Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46320Keywords:
Multimedia Interaktif, MatematikaAbstract
Penggunaan media pembelajaran dan pemilihan model pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran kurang bervariasi, khususnya pada muatan matematika. Hal tersebut mengakibatkan pemahaman konsep matematika sebagian siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning pada muatan matematika kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner. Subjek uji coba produk pada penelitian ini meliputi 1 ahli isi pembelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas IV SD. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning memperoleh review ahli isi pembelajaran (94,20%), review ahli desain pembelajaran (90,90%), review ahli media pembelajaran (92,20%), hasil uji coba perorangan (94,20%), hasil uji coba kelompok kecil (93,60%). Maka, multimedia interaktif berbasis model Problem Based Learning ini layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas IV SD. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini secara umum ada 2 yaitu para ahli dan juga peserta didik.
References
Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001
Ari Pertiwi, N. L. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 331–339. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14262
Astuti, T., Suryani, N., & Sunardi. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Program Unggulan Colomadu Karanganyar Tri. Teknodika, Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 16(01), 1–9. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i2.34733. DOI: https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i1.34757
Avianty, D., & Cipta, D. A. S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah Untuk Mendayagunakan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 237. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1503. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1503
Banik, N., Koesoemadinata, A., Wagner, C., Inyang, C., & Bui, H. (2013). Predrill pore-pressure prediction directly from seismically derived acoustic impedance. Society of Exploration Geophysicists International Exposition and 83rd Annual Meeting, SEG 2013: Expanding Geophysical Frontiers, 2905–2909. https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1. DOI: https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1
Bito, G. S. (2016). Aktivitas Bermain Sebagai Konteks Dalam Belajar Matematika Di Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(4), 250. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i4.2796. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol1.no4.250-255
Bosica, J., S.Pyper, J., & Gregor, S. Mac. (2021). Incorporating problem-based learning in a secondary school mathematics preservice teacher education course. Teaching and Teacher Education, 102, 103335. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335
Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Proses Dasar Pada Materi Tumbuhan Dan Bagian-Bagiannya Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 03(01), 9–17. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2330
Dewi, S. R., & Haryanto, H. (2019). Pengembangan multimedia interaktif penjumlahan pada bilangan bulat untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 9. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.3059
Donna, R., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1382
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(April), 97–104. https://doi.org/10.24036/2521171074.
Eryani, N. H. zain; I. C. S. R. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85. DOI: https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Firmansyah, F. H., Fajriyah Aldriani, S. N., & Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783. DOI: https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783
Fitriani, A. D. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Calon Guru Sekolah Dasar. Edutech, 13(2), 236. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105
Gama, I. G. B. S., Mahadewi, L. P. P., & Jampel, I. N. (2016). Pengembangan Multimedia Tutorial Interaktif Sumber Daya Alam dan Teknologi pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN 3 Banyuasri. Jurnal EDUTECH, 6(3), 1–10. https://doi.org/10.23887/jeu.v4i3.8560.
Hasana, S. N., & Maharany, E. R. (2017). Pengembangan Multimedia Menggunakan Visual Basic For Application (VBA) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10194. DOI: https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.648
Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar Menggunakan Model Ddd-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202
Iga Raspati, M., & Maria Zulfiati, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Powerpoint Dalam Pembelajaran Tematik. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 46–59. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437. DOI: https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1437
Imanda Azzahra, F., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 199–208. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.27213. DOI: https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.27213
Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau Dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595
Ismartoyo, I., Haryati, Y., & Nurmawati, N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Matematika Dan Sains. PAUDIA : Jurnal Penellitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 123–132. https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1187. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v5i2.1187
Istiqal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 2(2), 43–53. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Kusmanto, H. (2014). Pengembangan Multimedia Matematika Interaktif untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Penalaran Matematik (Mathematical Resasoning) Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.340. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i1.340
Madona, A. S., & Nora, Y. (2020). Pengembangan Modul Ips Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 4(2), 221–228. https://doi.org/10.37301/jcp.v4i2.9934. DOI: https://doi.org/10.37301/jcp.v4i2.9934
Maruti, E. S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dan Membaca Berbasis Multimedia Interaktif Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 5(01), 49–58. https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.324. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v5i01.324
Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211–226. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13854
Muzanni, A., & Zinnurain. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Permainan Tradisional Berbasis Character Building Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 210–215. https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.477. DOI: https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.477
Nadhifah, G., & Aldila Afriansyah, E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33–44. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n1_5.
Namiroh, S. (2019). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputer Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 53–67. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1587. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1587
Novita, D., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Pembelajaran Materi Segitiga Di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1 – 12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12
Nuraini, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p033. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v4i12021p033
Nuryani, L., & Surya Abadi, I. G. (2021). Media Pembelajaran Flipbook Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Muatan IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 247. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.32934
Octafiana, W., Ekosusilo, M., & Subiyantoro, S. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Materi Pesawat Sederhana Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 168. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.131. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.131
Oktavia Wahyu Ariyani, & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Panjaitan, R. G. P., Titin, & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan Di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062
Prasetyono, H., Abdillah, A., Widiarto, T., & Sriyono, H. (2018). Improving Student’s Affective Competencies (Minimizing Hoax) Through The Implementation Of Character-Based Economic Learning And Teacher’s Reinforcement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(3), 426–435. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21583. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.21583
Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810
Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841
Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Rambe, N. R., & Saragih, A. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5015. DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v3i2.5015
Rijal, A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EDUMAT : Jurnal Edukasi Matematika, 12(2), 111–119. https://doi.org/10.53717/edumat.v12i2.296. DOI: https://doi.org/10.53717/edumat.v12i2.296
Rosita, F. Y. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Berbicara Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 25. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2445
Sajeev, M. F., Kelada, L., Nur, A. B. Y., Wakefield, C. E., Wewege, M. A., Karpelowsky, J., Akimana, B., Darlington, A.-S., & Signorelli, C. (2021). Interactive video games to reduce paediatric procedural pain and anxiety: a systematic review and meta-analysis. British Journal of Anaesthesia, 127(4), 608–619. https://doi.org/10.1016/j.bja.2021.06.039. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bja.2021.06.039
Sari, I. P., Nurtamam, M. E., & Hanik, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815. DOI: https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815
Setiana, D. S., & Ayuningtyas, A. D. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 4(2), 67–74. https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054. DOI: https://doi.org/10.30738/jst.v4i2.3054
Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1105. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905
Sofwan, M., & Wibowo, M. B. E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Unity Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 201–208. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8438. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8438
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha. https://www.researchgate.net/publication/335541585_Evaluasi_dan_Kriteria_Kualitas_Multimedia_Pembeajaran.
Suci, D. W., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pendekatan Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2042–2049. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.229
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya untuk Siswa SMP/MTs. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/usej.v2i1.1829.
Susilawati, E. (2018). Rancangan Pengembangan Metode Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris Melalui Adobe Flash Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 7(2), 45–56. https://doi.org/10.34010/jati.v7i2.492. DOI: https://doi.org/10.34010/jati.v7i2.492
Tegeh, I. M. dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Widyaningsih, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. RESEARCH : Research Journal. https://doi.org/10.31219/osf.io/j45k3. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/j45k3
Wulandari, S. (2021). Studi Literatur Penggunaan Pbl Berbasis Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(1), 7. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818
Zulham, M., & Sulisworo, D. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Gaya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 132–141. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1308. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1308
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Luh Ari Wedayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Mimbar PGSD Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)