik dan layak digunakan. Hasil perhitungan uji efektivitas mendapat thitung sebesar 3,61 dan ttabel sebesar 2,048. Maka, media E-Book interaktif ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD pada pembelajaran IPA. Implikasi dari pengembangan E-Book interaktif ini menjadikan siswa dapat secara mandiri belajar, proses yang dialami oleh siswa menjadi lebih bermakna serta mampu menarik minat belajar siswa dalam proses belajar.

Author Biographies

Ni Putu Mira Rusdiana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Agung Ayu Wulandari

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adhe, K. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Matakuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.3

Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334–345. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297

Almaiah, M. A., Al-Khasawneh, A., & Althunibat, A. (2020). Exploring the Critical Challenges and Factors Influencing the E-Learning System Usage during COVID-19 Pandemic. Education and Information Technologies, 25(6), 5261–5280. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y. DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-020-10219-y

Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEAM pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. BioEdu, 10(1), 635–646. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665.

Awaludin, A., Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted by Hypermedia-Based E-Book. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(2), 224–235. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106

Basar, A. M., Islam, P. A., Nurul, S., Cikarang, F., & Bekasi, B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ). 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Boetto, E., Fantini, M. P., Gangemi, A., Golinelli, D., Greco, M., Nuzzolese, A. G., Presutti, V., & Rallo, F. (2021). Using Altmetrics for Detecting Impactful Research in Quasi-Zero-Day Time-Windows: The Case of COVID-19. Scientometrics, 126(2), 1189–1215. https://doi.org/10.1007/s11192-020-03809-7. DOI: https://doi.org/10.1007/s11192-020-03809-7

Chang, T. S., Teng, Y. K., Chien, S. Y., & Tzeng, Y. L. (2021). Use of an Interactive Multimedia E-Book to Improve Nursing Students’’sexual Harassment Prevention Knowledge, Prevention Strategies, Coping Behavior, and Learning Motivation: A Randomized Controlled Study. Nurse Education Today, 105, 104883. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104883. DOI: https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104883

Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025. DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hisbiyati, H., & Khusnah, L. (2017). Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1), 16. https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775. DOI: https://doi.org/10.21107/jps.v4i1.2775

İlhan, G. O., Kaba, G., & Sin, M. (2021). Usage of Digital Comics in Distance Learning During COVID-19. International Journal on Social and Education Sciences, 3(1), 161–179. https://doi.org/10.46328/ijonses.106. DOI: https://doi.org/10.46328/ijonses.106

Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Fenomena Kehidupan Sehari-hari tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 186–198. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/5702.

Khamim, M. (2021). Penerapan Media Online Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Ponorogo. Journal of Chemical Information and Modeling, 1, 27. http://etheses.iainponorogo.ac.id/14657/.

Kirana, R. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292

König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to Online Teaching during COVID-19 School Closure: Teacher Education and Teacher Competence Effects Among Early Career Teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650. DOI: https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650

Kurniawan, C., & Hidayati, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air dan Dampaknya pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Untuk Kelas V SDN Jentis II. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(2), 611–615. https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i2.4929. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i2.4929

Kusumayuni, P. N. (2021). E-Book with A Scientific Approach on Natural Science Lesson For Fifth Grade Students of Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 177–185. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.32048.

Lawrence, G., Ahmed, F., Cole, C., & Johnston, K. P. (2020). Not More Technology but More Effective Technology: Examining the State of Technology Integration in EAP Programmes. RELC Journal, 51(1), 101–116. https://doi.org/10.1177/0033688220907199. DOI: https://doi.org/10.1177/0033688220907199

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33. DOI: https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6, 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.

Maulidah, A. N., & Aslam. (2021). Penggunaan Media Puzzle secara Daring terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 281–286. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37488

Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berdasarkan Hasil Riset Elektroforesis 2-D untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.v2i2.4651. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134

Mukaromah, S. M. (2018). Pengembangan Modul IPA Braille Berbasis Integrasi Islam dan Sains. Inklusi Journal of Disability Studies, 5(2), 195 – 216. https://doi.org/10.14421/ijds.050203. DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.050203

Musafanah, H. J. S. & Q. (2017). Pengembangan Media Koran melalui Flipbook Berupa E-Book pada Materi IPA. Elementary School, 4(2), 205–211. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179.

Ota, M. K., Djou, A. M. G., & Numbah, F. F. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VII SMPN. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.769

Pradani, Y. F., & Aziza, Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 4(2), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JUPITER/article/view/5161.

Prameswari, N. K. (2018). Peningkatan dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 9. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188

Puspita, E. I. (2021). Rancang Bangun Media E-Book Flipbook Interaktif pada Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation, 1(2), 65–84. https://doi.org/10.46229/elia.v1i2. DOI: https://doi.org/10.46229/elia.v1i2.307

Putri, R. D. P., & Suyadi. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442

Putri Wangi, I. D. A., & Gede Angung, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EFlashcard pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 150. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355

Rahayu, S. L., & Fujiati. (2018). Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(3), 341. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694. DOI: https://doi.org/10.25126/jtiik.201853694

Rahma, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19 di Kota Cilegon [The Effectiveness of Mathematics Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Cilegon City]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811. DOI: https://doi.org/10.19166/johme.v5i1.3811

Rosihah, I., & Pamungkas, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Konteks Budaya Banten pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405. DOI: https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1405

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19. https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v3i1.27830

Sholihah, A. F., Study, P., Pendidikan, T., Pendidikan, J. I., Bimbingan, P. D. A. N., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match pada Pembelajaran Tematik Kelas II di MI At-Taufiq Singaraja Tahun. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 36–47. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21830.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran (pp. 1–18). Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768

Wiweka, I. N. A., Mahadewi, L. P. P., & Suwatra, I. I. W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Bali Siswa Melalui Multimedia Flashcard Bilingual. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 95–103. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32074

Wu, T.-T., & Chen, A.-C. (2018). Combining E-Books with Mind Mapping in a Reciprocal Teaching Strategy for a Classical Chinese Course. Computers & Education, 116. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.08.012

Zain, N. H., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1840 – 1846. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1051

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-Book Interaktif Materi Siklus Air pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180

Issue

Section

Articles