Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa dalam Kelas Multikultural

Authors

  • Deya Indriati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46036

Keywords:

Modul Nusantara, Karakter, Multikultural

Abstract

Beberapa mahasiswa menjadikan agama sebagai lelucon, ada pula mahasiswa yang memotong pembicaraan disaat temannya sedang berbicara. Sebagian mahasiswa merasa bangga menggunakan produk-produk luar negeri baik pakaian, handphone, dan semua yang melekat pada kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter yang terdapat pada mahasiswa dalam kelas multikultural di kegiatan modul nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa luring yang berjumalah 9 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat menekankan pada karakter toleransi dan cinta tanah air mahasiswa. Hal ini terlihat dari hasil presentasi sebesar 66% untuk karakter toleransi dan 67% untuk karakter cinta tanah air. Program modul nusantara yang mengedepankan nilai toleransi ini sangat penting bagi mahasiswa selain itu dapat mencegah terjadinya isu buruk sesama bangsa Indonesia. Program ini juga membuat mahasiswa bangga terhadap negaranya sendiri dan terciptanya nilai cinta tanah air dan rasa nasionalisme dalam diri mahasiswa.

Author Biographies

Deya Indriati, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Iis Nurasiah, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Irna Khaleda Nurmeta, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alamin, R. L., & Kurniawan, M. W. (2021). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan dalam Menyiapkan Generasi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 890–899. Retrieved from http://repository.unusa.ac.id/6664/. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.455

Arsyillah, B. T., & Muhid, A. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Pemuda Di Perguruan Tinggi. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.65. DOI: https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i1.65

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121.

Hulukati, W., & Rahmi, M. (2020). Instrumen Evaluasi Karakter Mahasiswa Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.468

Izzah, N. I. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural di Indonesia dalam Pendidikan Agama Islam. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.54168/ahje.v1i1.5. DOI: https://doi.org/10.54168/ahje.v1i1.5

Jumansyah, J., Palupi, A., Hadi, K., Syafei, A. W., Maksum, A., & Zulkarnain, F. L. (2022). Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(1), 36. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023. DOI: https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023

Lestari, P. (2016). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Intrakurikuler, Ekstrakurikuler, dan Hidden Curriculum di SD Budi Mulia Dua Pandeansari Yogyakarta. Jurnal Penelitian, 10(1), 71 – 96. https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367. DOI: https://doi.org/10.21043/jupe.v10i1.1367

Ma’arif, M. A., & Cahyani, I. (2019). Pendidikan Multikultural Sebagai Pembentukan Karakter Peserta Didik. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(2), 136–152. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1413. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v2i2.1413

Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389. DOI: https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2020). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Global Citizen, 9(2), 10–23. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i2.4545.

Nasional, K. P. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Nurasiah, I., Rachmawati, N., Marini, A., Maksum, A., & Herlina, H. (2022). Pengaruh Modul Nusantara Dan Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Multikultural Terhadap Literasi Budaya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 186–194. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1928.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53).

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (26th ed.). Bandung: Alfabeta.cv.

Vavrus, M. (2021). “Diversity, transformative knowledge, and civic education: selected essays.” Intercultural Education, 32(3), 352–355. https://doi.org/10.1080/14675986.2021.1864131 DOI: https://doi.org/10.1080/14675986.2021.1864131

Widodo, R., & Mansur, M. (2021). Konsep Dasar Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menyiapkan Generasi Emas di SMP Muhammdiyah 06 DAU. Jurnal Civic Hukum, 6, 105–114. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/16033.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Indriati, D., Nurasiah, I., & Nurmeta, I. K. (2022). Modul Nusantara: Mengembangkan Karakter Mahasiswa dalam Kelas Multikultural. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 142–147. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46036

Issue

Section

Articles