MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS 2 LUWUS MEKARSARI

Authors

  • I Putu Agus Sunarman .
  • Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .
  • Drs. Made Putra, M.Pd .

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus 2 Luwus - Mekarsari tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen atau eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian yaitu nonequipalent control group desigen. Dalam penelitian ini dilakukan tiga tahapan yaitu: tahap persiapan eksperimen, tahap pelaksanaan eksperimen dan tahap akhir eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berada di Gugus 2 Luwus - Mekarsari tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 10 kelas namun sampel yang digunakan hanyalah 2 kelas yaitu kelas V SD No 4 Luwus sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 36 orang siswa dan kelas V SD No 1 Luwus sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 40 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui metode tes dengan instrumen tes objektif pilihan ganda. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, namun dalam uji prasyarat sebelum uji t dilaksanakan terlebih dahulu data memasuki uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran mind mapping dengan siswa yang mendapat perlakuan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika kelas V di SD No 4 Luwus sebagai kelompok eksperimen dan SD No 1 Luwus sebagai kelompok kontrol tahun ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan oleh thitung 2,41 > ttabel 2,000 dan di dukung oleh perbedaan skor rata-rata yang diperoleh antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran mind mapping yaitu sebesar 75,22 yang berada pada kategori tinggi dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 67,00 yang berada pada kategori sedang maka diterima, dengan demikian model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata Kunci : model pembelajaran mind mapping, hasil belajar matematika siswa.

This study aims to investigate the influence of mind mapping learning model to mathematics learning outcomes Elementary fifth grade students Luwus Cluster 2 - Mekarsari 2013/2014 school year. This research is a quasi experimental or quasi-experimental research design using a control group that nonequipalent desigen. In this study conducted three phases: the preparation phase of experiments, the experimental implementation phase and the final phase of the experiment. The population used in this study were all students of class V are located in Cluster 2 Luwus - Mekarsari 2013/2014 school year, amounting to 10 samples used class but only 2 classes of fifth grade elementary school No. 4 Luwus as the experimental group numbering 36 students and grade V SD No. 1 Luwus as a control group numbering 40 students. Student learning outcomes data were collected through a test method with multiple choice objective test instrument. The data were analyzed with descriptive and inferential statistics, but the prerequisite test t test conducted before the data enters the first test for normality and homogeneity tests. The results showed that there were significant differences in learning outcomes between groups of students who received treatment model of learning mind mapping with students who are treated with conventional learning in mathematics in elementary classes V No. 4 Luwus as the experimental group and SD No. 1 Luwus as a control group 2013/2014 school year. This is demonstrated by t-test, 2.41> 2.000 ttable and supported by the difference in the average score obtained by the students who learned with mind mapping learning model that is equal to 75.22 which is in the high category and students who learn using conventional learning models 67,00 which is in the category are then accepted, thus learning model of mind mapping a positive effect on students' mathematics learning outcomes.
keyword : models of learning mind mapping, the results of students' mathematics learning.

Published

2015-03-10

How to Cite

., I. P. A. S., ., D. N. W. S. M., & ., D. M. P. M. (2015). MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERPENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS 2 LUWUS MEKARSARI . MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4841

Issue

Section

Articles