Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372Keywords:
Profil Pelajar Pancasila, Bela NegaraAbstract
Pengamalan siswa tentang nilai-nilai sila Pancasila mengalami penurunan, hal tersebut dibuktikan dengan kasus menyimpang seperti tawuran, perundungan, pelecehan, serta vandalisme yang terjadi di tempat umum mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil pelajar Pancasila dalam usaha bela negara di kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 orang. Pengumpulan data menggunakan metode non tes berupa kuesioner. Tahap analisis data menggunakan 2 teknik yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data penelitian ini ditemukan bahwa persentase skor pengamalan profil pelajar Pancasila pada keenam aspek berbeda. Setiap aspeknya dideskripsikan sebagai berikut aspek pertama beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia memiliki persentase skor sebesar 86,42%, aspek kedua berkebinekaan global memiliki persentase skor sebesar 84,3%, aspek ketiga bergotong royong memiliki persentase skor sebesar 82,08%, aspek keempat mandiri memiliki persentase skor sebesar 80,38%, aspek kelima bernalar kritis memiliki persentase skor sebesar 77,94%, aspek keenam kreatif memiliki persentase skor sebesar 80,22%. Maka, pengamalan profil pelajar Pancasila dari siswa dapat dikategorikan baik, namun masih terdapat siswa yang menjawab pernyataan dengan jawaban kearah negatif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat dikaji lebih mendalam guna melengkapi dan dapat dipakai sebagai pijakan bagi peneliti lain.
References
Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612
Agung, A. A Gede. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, Anak Agung Gede. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Aisara, F, Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411.
Aisara, Fidhea, Nursaptini, & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala, 9(2), 149–166. https://ejournal.uksw.edu/cakrawala/article/view/4411.
Basri, Kurniaty, Y., & Krisnan, J. (2021). Nilai-Nilai Transedental Dalam Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia ( Perspekspektif dari Seorang Muslim ). Pamali: Pattimura Magister Law Review, 1(2), 114–120. https://doi.org/10.47268/pamali.v1i2.620. DOI: https://doi.org/10.47268/pamali.v1i2.620
Basyriah, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Berbagai Keragaman Suku di Indonesia Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 2(2), 1–23. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/566.
Bruno, L. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SMA Melati Perbauangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dwiprabowo, R. (2021). Profil Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Kelipatan dan Faktor Bilangan. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(April), 102–115. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.877. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.877
Eka Wardhana, & Sujana, I. W. (2021). Persepsi Guru SD Di Kelas Rendah Dan Tinggi Terhadap Pembelajaran Daring Berbeda Di Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32757. DOI: https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.186
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Gifari, A., Rispawati, R., & Yuliatin, Y. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Nasionalisme Di Lingkungan Sekolah Islam (Studi Di Mts Al-Falah Pancor Dao Lombok Tengah). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 41–53. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.95. DOI: https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v6i2.95
Hardianti, D., Martati, B., Dian, K., & Afiani, A. (2021). Analisis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dan Nilai Gotong Royong Siswa SD Pacar Keling I Surabaya. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, V(1), 12. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3484. DOI: https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3484
Hartono, D. (2020). Fenomena Kesadaran Bela Negara di Era Digital dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(1), 19. http://jurnal.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/9.
Hasanah, A., Indrawadi, J., & Montessori, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Daerah Tertinggal. Jurnal of Moral and Civic Education, 4(2), 69 – 77. https://doi.org/10.24036/8851412412020223. DOI: https://doi.org/10.24036/8851412412020223
Hasanah, F. F., & Munastiwi, E. (2019). Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04. DOI: https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-04
Hasanah, N., & Suyadi. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3984.
Hasudungan, A. N., & Abidin, N. F. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(2), 34–42. https://doi.org/10.20961/shes.v3i2.46219. DOI: https://doi.org/10.20961/shes.v3i2.46219
Indrianto, N., & Sya’diyah, H. (2020). Pengembangan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik pada Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 137–150. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.13. DOI: https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.13
Juanda, J. (2019). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Sastra Klasik Fabel Versi Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.126
Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut Karyawan Baru di Bank Mega Cabang Kudus. Journal of Management, 2(2), 1. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/ms/article/view/604.
Mahendra, P. R. A., & Kartika, I. M. (2020). Memperkuat Kesadaran Bela Negara dengan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Kekinian. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 22–28. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28600.
Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724. DOI: https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724
Narimo, S., & Sanusi, M. (2020). Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 32(2), 13–27. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12866. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12866
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022a). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022b). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Prihanawati, D. R., & Hidayah, N. (2018). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Kemandirian Siswa Kelas V Sd Negeri Cibuk Lor Seyegan Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 35–44. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.68. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.68
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22–30. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662. DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.29662
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
R, D. S. M., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di SD. Mimbar Ilmu, 26(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39617
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Rahmawati, F., Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2020). Budaya Religius: Implikasinya Dalam Meningkatkan Karakter Keagamaan Siswa Di Min Kota Malang. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 22. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8685. DOI: https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i2.8685
Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan : Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(1), 64–70. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.94. DOI: https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.94
Sabilla Febriany, F., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Nilai-Nilai Pancasila dan Dinamika Etika Politik Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 690–695. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.139. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.139
Sagalane, A. B. (2017). Implementasi dan Implikasi Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa Dan Bernegara Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi. Jurnal Penelitian Hukum Legalitas, 9(1), 1. https://doi.org/10.31479/jphl.v9i1.27. DOI: https://doi.org/10.31479/jphl.v9i1.27
Saputro, J. D., & Murdiono, M. (2020). Implementation of Character Education through a Holistic Approach to Senior High School Students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(11), 460–470. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i11.2146.
Sari, K. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Konsep Diri Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.44-50
Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698
Septiana, T. (2020). Pembelajaran bela negara dalam pendidikan kewarganegaraan sebagai upaya membina semangat nasionalisme mahasiswa STKIP PGRI Kota Sukabumi. Sosio Religi Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 18(2), 31–44.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. CV. Nata Karya.
Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Educational Journal, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17941
Sopian, A. (2021). Model Pendidikan Karakter. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(1), 106–113. https://doi.org/10.51729/6134. DOI: https://doi.org/10.51729/6134
Sugito. (2020). Implementasi Pendidikan Multikultural pada Lembaga Pendidikan Dasar. Bina Gogik, 7(1), 41–52.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistyati, D. M. (2021). Proyek Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Suriata, I. N. (2019). Aktualisasi Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Muda Dalam Meningkatkan Ketahanan Nasional. Jurnal Administrasi Publik, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.22225/pi.4.1.2019.47-56.
Wahyuningsih, S., Zuchron, D., & Purnawinarni, E. (2021). Tunas pancasila sebagai duta profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Direktorat Sekolah Dasar, Kemdikbud.
Wibowo, D. C., Peri, M., Awang, I. S., & Rayo, K. M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 152–161. https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185. DOI: https://doi.org/10.36526/tr.v5i1.1185
Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348
Yulianti, & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Toleransi dan Keberagaman Suku Bangsa Siswa Sekolah Dasar melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 60–70. https://ejurnal.unisap.ac.id/index.php/edukasitematik/article/download/83/36.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dewa Made Riyan Gunawan, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)