Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa dalam Kelas Multikultural
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46036Keywords:
Modul Nusantara, Karakter, MultikulturalAbstract
Beberapa mahasiswa menjadikan agama sebagai lelucon, ada pula mahasiswa yang memotong pembicaraan disaat temannya sedang berbicara. Sebagian mahasiswa merasa bangga menggunakan produk-produk luar negeri baik pakaian, handphone, dan semua yang melekat pada kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter yang terdapat pada mahasiswa dalam kelas multikultural di kegiatan modul nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa luring yang berjumalah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat menekankan pada karakter toleransi dan cinta tanah air mahasiswa. Hal ini terlihat dari hasil presentasi sebesar 66% untuk karakter toleransi dan 67% untuk karakter cinta tanah air. Program modul nusantara yang mengedepankan nilai toleransi ini sangat penting bagi mahasiswa selain itu dapat mencegah terjadinya isu buruk sesama bangsa Indonesia. Program ini juga membuat mahasiswa bangga terhadap negaranya sendiri dan terciptanya nilai cinta tanah air dan rasa nasionalisme dalam diri mahasiswa.
References
Alamin, R. L., & Kurniawan, M. W. (2021). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan dalam Menyiapkan Generasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 890–899. Retrieved from http://repository.unusa.ac.id/6664/. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.455
Arsyillah, B. T., & Muhid, A. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Pemuda Di Perguruan Tinggi. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.65. DOI: https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.65
Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467
Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121.
Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468
Izzah, N. I. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia dalam Pendidikan Agama Islam. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.54168/ahje.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.54168/ahje.v1i1.5
Jumansyah, J., Palupi, A., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(1), 36. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023. DOI: https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023
Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71 – 96. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367. DOI: https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367
Ma’arif, M. A., & Cahyani, I. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 136–152. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1413. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1413
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389
Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen, 9(2), 10–23. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545.
Nasional, K. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Nurasiah, I., Rachmawati, N., Marini, A., Maksum, A., & Herlina, H. (2022). Pengaruh Modul Nusantara Dan Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Multikultural Terhadap Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 186–194. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1928.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.cv.
Vavrus, M. (2021). “Diversity, transformative knowledge, and civic education: selected essays.” Intercultural Education, 32(3), 352–355. https://doi.org/10.1080/14675986.2021.1864131 DOI: https://doi.org/10.1080/14675986.2021.1864131
Widodo, R., & Mansur, M. (2021). Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU. Jurnal Civic Hukum, 6, 105–114. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/16033.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Deya Indriati, Iis Nurasiah, Irna Khaleda Nurmeta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)