E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD

Authors

  • Ni Putu Diah Mahendri Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Keywords:

LKPD, Etnomatematika, Bangun Datar

Abstract

Kurang tersedianya lembar kerja peserta didik yang sesuai dengan situasi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dan pemberian umpan balik pada siswa yang membutuhkan waktu cukup lama berdampak pada tidak maksimalnya proses pembelajaran serta hasil belajar matematika siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika jejahitan Bali pada materi bangun datar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistika inferensial. Subjek penelitian meliputi ahli isi, ahli media, ahli desain, dan siswa kelas IV SD. Diperoleh hasil penilaian uji ahli isi pembelajaran sebesar 93,33%, persentase hasil uji ahli media pembelajaran sebesar 91,67%, hasil uji ahli desain pembelajaran sebesar 92,3%, hasil coba uji peorangan sebesar 93,1%, uji coba kelompok kecil sebesar 93,3%, hasil uji coba kelompok besar sebesar 89,45%, dan hasil uji efektivitas diperoleh bahwa hasil pre-test memiliki rata-rata skor 70,5 dengan kualifikasi sedang dan pos-test memiliki rata-rata skor 87 dengan kualifikasi tinggi. Jadi, E-LKPD interaktif berbasis etnomatematika jejahitan Bali pada materi bangun datar kelas IV SD layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah siswa dapat termotivasi untuk belajar matematika menggunakan lembar kerja peserta didik yang konkret, dan bermakna, serta guru termotivasi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran baru sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman.

Author Biographies

Ni Putu Diah Mahendri Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

Gusti Ngurah Sastra Agustika, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

References

Aditama, H. S., Zainuddin, M., & Bintartik, L. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Sentul 1. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 66–72. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/article/view/12471.

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Amris, F. K., & Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171–2180. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1170

Ani, N. I., & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Nature Science and Integration, 3(1), 87–105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161

Annafi, N. (2016). Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing di MAN 1 Kota Bima. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(2), 98. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2097. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2097

Annisah, S., & Masfi, S. (2021). Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 Meningkatkan Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 1(1), 61–70. https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2812. DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2812

Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawang-Malang pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1053. DOI: https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1053

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 1–8. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/art.

Astuti, F., Cahyono, E., Supartono, S., Van, N., & Duong, N. (2018). Effectiveness of Elements Periodic Table Interactive Multimedia in Nguyen Tat Thanh High School. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24071/ijiet.2018.020101. DOI: https://doi.org/10.24071/ijiet.2018.020101

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara Minat dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12859

Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(April), 97–104. https://doi.org/10.24036/2521171074.

Euis, F. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika., 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19589.

Farah, R. A., & Budiyono. (2018). Pembelajaran Matematika Materi Geometri di SD Al Hikmah Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 373–383.

Goldya, G., Mustadi, A., & Senen, A. (2021). Pengaruh Penguatan Positif terhadap Minat Belajar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. ISOLEC, 255–259.

Haryanto, Asrial, M., Ernawati, D. W., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook: Science Process Skills and Student Attitudes. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(12), 1073–1079. https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2555. DOI: https://doi.org/10.21154/insecta.v2i1.2555

Hobri, Susanto, Syaifuddin, M., Maylistiyana, D. E., Hosnan, Cahyanti, A. E., & Syahrinawati, K. A. (2018). Senang Belajar Matematika Kelas IV. Perpustakaan Universitas Jember

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (2018). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prosiding Senamku, 1, 92–100. DOI: https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.

Jawadiyah, A. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Chemical Education, 10(2), 195–204. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2543. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Kontribusi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 255–262. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1107

Khairul, F., Apertha, P., & Yusup, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 47–62.

Larasati, A. (2020). Improving the Quality of Learning through Implementation of the Problem Based Learning Model for Social Interaction. Jurnal Diklat Keagamaan, 14(1), 68–78.

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi LKS dengan Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 202. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.809

Lestari, R. P. (2018). Pengembangan LKPD Berbantu Phet Simulation Berbasis STEM-PBL untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Memecahkan Masalah Peserta Didik SMA. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141. https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226. DOI: https://doi.org/10.32934/jmie.v5i1.226

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257

Majdi, M. (2019). Analisis Teori Ausubel pada Penerapan Model Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika. AL-MUDARRIS : Journal of Education, 2(1), 104–120. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i1.213. DOI: https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v2i1.213

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322

Nelawati, Meriyati, Putra, R. W. Y., & Simatupang, A. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Bercirikan Etnomatematika Suku Komering Materi Bangun Datar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 407–414.

Prayitno, & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science, and Technology, 5(2), 171 – 181. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119

Puspadewi, K. R., & Wulandari, I. G. A. P. A. (2018). Analisis Etnomatematika Jejahitan Bali dalam Pembelajaran Bangun Datar. Jurnal Bakti Saraswati, 7(2), 145–156. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/baktisaraswati/article/view/211.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Putri, F. E., Amelia, F., & Gusmania, Y. (2019). Hubungan antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406. DOI: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i2.406

Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan LLPD Elektronik Pembelajaran Tematik berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektivitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176. https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7521.

Sasmito, & Mustadi. (2015). Developing Learners’ Tematik-Integrative Worksheet Based on Character Education for Primary School Students. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 7–8. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8613

Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 4(2), 67–74. https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054. DOI: https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054

Setiana, D. S., & Nuryadi. (2022). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6(2), 113–123. https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3566. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v6i2.3566

Setiawan, P., & Sudana, I. D. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 164–173. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i2.1449. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i2.16397

Setiawan, W. (2021). Matematika pada Sekolah Dasar di Era Pandemi. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 12–22. http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/888/509.

Silvia, T., & Mulyani, S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45. DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1249–1264. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.629.

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–286. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Syahniar, S., & Dwi, B. N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Counseling Care, 1(2), 17–24. https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i2.2524. DOI: https://doi.org/10.22202/jcc.2017.v1i2.2524

Turhusna, D., & Solatun, S. (2020). Perbedaan Individu dalam Proses Pembelajaran. As-Sabiqun, 2(1), 18–42. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.613. DOI: https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.613

Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257. DOI: https://doi.org/10.31002/mathlocus.v1i2.2315

Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis. DOI: https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.2270

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Yuzianah, D., Purwoko, R. Y., Supriyono, S., & Pratiwi, I. E. (2019). Integrasi Motif Batik Adi Purwo dalam Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 5(2), 116–124. https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6078. DOI: https://doi.org/10.37729/jpse.v5i2.6078

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. ∑Igma, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124.

Downloads

Published

2022-04-20

How to Cite

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Issue

Section

Articles